Jelang Kelahiran Buah Hati

Jelang Kelahiran Buah Hati, Ini Yang Harus Disiapkan

Minggu, 26 April 2020 12:00 WIB | dibaca : 35 | dibagikan :

Jelang kelahiran untuk menyambut buah hati yang telah dinanti-nantikan memang sangatlah penting. Banyak hal yang harus diperhatikan demi menyambut kedatangan buah hati tercinta. Mulai dari memilih rumah sakit, peralatan pribadi sebagai alat pendukung, perlengkapan bayi, bahkan mempersiapkan kesiapan diri dalam proses melahirkan. Untuk mempersiapkan semua kebutuhan yang di butuhkan saat menjelang kelahiran buah hati, memang sebaiknya disiapkan mulai jauh-jauh hari. Lalu apa saja yang harus disiapkan ? Berikut ini yang harus disaipkan jelang kelahiran buah hati.

Persiapan Menjelang Persalinan

Berikut adalah persiapan yang bisa dilakukan jelang kelahiran buah hati, yaitu :

 1. Cari Informasi Seputar Persalinan

Sambil menunggu waktu persalinan tiba, moms perlu memperbanyak pengetahuan tentang persalinan. Informasi pertama yang perlu dipahami adalah tanda-tanda melahirkan, agar lebih siap dalam menghadapi persalinan. Selain itu, moms juga perlu mengetahui berbagai metode melahirkan, agar dapat menyesuaikan kondisi kesehatan dengan metode melahirkan yang diinginkan.

Jika moms menginginkan persalinan normal, hal penting yang perlu dipelajari adalah  dan latihan untuk melancarkan persalinan. Namun, jika kondisi kesehatan tidak memungkinkan untuk menjalani persalinan normal, moms bisa mencari tahu berbagai informasi seputar prosedur oprasi ceasar.

 2. Persiapan Rumah Sakit dan Dokter

Moms mungkin sudah mempertimbangkan untuk memilih dokter atau bidan yang akan membantu proses persalinan sejak awal kehamilan. Begitu juga dengan rumah sakit mana yang akan dipilih, biasanya pemilihan dokter akan mempengaruhi pemilihan rumah sakit. Karena pada umumnya hanya dapat memilih rumah sakit tempat dokter praktik.

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih dokter atau rumah sakit untuk menjalani persalinan nantinya. Pertimbangkanlah mulai dari faktor kenyamanan, lokasi yang terjangkau, jadwal praktik, hingga fasilitas yang dimiliki rumah sakit atau klinik.

Jelang Kelahiran Buah Hati
photo by www.pexels.com

 3. Mempersiapkan Kebutuhan Persalinan

Jauh-jauh hari moms bisa berbelanja dan juga menyiapkan perlengkapan yang dibuthkan saat dan sesudah menjalani persalinan. Moms juga perlu mengemas barang-barang yang akan dibawa ke rumah sakit atau rumah bersalin sejak dua minggu sebelum bahkan lebih jauh lagi hari sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL). Lalu perlengkapan apa saja yang dibutuhkan selama berada di rumah sakit saat dan pasca melahirkan ? Berikut adalah daftar yang harus dipersiapkan, yaitu :

  • Dokumen data diri yang dibituhkan saat melahirkan saat berada di Rumah Sakit.
  • Perlengkapan yang di butuhkan moms saat melahirkan misalnya, pakaian yang nyaman, jubah mandi dan lain sebagainya. Biasanya pihak RS sudah mempersiapkan perlengkaan apa yang di butuhkan untuk ibu melahirkan, tapi tidak ada salahnya jika moms ingin mempersiapkannya sendiri.
  • Perlengkapan Bayi setelah dilahirkan. Seperti baju bayi, selimut bayi, topi bayi, sarung tangan dan kaos kaki bayi, perlengkapan untuk mandi bayi dan lain sebagainya.
  • Perlengkapan untuk moms pasca melahirkan. Seperti baju yang nyaman selama berada di RS, perlengkaoan mandi, makeup/skin care, pembalut kusus untuk ibu pasca melahirkan, bra menyusui dan lain sebagainya.
  • Perlengkapan untuk suami atau orang yang menemani selama berada di rumah sakiit. Seperti baju ganti, makanan dan minuman, peralatan dokumentasi jika ingin mengabadikan momen saat melahirkan, dan lain sebagainya.
Baca Juga:   Lakukan ini Untuk Mengatasi Anak Yang Marah

 4. Mempersiapkan Stamina Tubuh Dan Juga Mental

Untuk proses kelahiran memang dibutuhkan stamina dan kondisi fisik yang bugar, baik daam persalinan normal maupun caesar. Moms bisa mempersiapkannya sejak jauh hari dengan mengikuti kelas ibu hamil maupun mengikuti yoga hamil untuk menjaga stamina dan kesipan tubuh dalam melahirkan. Mempersiapkan mental menejelang melahirkan juga penting loh moms, agar moms tak mengalami baby blues, yang kerap kali di anggap gejala depresi ringan pasca melahirkan.Namun, jika gejala tersebut dibiarkan menerus akan mengakibatkabn kondisi yang semakin serius seperti post partum depression. 

Maka dari itu, moms patut untuk berhati-hati dan sebisa mungkin untuk mempersiapkan kondisi fisik dan juga mental dengan baik dan pastikan pasangan ikut bekerja sama juga agar dapat membantu kesiapan moms dalam melahirkan dan menyambut buah hati yang dinanti-nantikan.

 6. Mengetahui Cara Untuk Merawat Bayi Baru Lahir

Persiapan melahirkan yang juga sangat penting yaitu dengan mengetahui bagaimana cara untuk merawat bayi yang baru lahir dengan cara yang tepat, terutama untuk para calon orangtua baru. Pastikan untuk mempelajari bagai mana cara untuk merawat bayi yang baru lahir, moms bisa tanyakan langsung dengan dokter pilihan moms atau juga bantuan dari keluarga terdekat.


Sumber referensi :

Marbel Daycare Sweet Baby
Marbel Daycare Sweet Baby
Developer: Educa Studio
Price: To be announced

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.