https://www.telegraphindia.com/1150315/images/1503game.jpg

Inilah Alasan Mengapa Game Digital Sangat Digemari Anak. Bagaimana Agar Tidak Kecanduan?

Sabtu, 1 Juli 2017 09:06 WIB | dibaca : 227 | dibagikan :

1. Bisa “Merasa” Menjadi Jagoan dan Merasa Bebas

Dalam sebuah permainan, anak-anak bisa merasa menjadi jagoan. Dengan bisa mengalahkan musuh dan lawan-lawannya, anak merasa bangga pada dirinya. Padahal prestasi sebenarnya bukan saat anak memainkan game, namun di kehidupan nyata sehari-hari. Orang tua perlu memberikan perhatian yang lebih kepada anak dalam hidup sehari-hari, dan memberikan motivasi agar anak juga bisa melakukan dan membuat hal-hal yang membanggakan di dunia nyata, misalnya mendapatkan nilai yang baik, berprestasi di bidang seni, dan lainnya. Bimbinglah anak menjadi jagoan yang sebenarnya di dunia nyata dengan pendampingan dan dukungan dari orang tua. Beberapa anak merasakan kebebasan di saat mereka bermain game digital.

Sebagai orang tua, Anda perlu memberikan kebebasan yang bertanggung jawab kepada anak. Maksudnya adalah biarkan anak melakukan hal-hal yang mereka suka, selama itu adalah kegiatan yang positif dan tidak melanggar aturan. Oleh karena itu, orang tua perlu menerapkan aturan-aturan kepada sang buah hati, dan bila anak melanggar maka akan mendapatkan konsekuensi. Konsekuensi yang diterima anak haruslah sesuatu yang edukatif. Misalnya meminta anak menulis 20 kalimat, menyapu halaman, dan lainnya. Jangan lupa memberikan reward juga kepada anak, terutama saat mereka melakukan hal-hal yang positif.

2. Fasilitas atau kesempatan dari orang tua

Fasilitas berupa gadget atau komputer bisa menumbuhkan keinginan bagi anak untuk bermain game.  Begitu juga waktu atau kesempatan kepada anak untuk memainkan game digital. Anak akan merasa didukung bahkan bisa merasa dibebaskan dalam hal bermain game. Kesempatan bermain game memang perlu bagi anak, namun orang tua perlu membimbing anak dan memberikan pengertian bahwa bermain game bukanlah kebutuhan utama anak. Anak-anak juga perlu melakukan aktivitas positif lainnya dan bahkan lebih bermanfaat daripada game. Game hanyalah salah satu sarana hiburan. Orang tua perlu memperkenalkan kepada anak sarana hiburan lainnya selain game, misalnya permainan balok, puzzle, bersepeda, dan lainnya. Bila perlu orang tua perlu menemani anak saat melakukan permainan-permainan, baik berupa game digital maupun permainan. Aktivitas yang dilakukan bersama anak dan orang tua bisa merekatkan kedekatan anak dan orang tua.

3. Kurangnya interaksi sosial

Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak anak merasa bosan saat berada di dalam rumah. Salah satu aktivitas menarik yang bisa mereka lakukan adalah dengan bermain game digital. Sebagai orang tua, kita perlu mengajak anak untuk melakukan interaksi sosial, misalnya mengajak anak mengikuti undangan pernikahan atau ulang tahun, mengajak anak saat orang tua berkunjung ke rumah kerabat, selain itu, orang tua bisa mengajak anak jalan-jalan di kampung atau komplek perumahan. Hal ini bisa memacu kecerdasan sosial anak, sehingga anak semakin mampu berinteraksi dengan orang-orang baru. (Baca juga: “Tips Agar Anak Cerdas Bergaul dan Bersosialisasi )

4. Rasa bosan karena rutinitas yang “itu-itu saja”

Rasa bosan biasanya timbul karena aktivitas rutin yang sama sepanjang minggu. Sebagai orang tua, Anda perlu mengajak anak untuk berekreasi ke tempat wisata, jalan-jalan ke mall, dan lainnya. Pastikan Anda bisa melakukan interaksi dengan anak dengan cara mengajak anak mengobrol dan menanyakan aktivitas mereka. Siapa tahu dengan memperbanyak komunikasi dengan anak, Anda bisa menemukan permasalahan-permasalahan yang dihadapi anak dan Anda bisa membantu menemukan solusi.

5. Merasakan manfaat game bagi pendidikan anak
Meskipun di dunia maya banyak game bertemakan kekerasan dan kurang ramah anak, namun banyak juga game-game yang sangat mendidik bagi anak. Banyak game yang bermanfaat bagi anak, bahkan bisa memacu prestasi anak. Game-game tersebut misalnya:
– Marbel Mengenal Hewan dan Suaranya banner-marbel-dunia-hewan-v3– Marbel Belajar 6 Musim di Bumibanner-marbel-calender-seasons– Marbel Belajar Bagian Tubuhbanner-marbel-bagian-tubuhPermainan-permainan di atas tidak hanya memberikan efek kesenangan kepada anak, namun juga memiliki nilai edukatif. Anak-anak tidak hanya akan terhibur namun juga bisa meningkatkan kecerdasan serta pengetahuan mereka. Maka akan sangat baik bila permainan-permainan ini diberikan kepada buah hati Anda karena permainan-permainan di atas bisa didapatkan secara GRATIS. Semangat belajar orang tua sahabat Marbel.

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...