Agar Anak Mampu Menumbuhkan Motivasi Diri

Jumat, 11 November 2016 00:23 WIB | dibaca : 1873 | dibagikan :

Banyak orang tua merasa sudah memberikan yang terbaik bagi anaknya. Namun ternyata sang anak tetap saja tidak bisa memberikan prestasi yang sesuai dengan apa yang diinginkan orang tuanya. Maka orang tuanya pun memberikan berbagai macam les atau kursus agar sang anak mampu meraih prestasi yang semakin gemilang. Bukannya mendapatkan sesuai dengan apa yang orang tuanya dapatkan, namun sang anak malah terlihat sangat tertekan dan bahkan stres. Melalui artikel ini, Kak Zepe akan memberikan beberapa tips agar anak mampu memotivasi diri sendiri. Sehingga orang tua pun tidak perlu terlalu keras dalam mendidik anak-anaknya, dan sang anak pun bisa bertumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan kejiwaan anak.

  1. Kata-kata Positif

Saat menasihati ana, orang tua perlu menggunakan kata-kata yang positif:

  • Kamu hanya perlu belajar lebih giat lagi.
  • Kamu hebat, karena telah berani mencoba. Suatu saat pasti kamu menang
  • Cobalah untuk bisa lebih fokus memperhatikan penjelasan guru, dan mengurangi berbicara dengan teman saat guru menjelaskan materi pelajaran. Dengan kata-kata positif tersebut, anak akan lebih mampu belajar dari kelemahan mereka. Mereka akan paham cara mengatasi kelemahan mereka, sehingga untuk ke depannya mereka akan berusahan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
  1. Memberikan tontonan video orang-orang sukses dan inspiratif

Banyak video-video bertebaran di internet dan bisa didownload gratis. Video-video ini menampilkan banyak orang sukses dengan perjuangan yang sangat keras. Para tokoh dalam video ini banyak mengungkapkan kata-kata yang inspiratif. Video-video ini mampu membangkitkan semangat anak, dan tau cara untuk bangkit saat mereka menghadapi kegagalan.

  1. Membiarkan anak memilih

Anak-anak mendapatkan karunia-karunia atau talenta-talenta yang berbeda-beda dari Tuhan. Namun agar anak bisa berhasil dalam meraih prestasi, mereka harus memilih talenta yang dia suka dan minati. Orang tua tidak boleh memaksa anak menjadi seseorang sesuai dengan apa yang orang tua minta. Karena anak bisa tertekan bila mereka melakukan sesuatu yang sebenarnya mereka bisa, namun pada saat itu mereka tidak suka. Bagaimana pun anak akan cepat berkembang dalam hal pribadi dan talentanya bila ia melakukan suatu aktivitas sesuai dengan apa yang dia suka.

  1. Menyikapi anak yang mengalami kegagalan

Adakalanya anak mengalami kegagalan. Misalnya kalah mengikuti suatu lomba. Orang tua tidak perlu merasa bersalah, panik, apalagi marah kepada anak, bila anak tidak bisa memenangkan suatu lomba. Karena hal ini bisa memicu rasa penyesalan pada diri anak. Sebagai orang dewasa, anda harus bisa bersikap wajar, sembari menjelaskan bahwa menang dan kalah adalah suatu hal yang biasa. Karena yang terpenting bukanlah pengalaman gagal atau berhasil, yang terpenting adalah usaha untuk ke depannya. Bagaimana anak bersikap setelah mengalami kegagalan. Orang tua perlu mendampingi anak yang mengalami kegagalan agar anak tidak merasa sendiri dan stres. (baca juga: “Memotivasi Anak Agar Mampu Bangkit Dari Kegagalan” )

  1. Memberikan kesempatan mengemukakan pendapat
Baca Juga:   5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Manajemen PAUD

Walaupun mereka masih anak-anak, tidak ada salahya bila orang tua mendengarkan pendapat anak. Bagaimana pun anak-anak juga perlu didengarkan. Orang tua perlu sering-sering mendengarkan keluh kesah anak. Orangtua yang sering mendengarkan pendapat anak, akan lebih mampu memberikan yang terbaik bagi anaknya. Karena ia tahu apa yang terbaik untuk anaknya. Dengan mendengarkan keluh kesah anak, anak pun akan merasa dihargai, sehingga hal ini akan mencegah anak diserang rasa tertekan dan perasaan negatif lainnya. Namun hal yang terpenting bagi orang tua adalah segera memberikan solusi dan memotivasi anak.

  1. Jangan biarkan anak berkepribadian tertutup

Banyak kebiasaan-kebiasaan anak yang membuat anak menjadi berkepribadian tertutup. Misalnya dengan terlalu sering bermain game di kamar sendiri dan enggan bermain dengan teman-teman terutama tetangga. Orang tua perlu sesekali mengajak anak berjalan-jalan pagi di lingkungan sekitar, supaya ia mengenal tetangga dan anak-anak tetangga terdekat. Hal ini akan membantu anak agar ia memiliki ketrampilan sosial yang baik. Selain itu, orangtua juga bisa mengajak anak pergi ke resepsi pernikahan, lomba hari kemerdekaan RI, dan acara-acara lain yang sering diadakan dalam hidup bermasyarakat.

Agar anak semakin cerdas bersosialisasi, orang tua perlu menstimulasi kecerdasan sosial anak. Hal ini pernah diulas Kak Zepe dalam artikel berjudul “Tips Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak”.

Anak-anak memang membutuhkan orang lain, terutama orang lain, agar ia cepat berkembang. Namun tentu saja hal ini harus diimbangi dengan kemampuan mereka dalam memotivasi diri mereka sendiri. Karena orang tua tidak bisa selalu berada di sisi sang anak. Orang tua perlu memberikan perhatian khusus kepada anak, sehingga apa pun permasalahan anak, orang tua akan segera bisa membantunya dalam menemukan jalan keluarnya. Yang terpenting adalah anak tetap mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri mereka, dengan cara memberikan kebebasan berpendapat. Bagaimana pun anak-anak juga perlu belajar dalam bertanggung jawab dalam membuat keputusan. Dan kalau keputusan anak itu nantinya mengalami kegagalan atau berhenti di tengah jalan, anak bisa belajar dari pengalaman itu dan tau cara memperbaiki diri. Anak pun tidak akan menyalahkan orang tuanya yang mungkin terlalu memaksanya menentukan suatu pilihan.

Agar anak-anak mampu memotivasi diri, orang tua perlu memberikan suplemen dengan aneka permainan, misalnya bermain sepak bola, catur, ular tangga dan lainnya. Educa Studio telah merilis sebuah aplikasi yang dipercaya dapat membuat mental anak semakin tangguh. Karena dengan permainan ini, anak-anak tertantang untuk menyelesaikan permainan ini hingga tuntas. Permainan ini sudah tidak asing bagi kita kok. Silakan download GRATIS dengan klik judul-judulnya di bawah ini.
Ingin mendownload Aplikasi MARBEL PUZZLE, silakan klik DOWNLOAD GRATIS “MARBEL PUZZLE”. banner-marbel-shape-puzzle
Tersedia juga:
– Marbel Puzzle (Seri Makanan)

Marbel Jigsaw Puzzle Kreatif

Sumber gambar cover: paudauliyaa.blogspot.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...