Pilihlah PAUD Yang Sesuai Dengan Kriteria Ini

Rabu, 3 Mei 2017 20:17 WIB | dibaca : 2356 | dibagikan :

Usia dini adalah usia emas. Anak-anak bisa menyerap banyak ilmu pada usia ini. Oleh karena itu, pemilihan PAUD sangat perlu diperhatikan oleh orang tua. Sekolah yang baik akan sangat menentukan kualitas kecerdasan dan karakter anak di masa depan. Bagaimana cara memilih sekolah yang baik bagi anak-anak usia dini?

  1. Pendidik yang berkualitas dan berkompeten

Pilih sekolah yang memiliki tenaga pendidik yang berkompeten. Tenaga pendidik yang berkompeten biasanya tampak pada cara pendidik menangani anak-anak. Orang tua bisa menilai para pendidik saat anak melakukan “trial class”. Tenaga pendidik yang berkompeten dan profesional akan sangat ramah kepada anak dan mampu mengajar dengan baik.

  1. Tidak menyepelekan pendidikan karakter anak

Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk kepribadian anak. Apalagi di usia yang masih belia. Mereka memerlukan pendidikan yang baik agar semakin mampu bertumbuh menjadi anak yang berkarakter baik dan berhati mulia. (Baca juga: Kiat Menjadi Orang Tua yang Sukses Membangun Karakter Anak“)

  1. Sesuai dengan kurikulum pemerintah

Walaupun banyak sekolah yang menggunakan kurikulum sendiri, dan bahkan kurikulum dari luar negeri, bila anak nantinya akan sekolah di Indonesia, sebaiknya pilih sekolah yang juga mengikuti kurikulum di Indonesia. Sehingga akan memudahkan anak dalam memahami anak materi pelajaran yang akan diajarkan saat mereka menginjak bangku Sekolah Dasar.

  1. Kesesuaian jumlah murid dan guru

Standar jumlah guru dan siswa adalah satu banding lima. Jumlah guru akan sangat mempengaruhi perkembangan anak, baik dari segi karakter maupun ketrampilan, mengingat anak-anak masih membutuhkan bantuan dalam melakukan banyak hal.

  1. Menyediakan fasilitas kelas percobaan atau “free trial”

Kelas percobaan adalah suatu kelas (biasanya gratis) yang diberikan kepada calon peserta didik untuk bisa melihat-lihat situasi kelas dan sekolah, dan bahkan bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelajaran di kelas. Anak-anak akan diajak mengenal semua ruang kelas, para guru, staff, dan lainnya.

  1. Waktu belajar
Baca Juga:   6 Cara Menjaga Konsentrasi Anak PAUD Saat Guru Mengajar

Pilih waktu belajar yang menyenangkan buat anak Anda. Jika anak Anda bisa bangun pagi dan mood nya baik di pagi hari, Anda bisa memasukkan anak ke sekolah pagi. Sebaliknya, jika anak susah bangun pagi, sebaiknya pilih sekolah dengan jadwal yang lebih siang.

  1. Reputasi baik

Sebelum benar-benar memasrahkan anak pada suatu sekolah, orang tua perlu menanyakan kualitas pendidikan, kualitas pengajar, tingkat keamanan, dan lainnya, kepada teman atau kerabat yang anaknya bersekolah di PAUD tersebut. (Baca juga: “Macam Aktivitas Pengenalan Sekolah Yang Seru dan Menyenangkan)

Bagaimana pun orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi buah hatinya. Maka alangkah lebih baik bila orang tua memperhatikan hal di atas agar anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang baik, sehingga bisa bertumbuh secara maksimal.

Ups…Jangan lupa, pilih juga PAUD yang memanfaatkan media-media menyenangkan sebagai sarana belajar. Contohnya adalah dengan media dongeng dan lagu anak. Berikut ini adalah dongeng dan lagu anak yang keren dan edukatif. Silakan download aplikasi dongeng  dan lagu anak ini dengan meng-klik judul-judul dongeng di bawah ini:

Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGAKPbanner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud– Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupaCerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsasumber gambar: Kuwarasanku.blogspot.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...