Aktivitas Menyenangkan Anak Dan Manfaatnya. Penting Untuk Guru dan Ortu!

Rabu, 28 Desember 2016 11:29 WIB | dibaca : 3230 | dibagikan :

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama anak. Namun akan lebih baik bila Anda memahami apa manfaat aktivitas tersebut dan manfaatnya, sehingga dengan variasi aktivitas yang anak-anak lakukan, anak-anak pun akan semakin banyak belajar. Berikut ini adalah aktivitas-aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak tersebut dan ragam manfaatnya menurut Kak Zepe.

  1. Mengambil dan meraba benda

Masukkan beberapa benda berukuran sama ke dalam sebuah kantong. Benda-benda tersebut bisa berupa pensil, penghapus, rautan, spidol, dan lainnya. Lalu mintalah anak untuk mengambil sebuah benda sesuai dengan yang kita minta. Saat anak meraba dan mengambil benda yang kita tentukan, maka anak telah belajar melatih motorik halus mereka. Hal ini akan sangat berguna untuk meningkatkan ketrampilan anak dalam menulis atau memegang pensil.

  1. Menyusun puzzle

Aktivitas ini perlu dilakukan dengan ketenangan. Anak-anak akan cenderung duduk diam dan mengamati setiap gambar puzzle yang terpisah-pisah. Aktivitas ini bermafaat untuk melatih daya konsentrasi anak. Dengan konsentrasi yang baik, maka anak pun akan semakin mampu memperhatikan penjelasan guru dengan baik dan lebih tenang dalam bersikap. Bila Anda membutuhkan mainan Puzzle dengan aneka tema, Anda tidak perlu membelinya di toko-toko. Anda bisa DOWNLOAD GRATIS aplikasi dengan juudl “MARBEL JIGSAW PUZZLE KREATIF” dengan klik DOWNLOAD GRATIS MARBEL JIGSAW PUZZLE KREATIF”banner-marbel-puzzle

  1. Aktivitas bercerita dan mendengarkan lagu

Aktivitas ini bisa dilakukan dengan cara menceritakan pengalaman hidup sehari-hari yang telah dilalui (misalnya aktivitas saat liburan), menceritakan ulang cerita yang telah diceritakan oleh guru, maupun bercerita dengan bantuan gambar. Aktivitas ini bermanfaat untuk melatih ketrampilan berbahasa anak. Karena dengan aktivitas ini kemampuan anak berbicara pun akan meningkat, kosakata mereka akan bertambah, kepercayaan diri mereka akan meningkat, dan manfaat lainnya. Aktivitas yang kedua adalah aktivitas mendengarkan lagu. Dengan aktivitas ini anak-anak bisa belajar banyak hal melalui lirik lagu anak serta dapat menambah kosa kata baru kepada anak.  Di Zaman sekarang tentu tidak mudah menemukan lagu anak yang ramah Anak. Anda bisa DOWNLOAD GRATIS aplikasi lagu anak karya Kak Zepe dengan klik “KOLAK KAK ZEPE vol 1” atau “KOLAK KAK ZEPE vol 2”

  1. Gerakan-gerakan melatih motorik kasar
Baca Juga:   Mengenalkan Benda dan Warna Dengan Lagu Anak

Aktivitas ini bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik kasar anak, terutama motorik kasar bagian kaki. Agar bagian tubuh lain juga terlatih, maka perlu dilatih juga agar tubuh melakukan gerakan bertepuk tangan, mengangkat benda berat, memutar badan, membungkukkan badan, dan lainnya. Aktivitas untuk melatih motorik kasar akan lebih menyenangkan bila dilakukan dengan cara melakukan senam atau gerak dan lagu. Kalau aktivitas-aktivitas untuk menstimulasi motorik halus anak ada di halaman ini.

  1. Memainkan musik

Ada banyak mainan yang berhubungan dengan musik atau alat musik, yaitu gamelan, pianika, piano, dan mainan-mainan lain yang menghasilkan suara. Mainan ini bermanfaat untuk melatih memori anak. Selain itu dengan memainkan alat musik, maka kemampuan otak kanan dan otak kiri anak pun menjadi seimbang. Hal ini sangat penting bagi anak dalam menguasai setiap pelajaran di sekolah. Ada juga lho aplikasi yang mengajarkan pengenalan kepada anak tentang aneka alat musik. Aplikasi ini berjudul “MARBEL MUSIK”. Silakan download GRATIS dengan klik MARBEL MUSIK. Dengan semakin mengenal berbagai alat musik, semoga anak-anak semakin mencintai permainan musik.

marbel-musik-kak-zepe-lagu-anka-kak-zepe-dunia-belajar-anak-paud

  1. Memainkan bola

Aktivitas yang berhubungan dengan bola, biasanya adalah aktivitas yang dilakukan oleh tim atau lebih dari satu anak. Maka aktivitas ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak, karena dengan beraktivitas bersama anak-anak akan semakin akrab satu sama lain dan mereka pun akan terbiasa melakukan komunikasi satu sama lain dalam suasana yang santai.

Mungkin masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan oleh anak-anak PAUD, dengan beragam manfaatnya. Namun setidaknya dengan memahami manfaat dari setiap aktivitas di atas, Anda juga akan semakin memahami pentingnya melakukan variasi aktivitas, terutama di dalam kegiatan pembelajaran. Semakin kaya akan aktivitas yang dilakukan oleh anak, maka anak pun akan semakin terlatih dalam banyak hal.

sumber gambar: beritakaltara.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...