Dampak anak bermain Tiktok

Dampak Anak Bermain Tiktok, Moms Wajib Tahu

Selasa, 3 Maret 2020 18:00 WIB | dibaca : 151 | dibagikan :

Tiktok, menjadi salah satu aplikasi populer pada saat ini. Banyak orang memainkan aplikasi ini tidak terkecuali anak-anak. Moms, harus waspada terhadap dampak anak bermain Tiktok. Tetap awasi saat anak bermain karena masa perkembangan anak adalah hal yang penting.

Perkembangan anak-anak, dari tahun ke tahun pasti akan meningkat. Pengaruh dari lingkungan sekitar, seperti keluarga, teman, atau di sekolah pun sangat mempengaruhi. Beberapa anak akan sangat mudah terpengaruh oleh pemberitaan yang secara tidak sengaja dilihat oleh mereka.

Erikson (1968) menyatakan bahwa “Selain mengidentifikasikan diri dengan orangtua mereka, anak-anak usia pra sekolah mengembangkan daya gerak, ketrampilan berbicara, keingintahuan, imajinasi, dan kemampuan untuk menentukan tujuan.”

Dengan perkembangan jaman, anak-anak khususnya pada usia dini sangat mudah untuk meniru segala sesuatu hal yang dia lihat dan dengarkan. Pada masa kini, segala sesuatunya telah di kuasai oleh teknologi. Dengan perkembangan teknologi, tak heran bila anak-anak jaman sekarang lebih cepat menangkap informasi dengan gadget.

Anak Usia Dini Bermain Gawai

Telah banyak anak yang terkenal dan wara-wiri di depan layar televisi karena tingkah mereka yang menurut para netizen menggemaskan. Karena jaman sekarang, tak hanya orang dewasa yang memiliki smartphone, tapi anak usia dini pun sudah ada yang punya. Maka tak heran jika mereka kadang lebih mudah paham beberapa aplikasi, daripada orangtua mereka.

Teknologi apa sih,yang membuat mereka ini menjadi terkenal seperti sekarang? Ya, Tiktok. Pastinya hal tersebut sudah tidak asing bagi kalian. Aplikasi yang mengunggah sebuah video berdurasi pendek, dengan di sisipi musik, yang mendorong parang penggunanya berimajinasi dengan gerakan tarian mereka. Pada aplikasi tersebut pun terdapat beberapa filter dan musik, yang bisa di pilih oleh para user, supaya video mereka terlihat lebih menarik.

Beberapa tahun lalu, ada seorang anak yang viral karena aplikasi tiktok. Tapi karena pemerintah dan di dukung oleh beberapa orangtua yang merasa resah oleh aplikasi tersebut, akhirnya aplikasi tersebut pun di blokir oleh Kominfo. Dengan didukung oleh petisi yang telah ditandatangani oleh 170 ribu orang karena aplikasi tersebut dinilai tidak cocok untuk anak-anak.

Dampak anak bermain Tiktok
School photo created by master1305 – www.freepik.com

Apa Sih Dampak Anak Bermain Tiktok?

Sekarang aplikasi tiktok telah kembali di buka. Maka tak heran, jika sekarang banyak sekali artis-artis dadakan yang menjadi terkenal karena tiktok. Siapapun sekarang dapat mengakses dan menggunakan aplikasi tiktok, termasuk anak-anak kita. Atau memang kita sebagai orangtua, justru mengekspos anak kita demi likes dan followers.

Baca Juga:   Pilihlah PAUD Yang Sesuai Dengan Kriteria Ini

Tentunya, hal ini membuat pro dan kontra bagi masyarakat Indonesia. Karena tidak semua orang menyukai aplikasi tersebut, dan menurut mereka telah banyak kasus perundungan yang terjadi karena aplikasi Tiktok. Tapi beberapa dari mereka telah mendapat ketenaran karena aplikasi tersebut.

Anak usia dini yang dimulai pada umur 4-5 tahun, Karakteristik mereka sedang berkembang pesat. Dan rasa ingin tahu mereka sangatlah besar. Maka dari itu, ketika mereka menemukan hal yang menarik, mereka pun langsung penasaran dengan hal tersebut.

Karena Aplikasi Tiktok saat ini tengah ramai, apa saja sih dampak anak bermain Tiktok baik dari segi negatif maupun positifnya bagi anak kita:

Dampak Positif Aplikasi Tiktok bagi Anak Usia Dini.

    • Menghibur Orang. Video pada Tiktok, menyuguhkan beberapa effect atau filter yang dibutuhkan oleh penggunanya. Tak hanya mengikuti gerakan sebuah gerakan pada lagu, tapi sekarang banyak aplikasi Tiktok yang lucu, sehingga orang yang melihat pun dibuat tertawa.
    • Olahraga. Dengan lagu yang sedang diputar, kita diharuskan mengikuti beberapa gerakan yang ada pada aplikasi tersebut. Ada gerak sederhana yang hanya memerlukan gerakan tangan. Ada juga gerakan rumit yang membutuhkan gerakan tangan dan kaki, sehingga kita diharuskan menggerakkan semua anggota tubuh.
    • Kreatif. Pada Aplikasi Tiktok, terkadang kita di tuntut untuk mempunyai daya kreatifitas yang tinggi. Dalam aplikasi tersebut sangat banyak lagu yang sedang di putar, terkadang kita harus mengembangkan berbagai gerakan sesuai lagu yang di putar.

Dampak Negatif Aplikasi Tiktok bagi Anak Usia Dini.

    • Kurangnya sosialisasi. Anak yang mempunyai aplikasi ini, akan lebih suka bermain dengan gawainya, dibandingkan bermain dengan teman sebayanya diluar rumah.
    • Video tidak pantas. Anak Usia dini akan menggunakan lagu milik orang dewasa yang menurut mereka sedang populer, padahal di dalam lagu tersebut mengandung unsur pornografi.
    • Malas. Karena terlalu asyik dengan gawainya, membuat mereka lupa akan tugas rumah mereka, seperti membantu orangtua, atau bahkan lupakan tugas sekolahnya.

Diharap, para orangtua selalu mengawasi anak-anak mereka, terkait penggunaan gawai. Karena konten yang terdapat pada Smartphone jaman sekarang sangatlah beresiko tinggi. Kita harus waspada akan hal ini.

Sumber referensi :


Marbel Fashion Show
Marbel Fashion Show
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Hanifah Prandita

Pegiat pendidikan, concern pada dunia PAUD, hobby membaca dan menulis. Content Manager di Educa Group sekaligus penulis di Dunia Belajar Anak.