8 Aktivitas Untuk Memdekatkan Hubungan Batin Anak dan Orang Tua

Sabtu, 24 Desember 2016 15:52 WIB | dibaca : 1319 | dibagikan :

Karena kesibukan, banyak anak tidak merasakan kedekatan dengan orang tuanya. Salah satu cirinya adalah kekurangpatuhan anak kepada orang tuanya. Banyak orang tua masalah menyalahkan anak saat mengalami hal seperti ini. Mereka tidak dar bahwa anak-anak sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Agar ada kedekatan antara orang tua dan anak, maka anak-anak membutuhkan aktivitas bersama orang tua. Aktivitas ini bukanlah aktivitas yang diadakan secara khusus, namun aktivitas yang bisa dilakukan dalam hidup sehari-hari. Apa saja itu?

  1. Memasak bersama

Selain mendekatkan hubungan orang tua dan anak, aktivitas ini juga mengajarkan kepada anak untuk hidup sehat dan hemat. Karena bagaimana pun masakan yang dibuat sendiri adalah masakan yang sehat dan biayanya pun lebih hemat. Secara kognitif, anak-anak juga akan belajar membaca dan mengenal angka saat mereka membantu membaca resep masakan. (Baca juga: Ajak Buah Hati Anda Bermain Bersama, Penting Banget Lho…)

  1. Berolahraga bersama

Dengan berolahraga, anak-anak belajar tentang pentingnya menjaga kebugaran tubuh. Kebugaran tubuh akan membuat anak semakin bersemangat dalam bermain dan belajar, serta memiliki hati yang selalu ceria.

  1. Berbelanja di supermarket

Saat anak membaca daftar belanja yang Anda buat, anak belajar mengenal berbagai macam kosakata baru, mengenal angka, dan tentunya memperlancar kemampuan membaca.

  1. Makan malam bersama

Makan malam adalah saat di mana sebuah keluarga berkumpul dalam suasana yang santai. Sehingga saat inilah saat yang tepat untuk bercerita tentang pengalaman tentang segala aktivitas yang telah dilakukan di pagi, siang, dan sore hari. Hal ini dapat membuat anak semakin terbuka kepada Anda, sehingga saat anak berada dalam masalah, Anda pun akan dengan cepat mencarikan jalan dalam menyelesaikannya.

  1. Meninabobokkan anak

Meninabobokkan anak bisa dengan media dongeng, bernyanyi, dan berdoa. Atau bila anak sudah tertidur, Anda cukup mencium kening anak atau membisikkan doa kepada anak, misalnya “Semoga bermimpi indah” dan harapan-harapan lainnya.

Salah satu cara meninabobokan anak adalah dengan menyanyikan lagu anak sebelum tidur. Agar orang tua semakin banyak memiliki perbendaharaan lagu anak yang ramah anak, edukatif, dan variatis, orang tua bisa mendapatkannya secara gratis di Google PlayStore. Album lagu anak ini berjudul LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD.”banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud

  1. Membaca buku bersama

Hal ini sangat penting dilakukan agar anak-anak semakin mencintai aktivitas membaca buku. Tidak semua anak gemar membaca buku, karena mereka lebih suka bermain dengan bergerak. Bila buah hati Anda belum bisa membaca, mungkin salah satu penyebabnya adalah anak kurang suka aktivitas membaca. Dan bisa ditarik benang merah juga karena Anda kurang meluangkan waktu untuk membaca buku bersama anak.

  1. Bermain bersama
Baca Juga:   Agar Anak Mampu Menumbuhkan Motivasi Diri

Salah satu kegemaran favorit anak adalah bermain. Dengan bermain anak-anak akan banyak belajar. Bila anak bermain bersama Anda, orang tua, maka anak-anak akan semakin banyak belajar. Karena saat mereka mengalami ketidaktahuan akan sesuatu, mereka memiliki kesempatan bertanya dan langsung mendapatkan jawaban Anda.

Salah satu manfaat bermain bagi anak adalah menstimulasi kecerdasan otak kanan anak. Aktivitas-aktivitas yang bisa memacu kecerdasan otak kanan anak ada di dalam portal ini.

  1. Mengerjakan PR dan Mengulang pelajaran di sekolah bersama

Anak-anak memang perlu belajar tentang kemandirian. Namun di sisi lain, anak-anak juga memerlukan sosok yang mampu membantu saat mereka ada di dalam kesulitan, terutama saat mereka mengalami kesulitan dalam suatu materi pelajaran tertentu. Anda perlu menemani anak belajar, agar mereka tidak bingung sendiri atau malah stres karena merasa tidak ada yang membantu saat mereka kesulitan dalam suatu materi pelajaran tertentu.

Jalinan kasih sayang antara orang tua dan anak sangat perlu dijaga agar terjadi keterbukaan di tengah keluarga dan kemudahan dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan antara orang tua dan anak, terutama saat mereka beranjak dewasa. Kedekatan antara orang tua dan anak perlu dipupuk setiap hari. Agar kedekatan anak dan orangtua bisa terjalin dengan baik, maka mereka perlu tekun melakukan aktivitas secara bersama. Kebersamaan inilah yang nantinya bisa membuat anak merasa nyaman, suasana hati selalu ceria, sehingga anak menjadi nyaman saat belajar dan melakukan aktivitas lainnya, termasuk dalam hal bersosialisasi. Educa Studio telah merilis sebuah permainan yang bisa dimainkan oleh orang tua dan anak. Saat memainkan permainan ini, orang tua bisa menjadi “lawan” main anak. Permainan ini bernama “ULAR TANGGA INDONESIA”. Orang tua dan anak bisa bermain bersama dengan permainan ini. DOWNLOAD GRATIS permainan ini dengan klik gambar di bawah ini: ULAR TANGGA INDONESIA
banner-ular-tangga

Game Ular Tangga, menjadi salah satu game klasik terbaik yang bisa menjaga “Quality Time” keluarga. Permainannya memang terbilang SEDERHANA, mengandalkan KEBERUNTUNGAN, namun ketika kita sudah bermain bersama-sama, kita bisa ketagihan. Salah satunya adalah game ULAR TANGGA INDONESIA ini.

Jika tidak setiap anggota keluarga memiliki gadget, bisa bermain bersama-sama dalam 1 perangkat. Atau jika setiap anggota keluarga memiliki gadget, cukup hidupkan koneksi Bluetooth untuk bermain bersama-sama di perangkat masing-masing.

sumber gambar: sgpc.floriana.skola.edu.mt

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...