Mobil Pemadam Kebakaran dari Kertas Manila

Selasa, 13 Maret 2018 04:58 WIB | dibaca : 5012 | dibagikan :

Profesi pemadam kebakaran adalah profesi yang sangat mulia. Bila Anda mengenal seorang pemadam kebakaran dan Anda bertanya pada tentang pengalaman apa saja yang ia dapatkan saat bekerja, tentu Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dan cerita menarik.  Pengalaman menarik tersebut tentu saja yang berhubungan dengan pengalaman menyelamatkan jiwa dan harta benda para korban bencana kebakaran. Agar anak-anak lebih tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang profesi ini, kita bisa menceritakan dongeng atau memutarkan film tentang profesi pemadam kebakaran.


Baca juga:
Kreasi Berbentuk Balon terbang Dari Kertas Origani


Selain menceritakan tentang jasa dan tugas seorang pemadam kebakaran, kita juga bisa mengajarkan kepada anak-anak tentang alat-alat yang digunakan oleh seorang pemadam kebakaran. Beberapa peralatan dan perlengkapan yang biasa digunakan oleh pemadam kebakaran diantaranya adalah:

1. Pakaian anti api
Pakaian pemadam kebakaran  adalah berwarna merah atau oranye. Pakaian yang dikenakan oleh seorang pemadam kebakaran adalah pakaian yang anti api.

2. Helm
Helm pemadam kebakaran tentu saja berbeda dengan helm yang biasa dikenakan oleh pengendara motor. Helm pemadam kebakaran terbuat dari bahan logam yang kuat dan tidak mudah pecah serta tidak mudah terbakar.

3. Palu
Palu digunakan untuk memecah kaca rumah. Palu biasa dibawa oleh pemadam kebakaran untuk memecahkan kaca jendela rumah yang terbakar, sehingga setelah kaca jendela rumah yang terbakar bisa dirusak atau dipecah, petugas pemadam kebakaran bisa masuk rumah dan menyelamatkan korban kebakaran.

4. Sepatu boot
Sepatu boot yang dikenakan oleh seorang pemadam kebakaran terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar oleh api dan bisa menutup seluruh bagian kaki seorang pemadam kebakaran.

5. Mobil pemadam kebakaran
Mobil pemadam kebakaran biasanya dilengkapi dengan sirene. Sirene dibunyikan saat keadaan darurat dan membutuhkan waktu yang cepat agar dapat sampai ke tempat terjadinya kebakaran.  Biasanya mobil dan kendaraan yang lain akan menepi dan memberikan jalan bagi pemadam kebakaran saat sang sopir kendaraan mendengar suara sirene.

Agar anak-anak semakin mengenal bentuk mobil pemadam kebakaran dan bagian-bagiannya, Kak Yanti Handayani, seorang pendidik PAUD asal Jember mengajarkannya secara kreatif. Ia meminta anak-anak didiknya membuat sebuah mobil pemadam kebakaran.


Kreasi Membuat Mobil pemadam kebakaran dari kertas manila duniabelajaranak id 5

Alat dan bahan pembuatan kreasi ini adalah:
– kertas manila: untuk membuat pola mobil pemadam kebakaran
– kertas origami: untuk menghias pola mobil dan untuk menghiasi mobil
– lem
– gunting

Cara membuat kreasi ini adalah:
1. Buatlah pola berbahan kertas manila dengan bentuk:
– mobil pemadam kebakaran
– lingkaran besar (ban mobil bagian depan)
– lingkaran kecil (ban mobil bagian belakang dan tengah.
– kotak / persegi (jendela mobil)


Kreasi Membuat Mobil pemadam kebakaran dari kertas manila duniabelajaranak id 1


Kreasi Membuat Mobil pemadam kebakaran dari kertas manila duniabelajaranak id 4


Kreasi Membuat Mobil pemadam kebakaran dari kertas manila duniabelajaranak id 3

2. Gunakan pola-pola di atas untuk membuat duplikat dari masing-masing bentuk dengan bahan kertas origami. Bentuk mobil pemadam kebakaran tetap menggunakan kertas manila.

3. Tempelkan masing-masing bagian (yang terbuat dari kertas origami) pada bentuk mobil pemadam kebakaran (yang berbahan kertas manila).

4. Setelah anak-anak selesai mengerjakan kreasi ini, kita bisa memajangnya di papan dekorasi kelas.


Kreasi Membuat Mobil pemadam kebakaran dari kertas manila duniabelajaranak id 2

Agar anak-anak semakin mengenal profesi pemadam kebakaran, kita bisa mengajarkan profesi ini dengan media permainan. Permainan ini berjudul “Marbel Pemadam Kebakaran”.

Untuk mengunduh aplikasi ini secara GRATIS, kita bisa meng-klik gambar di bawah ini:
banner-marbel-firetruck-v2

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...