Manfaatkan Kertas Warna dan Origami Bekas Untuk Membuat Pemandangan Indah

Kamis, 11 Mei 2017 07:50 WIB | dibaca : 32070 | dibagikan :

Saat kita membuat banyak kerajinan tangan bersama anak-anak didik, tentu kita akan menyisakan banyak potongan kertas bekas. Sayang sekali kalau kertas bekas tersebut kita buang begitu saja. kita bisa memanfaatkan kertas bekas tersebut untuk membuat kreasi yang menarik. Salah satunya adalah yang pernah dilakukan oleh Kak Suartiny Cua ini. Dengan kertas bekas, Kak Suartiny telah membuat beberapa kreasi menarik dengan tema pemandangan alam.

Berikut ini adalah beberapa kreasi Kak Suartiny yang telah dibagikan di FORUM TK DAN PAUD.

Alat dan bahan pembuatan kreasi ini adalah:

  1. Lem
  2. gunting
  3. kertas HVS
  4. Kertas warna bekas (asturo, origami, dan lainnya)

Cara pembuatan kreasi ini adalah:

  1. Siapkan kertas HVS.
  2. Buatlah background langit. Bila Anda ingin membuat kreasi pemandangan alam di siang hari, tentu saja warna langitnya adalah biru muda, atau dibiarkan saja agar bagian latar paling belakang dari kreasi Anda berwarna putih.
  3. Tempelkan kertas warna berbentuk kenampakan alam, misalnya gunung, pegunungan, atau perbukitan. Biasanya menggunakan kertas warna berwarna biru atau coklat.
  4. Lalu tempelkan kertas warna berbentuk daratan. Biasanya menggunakan kertas warna berwarna hijau.
  5. Setelah itu, anda bisa menghiasinya dengan bentuk bunga, pohon, hewan, dan mahluk hidup lainnya.

Kreasi ini sangat menantang anak untuk bisa berimajinasi dan mengembangkan kreatifitas mereka, terutama dalam membuat kreasi menarik dengan kertas bekas yang jumlahnya mungkin sangat terbatas. Dengan membuat kreasi ini, anak-anak juga akan semakin memahami bahwa segala sesuatu yang sudah berwujud “limbah”, bisa dimanfaatkan untuk membuat suatu kreasi yang menarik dan indah.


menggambar-dengan-kertas-origami-5


menggambar-dengan-kertas-origami-4


menggambar-dengan-kertas-origami-3


menggambar-dengan-kertas-origami-2

cara membuat bunga dari kreasi di atas adalah klik MEMBUAT BUNGA


Agar anak-anak semakin mengenal alam, Educa Studio telah merilis aneka aplikasi yang bertema pengenalan hewan dan tanaman. Ada banyak permainan dan gambar-gambar yang menarik supaya anak-anak bisa belajar tentang tanaman dan hewan dengan cara yang menyenangkan. Silakan klik gambar-gambar di bawah ini agar bisa mendownloadnya secara GRATIS:
1. MARBEL BEALAJAR FLORA
marbel-flora

2. MARBEL SAYUR-MAYURbanner-marbel-sayur-v3
3. MARBEL DUNIA HEWAN

banner-marbel-dunia-hewan-v3
4. MARBEL MEWARNAI HEWAN DARATbanner-marbel-mewarnai-hewan-darat

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...