Google Play Store Dark Mode

Google Play Store Dark Mode? Begini Caranya

Senin, 16 Maret 2020 18:00 WIB | dibaca : 26 | dibagikan :

Akhir-akhir ini, dunia teknologi tengah dihebohkan dengan fitur Dark Mode atau mode gelap pada smartphone. Untuk beberapa aplikasi seperti Instagram, Twitter, Whatsapp, sudah menggunakan layanan Dark Mode. Fiturnya kini telah digunakan di semua Android. Google pun merilis sebuah kejutan baru, untuk para pengguna smartphone. Begitu pula dengan Google Play Store Dark Mode.

Dengan mengaktifkan Dark Dark Mode pada suatu tampilan, maka tampilan pun akan berubah menjadi hitam. Biasanya ketika kita membuka suatu tampilan, layar berwarna putih dengan tulisan berwarna hitam atau Light Mode. Tapi kini,dengan adanya Dark Mode, kita akan mendapatkan tampilan yang berwarna hitam, dengan tulisan yang berwarna putih. Diharapkan dengan adanya fitur Dark Mode, dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna smartphone, serta dapat menghemat daya baterai smartphone.

Pihak pengembang pun tidak menyangka, jika tampilan Dark Mode atau Mode gelap ini, tengah menjadi suatu perbincangan dan trend bagi para pengguna smartphone. Dan kemungkinan, fitur Dark Mode juga dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lainnya seperti Pocket, Amazon kindle, dan Gboard.

Menurut keterangan resmi dari @GooglePlay di Twitter, Google telah mengkonfirmasi bahwa, fitur Dark Mode telah dapat diterapkan pada aplikasi Google Play Store. Dan layanan ini dapat digunakan pada smartphone berbasis Android, di berbagai negara termasuk Indonesia.

Google Play Store Dark Mode
Photo by Game Lab Indonesia

Awal Mula Fitur Dark Mode Google Play Store

pada awalnya, fitur Dark Mode atau Mode gelap hanya tersedia pada smartphone berbasis Android 10. Tapi pada percobaan pertama selama satu minggu, sejak versi stabilnya rilis, bagian XDA Developers menemukan bahwa perangkat pixel atau dua aplikasi milik Google ada yang belum juga bisa diatur ke dalam Dark Mode atau mode gelap. Dan Aplikasi yang dimaksud adalah Google Play Store dan Gmail.

Baca Juga:   Genre Game Online yang Populer Saat Ini

Karena permasalahan itu, akhirnya pihak Developers Google mulai membenahi sistem pembaharuan Dark Mode pada gmail. Setelah dirasa sudah berhasil, pihak developers melaporkan bahwa Google Play Store pun akhirnya juga dapat menggunakan fitur Dark Mode atau mode gelap.

Tapi karena banyaknya permintaan dari pengguna smartphone, maka kini google pun memperluasnya untuk dapat dipakai oleh semua versi android yang masih memungkinkan mendapat dukungan.

Pada penggunaannya, para developers sadar bahwa penggunaan Dark Mode atau mode gelap pada Google Play Store sangat berpengaruh pada saat penggunaannya. Terutama, Ketika para pengguna smartphone menghabiskan waktunya untuk membuka playstore, untuk mengunduh beberapa aplikasi yang ingin mereka gunakan pada smartphone.

Cara Mengaktifkan fitur Dark Mode :

  • Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Play Store.
  • Pilih dan tekan ikon tiga baris di kiri atas pada Google Play Store.
  • Kemudian, pilih setting.
  • pilih theme.

Pada pilihan tema, akan ada tiga pilihan yang dapat dipilih yaitu light mode yang berarti tampilan berwarna putih dengan tulisan hitam, Dark Mode yaitu tampilan yang gelap dengan tulisan putih atau terang, atau system default.

Jika kita memilih layanan fitur Dark Mode atau mode gelap, maka tampilan pada UI akan berganti hitam dan abu-abu gelap yang selaras dengan warna hijau yang menjadi warna khas dari Google Play Store.

Sumber referensi :


Marbel Feuerwehrmann
Marbel Feuerwehrmann
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Hanifah Prandita

Pegiat pendidikan, concern pada dunia PAUD, hobby membaca dan menulis. Content Manager di Educa Group sekaligus penulis di Dunia Belajar Anak.