jemput-anak-ke-sekolah-penting-kak-zepe-lagu-anak

Sisi Positif Mengantar dan Menjemput Anak Di Sekolah

Jumat, 23 Desember 2016 15:33 WIB | dibaca : 986 | dibagikan :

Salah satu faktor keberhasilan anak di dalam studi adalah dukungan dari orang tua. Bahkan bisa dikatakan bahwa tanpa dukungan dari orang tua, anak-anak tidak akan memiliki semangat belajar. Salah satu cara memotivasi anak agar semangat belajar di sekolah adalah dengan mangantar dan menjemput anak-anak di sekolah. Hal ini sangat penting bagi anak-anak yang bersekolah di PAUD atau SD kelas 1-3. Mengapa?

  1. Mempererat tali kasih orang tua dan anak

Bisa bersalaman dengan orang tua dan bisa mendapat kecupan di kening dari orang tua bisa membangkitkan semangat tersendiri bagi anak. “Awali hari dengan indah, agar sepanjang hari terasa begitu indah” , itulah ungkapan yang cocok apabila orang tua bisa menemani anak berangkat sekolah. Pasti anak akan merasakan kebahagiaan sepanjang hari.

Ada cara lain untuk mempererat hubungan kedekatan orang tua dan anak, yaitu dengan melakukan aktivitas secara bersama. Salah satu aktivitas yang paling menarik di zaman sekarang adalah bermain game bersama. Sebuah game yang populer, gratis, dan menyenangkan bisa Anda dapatkan di sini. 

  1. Menjalin komunikasi dengan guru

Di depan pintu masuk sekolah, biasanya guru-guru sudah berdiri menyambut kehadiran siswa. Biasanya guru-guru yang menyambut siswa di depan pintu sekolah adalah guru-guru yang sedang mendapat jatah piket. Orang tua bisa menyapa guru yang sedang bertugas di sana. Dengan menyapa guru, jalinan komunikasi antara guru dan orang tua pun akan semakin erat. Bila ada masukan untuk guru, pendidikan anak, atau pun sekolah, orang tua bisa mengungkapkannya.

  1. Mencegah terjadinya kriminalitas

Dengan mengantar anak ke sekolah, maka orang tua semakin yakin akan keselamatan anaknya. Berbeda bila melepas anaknya dari rumah. Meski jarak antara rumah dan sekolah cukup dekat, pasti ada kekhawatiran tersendiri di hati orang tua. Mengingat makin meningginya angka kriminalitas. Anak-anak pun akan lebih merasa aman berangkat bersama dengan orang tua. Begitu pula pada saat anak dijemput orang tua sepulang sekolah. Guru-guru pun akan merasa lebih tenang bila orang tua sendiri yang menjemput anaknya. Karena banyak kasus anak dijemput orang asing, ternyata yang menjemput adalah pelaku kejahatan.

  1. Mendapatkan berita seputar sekolah secara tepat dan cepat

Ada kalanya anak-anak mendapatkan pengumuman penting dari guru. Kadang apa yang tersampaikan kepada orang tua bisa berbeda. Karena terkadang anak-anak kurang fokus mendengarkan pengumuman dari guru. Bila orang tua bisa hadir pada saat mengantar dan menjemput anak, orang tua bisa bertanya banyak hal seputar berita di sekolah. Misalnya, besok ada upacara bendera atau tidak, kapan akan diadakan ujian semester, dan berita lainnya.

  1. Bila anak bermasalah, cepat mendapatkan penanganan

Sering terjadi, saat anak berada di rumah (sepulang sekolah), orang tua memeriksa keadaan anaknya. Ternyata terdapat luka lecet di bagian kakinya. Orang tua tentu penasaran tentang apa yang baru saja terjadi pada anaknya. Namun karena orang tua menemukan masalah ini saat berada di rumah, tentu saja penanganannya akan lebih rumit. Karena bisa terjadi guru kelas sudah pulang, sudah istirahat di rumah, atau sudah melakukan kesibukan lainnya. Hal ini akan mudah ditemukan penyelesaiannya bila orang tua datang menjemput anaknya. Sehingga apa pun yang terjadi pada diri anaknya, orang tua bisa langsung menanyakannya pada guru kelas. Jadi bila orang tua ingin tau kepastian keadaan anaknya sepulang sekolah, sebaiknya orang tua yang menjemput anaknya. Sehingga bila terjadi apa-apa pada diri anak, orang tua bisa cepat melakukan tindakan dengan bertanya pada guru kelas.

Komunikasi yang baik akan menjalin kerja sama yang baik antara guru dan orang tua. Kerja sama yang baik antara guru dan orang tua akan membuat prestasi anak semakin meningkat, karena segala apa pun yang menjadi permasalahan anak akan mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan tepat.

Untuk mempererat kedekatan anak dan orang tua, Anda bisa mengajak anak bermain game bersama. Saat bermain bersama, anak-anak tidak hanya akan merasa senang, orang tua pun mendapatkan kesempatan untuk mencurahkan kasih sayangnya. Inilah beberapa permainan yang cocok dimainkan bersama anak dan orang tua yang bisa didownload GRATIS. Silakan klik judulnya untuk mendownload.

– GAME KELUARGA: ULAR TANGGA
banner-ular-tangga– GAME KELUARGA: BERMAIN LUDO banner-ludo-deluxe– GAME KELUARGA : ANIMAL DRESS UPbanner-animals-dress-upsumber gambar: www.bianglala-kindy-playgroup.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...