Hasta Karya Anak Laki dan Perempuan Bergandengan Tangan Dalam Persaudaraan

Jumat, 15 September 2017 12:10 WIB | dibaca : 4246 | dibagikan :

Semangat persaudaraan perlu ditanamkan sejak dini. Semangat persaudaraan bisa diajarkan melalui banyak cara, misalnya dengan media dongeng, film, lagu, dan lainnya. Kali ini, kita akan belajar cara membuat sebuah hasta karya bertema persaudaraan.

Kreasi ini telah dibagikan di FORUM TK DAN PAUD, dan telah mendapatkan lebih dari 500 jumlah likes, dan telah dibagikan sebanyak 40-an kali.  Banyak pendidik dan orang tua yang mengapresiasi karya ini, karena memang penuh makna dan sangat sederhana (bisa diterapkan pada anak-anak usia dini).

Bahan utama dari kreasi ini adalah kertas HVS berwarna putih. Bagaimana cara membuatnya? Mari kita perhatikan gambar-gambar di bawah ini sebagai tutorial pembuatannya.

Langkah 1 : Melipat kertas
.
seni-menggunting-kertas-tema-persaudaraan-langkah-1


Langkah 2: Menggambar bentuk (laki-laki atau perempuan, silakan Anda tentukan sendiri).
.seni-menggunting-kertas-tema-persaudaraan-langkah-2


Langkah 3: Menggunting bentuk pada permukaan garis
.
seni-menggunting-kertas-tema-persaudaraan-langkah-4


Langkah 4: Bentuk setelah proses pengguntingan permukaan garis
.
seni-menggunting-kertas-tema-persaudaraan-langkah-5


Langkah 5: Silakan dibuka dan dilebarkan…. Taraaaa……..
.seni-menggunting-kertas-tema-persaudaraan-langkah-6


Selanjutnya, kita bisa meminta anak-anak untuk mewarnainya. Dan Kita bisa mengajak anak-anak membuat bentuk anak laki-laki… bentuk bintang… bentuk kupu-kupu, dan lainnya… .

seni-menggunting-kertas-tema-persaudaraan-langkah-7


Baca juga:
1. Hasta Karya Anak Laki-laki dan Perempuan di Musim Hujan

2. Aneka Hasta Karya Tema Diri Sendiri


seni-menggunting-kertas-tema-persaudaraan-3


seni-menggunting-kertas-tema-persaudaraan-2


Selain karakter memiliki semangat persaudaraan, masih banyak karakter lainnya yang perlu dimiliki anak. Educa Studio, perusahaan pengembang aplikasi yang dimotori oleh Kak Andi Taru, merilis aneka dongeng menarik. Dongeng-dongeng tersebut bisa menjadi media pembelajaran pendidikan karakter bagi anak-anak usia dini, khususnya untuk mengajarkan karakter semangat persaudaraan dan persahabatan. Silakan download aplikasi dongeng ini dengan meng-klik judul-judul dongeng di bawah ini:
1. Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa2. Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam3. Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsa

Baca Juga:   Hindari Perilaku Ini Agar Anak Selalu Dekat Di Hati

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...