Cara Mencegah Anak Malas Ke Sekolah

Rabu, 14 Desember 2016 18:42 WIB | dibaca : 2182 | dibagikan :

Sifat cinta sekolah atau belajar di sekolah perlu dibangun sejak dini. Hal ini perlu dilakukan agar anak-anak kelak tidak terbiasa malas apalagi hingga gemar membolos. Agar sifat buruk itu tidak terbangun sejak dini, maka orang tua perlu lebih peduli akan hal ini. Orang tua perlu melakukan usaha agar anak-anak cinta sekolah. Karena bagaimana pun anak yang gemar membolos sangat rentan melakukan hal-hal yang negatif saat mereka menginjak usia remaja dan muda-mudi.

  1. Mengajarkan Pentingnya Belajar

Ajarkan kepada sang buah hati akan pentingnya belajar di sekolah, dan tentu saja dengan gaya bahasa anak-anak. Misalnya dengan mengatakan seperti ini, ”Dengan belajar di sekolah adik tidak hanya akan mendapatkan banyak ilmu, namun akan memiliki banyak teman. Dengan banyak teman, adik akan bisa bermain bersama, bercanda bersama, berbagi cerita bersama. Di sekolah, kalau belajar juga akan ditemani bapak ibu guru yang pinter-pinter. Ada yang pinter gambar, musik, dongeng, dan lainnya. Nanti adik bisa belajar banyak hal.” Dengan memberikan pengertian tadi, diharapkan anak-anak akan memahami arti belajar di sekolah, dan bisa membuat mereka paham bahwa bersekolah adalah kegiatan yang menyenangkan.

  1. Mengenali teman-teman anak, masalah anak, dan materi di sekolah

Kenalilah teman-teman anak dengan berbagai cara, bisa dengan cara berkenalan dengan orang tua mereka, menanyakan kepada anak, atau berkenalan secara langsung. Hal ini perlu dilakukan agar bila terjadi perselisihan antara buah hati anda dengan siswa yang lain, akan lebih mudah diselesaikan. Berkenalan dengan orang tua siswa yang lain akan membuat anda memungkinkan untuk berbagi informasi seputar sekolah. Ada kalanya orang tua juga bertanya tentang segala sesuatu yang terjadi di sekolah, misalnya apa yang menjadi permasalahan mereka di sekolah. Masalah yang dialami anak biasanya hanya seputar materi di sekolah atau masalah pertemanan. Dengan mengetahui permasalahan mereka, maka anda pun bisa membantu anak dalam menyelesaikan masalah mereka.

  1. Jalin Komunikasi tiga pihak

Komunikasi 3 pihak yang saya maksud di sini adalah komunikasi antara orang tua, guru, dan anak (siswa). Guru yang baik akan selalu memahami apa yang terjadi di dalam kelas. Sebelum pulang seharusnya seorang guru menanyakan apa keluhan-keluhan anak dan apa permasalahan yang mereka hadapi selama anak berada di dalam kelas. Bila ada permasalahan yang perlu diselesaikan atau ada keluhan-keluhan, guru yang baik akan mencari solusi yang terbaik. Oleh karenanya, orang tua perlu menanyakan kepada guru (khususnya guru kelas) tentang apa yang terjadi di dalam kelas atau selama anak belajar di sekolah. Sehingga bila memang ada permasalahan yang harus diselesaikan terutama yang membutuhkan bantuan orang tua, akan segera dirembug secara bersama untuk ditemukan solusinya. Komunikasi yang baik akan membantu menyelesaikan persoalan-persoalan kecil yang dihadapi anak. Bila persoalan-persoalan kecil itu cepat terselesaikan, maka anak akan semakin merasa nyaman berada di sekolah untuk belajar. Peran guru bagi orang tua memang sangat penting, karena guru biasanya memiliki laporan perkembangan anak atau minimal mengamati perkembangan anak selama ada di sekolah. Sehingga orang tua pun bisa belajar dari guru, agar lebih memahami anak dari segi kemampuan akademis, psikologis, dan lainnya. (baca juga: Kiat Membangun Komunikasi Pendidik dan Orang Tua Anak Didik, Serta Manfaatnya )

Inti dari artikel ini adalah tentang bagaimana membangkitkan kecintaan anak pada sekolah. Bila sejak dini anak-anak sudah memiliki rasa cinta belajar di sekolah sangat besar, maka kelak mereka pun tidak menganggap bahwa kegiatan-kegiatan di sekolah ada suatu hal yang membosankan. Bagaimana dengan anda? Bagaimana menciptakan suasana nyaman anak agar kerasan belajar di sekolah?

Baca Juga:   Cara Memotivasi Siswa Agar Semangat Belajar

Agar sang buah hati semakin bersemangat ke sekolah, orang tua perlu mengantar jemput anak. Mengapa hal ini sangat penting? Silakan simak di SINI.

Anak-anak malas berangkat ke sekolah? Pasti ada sebabnya. Salah satunya mungkin karena kurangnya media menyenangkan saat anak-anak belajar di sekolah. Educa Studio banyak menyediakan aneka media mengajar yang edukatif dan menarik untuk anak, misalnya dalam bentuk dongeng dan lagu anak. Silakan download gratis lagu dan dongeng anak karya Educa Studio di bawah ini:

– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
– Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam– Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsa

Sumber gambar: http://teach4funbinus.blogspot.co.id

 

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...