Membuat Pigura Tema Kehidupan Laut

Kamis, 22 Maret 2018 07:20 WIB | dibaca : 2855 | dibagikan :

Dalam pembelajaran tema pengenalan alam, anak-anak PAUD akan diajak untuk belajar tentang aneka macam lingkungan, mahluk hidup, fenomena alam, dan aneka materi menarik lainnya. Bumi ditinggali aneka ragam mahluk hidup yang tinggal di berbagai lingkungan. Lingkungan kehidupan mahluk hidup dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu kehidupan darat dan kehidupan laut.

Kehdipan darat meliputi kehidupan mahluk hidup yang lebih sering ditemui anak-anak didik kita. Aneka tumbuhan, seperti aneka bunga, rumput-rumputan, dan pepohonan; dan aneka hewan seperti kucing, anjing, sapi, dan lainnya pasti lebih sering ditemukan dan dilihat anak-anak. Bagaimana dengan kehidupan laut? Anak-anak pasti lebih sering melihat kehidupan laut dari media-media komunikasi, misalnya dari TV, buku, internet, dan lainnya. Karena untuk memahami kehidupan laut secara nyata, anak-anak perlu pergi ke pantai, itu saja mereka tidak mungkin melakukan aktivitas menyelam ke dalam lautan.


Baca juga:
APE Memancing Ikan Berbahan Sedotan dan Kertas Origami


Di sekolah tingkat PAUD / TK, anak-anak akan belajar tentang tema hewan, dengan sub-tema kehidupan laut. Guru-guru perlu menampilkan kreativitasnya agar anak-anak bisa semakin memahami tentang kehidupan laut. Kak Martha, seorang pendidik PAUD yang tinggal di DKI Jakarta, pernah mengajarkan kepada anak-anak didiknya tentang cara membuat kreasi dengan tema kehidupan laut. Kak Martha mengajarkan kepada anak-anak didiknya tentang cara membuat pigura dengan yang menampilkan kehidupan laut. Ada 2 sosok ikan yang tampak dalam kreasi ini. Lihat penampakannya dalam gambar di bawah ini:

Alat dan bahan pembuatan kreasi ini adalah:
– Kotak susu bekas: Kotak susu ini dilubangi bagian tengahnya dengan bentuk kotak, sehingga akan menyerupai bentuk televisi.
– Kertas sampul: Kertas sampul digunakan untuk membuat bagian permukaan atau frame.
– Kertas manila berwarna: Kertas ini digunakan untuk membuat bentuk ikan. Pola berbentuk ikan bisa kita gambar sendiri.
– Origami: Digunakan untuk membuat latar belakang berbentuk ombak dan bahan pembuat bentuk rerumputan.
– Tali: Dipakai untuk menggantungkan bentuk ikan.
– Lem
– Gunting
– Selotip: Untuk menempelkan tali pada kotak bagian atas (agar ikan bisa bergantungan).

Cara membuat kreasi ini adalah:
– Siapkan kotak susu bekas yang telah dilubangi dengan bentuk persegi panjang.
– Tempelkan kertas sampul pada permukaan bagian kotak yang dilubangi, sehingga akan tampak seperti pigura berwarna cokelat.
– Hiasi kotak dengan kertas origami, mulai dari bentuk ombak sampai pada bentuk rumput laut.
– Buatlah bentuk ikan dengan kertas manila berwarna-warni.
– Ikatkan bentuk ikan dengan seutas tali, lalu tempelkan tali pada bagian atas lubang berbentuk kotak.
– Selesai sudah kreasi pigura berbentuk pemandangan laut dan dua ikan ini.

Sebagai kegiatan penutup, kita bisa mengajak anak bermain sambil belajar dengan aplikasi permainan menarik produksi Educa Studio ini. Permainan ini judulnya “MARBEL FISHING ADVENTURE” atau “MARBEL MEMANCING“. Permainan mengajarkan anak-anak tentang berbagai macam ikan disertai dengan permainan memancing ikan-ikan di lautan. Berikut ini adalah permainan interaktif yang ada dalam permainan ini:
a.  Mencari Umpan Sebelum Memancing
b. Memancing di Danau
c. Memancing di Laut
d. Berburu Ikan (petualangan seru)
e. Match-3
f. Aquarium (kamu bisa punya virtual pet sendiri)
Silakan unduh gratis permainan ini dengan klik gambar di bawah ini:

banner-marbel-fishing-adventure

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...