Menghias Caping Pak Tani

Selasa, 20 Maret 2018 06:39 WIB | dibaca : 5941 | dibagikan :

Kegiatan Outing adalah salah satu kegiatan yang memiliki nilai edukatif dan juga rekreasi. Setelah anak-anak lebih sering belajar di dalam kelas, ada saatnya anak-anak diajak untuk berkunjung ke suatu tempat yang menarik dan memiliki nilai edukasi. Beberapa tempat yang biasa dipilih adalah wisata alam, kampung edukasi, kebun binatang, dan tempat menarik lainnya.

Agar anak-anak semakin mengenal profesi petani, aneka tempat yang alami, dan beragam hasil bumi, kita bisa mengajak anak-anak pergi ke desa wisata. Desa wisata adalah suatu pedesaan yang dirancang secara khusus agar menjadi tempat yang nyaman dan nyaman, serta cocok menjadi tempat rekreasi dan tempat belajar. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak-anak saat mereka berada di desa wisata. Kita bisa mengajak anak-anak untuk beraktivitas, baik di pos-pos yang sudah disediakan oleh pihak pengelola desa wisata maupun di pos-pos yang kita buat secara khusus. Beberapa pos yang disediakan oleh pihak pengelola desa wisata biasanya memungkinkan anak-anak untuk melakukan aktivitas seperti:

– Memerah susu sapi
Dengan bantuan seorang ahli (biasanya seorang peternak), anak-anak bisa belajar cara memerah susu dengan benar. Aktivitas ini bisa mengembangkan karakter keberanian anak dan menguatkan motorik halus anak.

– Menanam padi
Anak-anak bisa belajar dan mempraktikkan cara menanam padi. Hal yang menarik saat anak-anak melakukan hal ini adalah saat mereka harus menanam padi dengan urutan bibit padi yang lurus serta harus berjalan mundur.

– Menangkap belut
Anak-anak bisa melakukan kompetisi menangkap belut. Biasanya anak-anak akan bersemangat dalam menangkap belut karena memang menyenangkan. Anak-anak harus bisa menangkap belut yang licin.


Baca juga:
Membuat Kreasi Berbentuk Mobil Pemadam Kebakaran Dari Kertas Manila


Salah satu kegiatan lain yang bertema profesi adalah menghias caping. Caping adalah salah satu perlengkapan yang perlu dimiliki oleh seorang petani. Caping perlu dikenakan oleh seorang petani untuk melindungi bagian kepala dari panasnya terik matahari. Aktivitas ini pernah diajarkan oleh Kak Noor Sarehat. Ia adalah seorang pendidik PAUD yang tinggal di kota Balikpapan.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas ini antara lain:
– Caping: Bahan dasar pembuatan kreasi ini dan nantinya akan dihiasi.
– Kertas Krep: Pilihlah warna-warni yang beraneka ragam untuk menghiasi caping.
– Kertas manila warna hitam: Kertas ini digunakan untuk menutup atau menutup seluruh bagian caping agar mudah dihias.
– Kertas origami: Untuk menghias caping secara lebih mendetail.
– Lem
– Gunting

Cara membuat kreasi ini adalah:
– Siapkan caping dan lapisilah bagian atas caping dengan kertas manila warna hitam.
– Hiasilah kertas manila warna hitam dengan kertas krep yang berbentuk lingkaran-lingkaran. Mulai dari lingkarang terbesar yang ditempel di bagian permukaan caping, hingga lingkaran yang lebih kecil. Guntinglah kertas krep dengan bentuk rumbai-rumbai.
– Hiasilah caping dengan kerta origami agar terlihat lebih menarik.
– Caping petani pun sudah dihias menjadi terlihat lebih indah dan menarik, terutama bila dipakai oleh anak-anak.

Sebagai kegiatan penutup, kita bisa mengajak anak menyanyikan lagu anak berjudul, Petani. Berikut ini adalah lirik lagunya:

Memerah susu
Menyabit rumput
Memberi Makan semua ternak
Menyemai benih
Menanam bibit
Mengairi sawah, lalu memanen
Akulah petani, di ladang dan sawah
aku bekerja tak kenal lelah
Aku menghasilkan padi, ubi jagung,
sayur mayur, dan beraneka buah

Dengarkan lagu ini dengan klik di SINI.

Kegiatan menghias caping petani dipercaya dapat meningkatkan kreatifitas anak dan daya imajinasinya. Ada banyak kegiatan lain yang dapat meningkatkan kreatifitas anak dan daya imajinasi mereka. Salah satunya adalah dengan media permainan. Permainan yang cocok bagi anak-anak zaman now adalah Marbel Mewarnai.

Silakan download GRATIS aplikasi ini dengan klik ganbar di bawah ini:
banner-marbel-mewarnai-v3

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...