guru PAUD

Hal-hal Yang Harus Dihindari Oleh Pendidik PAUD (bagian 1)

Kamis, 8 September 2016, 09:38 WIB | dibaca 13779 kali | dibagikan kali

Kesalahan-kesalahan sering dilakukan oleh seorang pendidik PAUD. Bahkan terkadang kesalahan-kesalahan tersebut menjadi suatu yang biasa, sehingga dilakukan secara turun-temurun tanpa disadari. Melalui artikel ini Kak Zepe hendak mengulas kesalahan-kesalahan atau hal-hal yang perlu dihindari tersebut.

  • Menasihati dengan suara keras

Anak-anak adalah seorang peniru ulung. Saat kita menasihati anak dengan suara keras, kita secara tidak langsung telah mengajarkan kepada mereka bahwa cara menasihati yang baik adalah dengan nada suara yang tinggi. Bila seorang guru terbiasa melakukan hal ini, jangan kaget kalau suatu saat ada seorang anak didiknya melakukan hal yang sama kepada anak didik yang lain.

  • Merasa diri paling benar

Sebagai guru, kita perlu menyadari bahwa tiada manusia yang sempurna. Kepada setiap anak didik kita pun kita perlu menanamkan dalam diri mereka bahwa setiap orang punya kelemahan dan kekurangan. Bila seorang guru berbuat suatu kesalahan, tidak ada salahnya bila ia mau minta maaf.  Hal yang perlu kita ajarkan kepada siswa  adalah  suatu kesalahan bisa diperbaiki dengan cara melakukan tindakan-tindakan yang baik dan sikap hidup yang terpuji.

  • Kurang mampu berpikir positif

Namanya juga anak-anak, masih perlu banyak belajar. Terkadang mereka perlu belajar saat melakukan kesalahan. Berbuat kesalahan pun mereka bisa melakukannya berulang-ulang. Bila seorang pendidik kurang mampu berpikir yang positif, biasanya akan berpikir bahwa apa yang ia lakukan adalah sia-sia. Kita harus percaya, segala ajaran yang baik dan pernah kita berikan telah membentuk anak-anak didik kita menjadi pribadi yang baik, meski pun benih-benih kebaikan yang telah kita tabur belum bisa terlihat secara instan.

  • Mengajar dengan cara monoton

Ada seorang guru yang merasa nyaman saat mengajar anak dengan bernyanyi, namun ia tak pernah mau mengajar anak dengan cara mendongeng. Itu adalah kesalahan besar. Seorang guru haruslah multi-talent. Bukan memaksakan diri untuk bisa AHLI dalam hal ini dan itu, namun seorang guru perlu berani untuk melakukan perubahan dalam hal metode mengajar, sehingga lama-lama menjadi BISA mengajar dengan metode apa pun.

Variasi aktivitas sangat diperlukan oleh seorang pendidik dalam mengajar anak-anak didiknya. Anda bisa menemukan aneka aktivitas menyenangkan di portal ini.

  • Kurang dekat dengan siswa

Dalam segala hal, kedekatan akan memberi efek kemudahan. Bila kita dekat dengan siswa, kita akan lebih dipercaya, sehingga apa yang kita katakan akan lebih didengarkan, baik pada saat kita mengajar atau saat kita menasihati. Kedekatan perlu kita pupuk dengan berbagai cara, misalnya dengan menyapa, menanyakan kabar, atau mengajak siswa ngobrol meski pun dengan topik yang mungkin menurut kita “nggak penting banget”.

Artikel selengkapnya, silakan klik Hal-hal Yang Harus Dihindari Oleh Pendidik PAUD (bagian 2)

Mengajar dengan cara yang monoton bisa membuat anak merasa jenuh. Mari kita manfaatkan media dongeng dan lagu anak sebagai sarana mengajar anak. Silakan download GRATIS dongeng dan lagu anak di bawah ini:
– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
–  Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam
Sumber gambar: pgpaud.ikip-veteran.ac.id

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...