Menulis Cerita Bisa Menstimulasi Kecerdasan Anak

Kamis, 1 Desember 2016 23:40 WIB | dibaca : 600 | dibagikan :

Imajinasi dapat membuat seseorang memiliki visi yang jauh ke depan, dan bahkan lebih dari apa yang dipikirkan orang yang malas berimajinasi. Anak-anak terlahir dengan imajinasi yang sangat tinggi. Kemampuan berimajinasi anak ini dimiliki anak agar anak terpacu untuk belajar lebih jauh. Imajinasi sangat erat kaitannya dengan rasa ingin tahu. Imajinasi adalah wujud maya dari rasa ingin tahu anak. Misalnya anak yang ingin terbang dengan sayap. Ia ingin tahu caranya. Maka ia berimajinasi memiliki sayap di punggungnya. Ia juga akan memiliki rasa ingin tahu tentang bagaimana caranya agar bisa memilki sayap yang bisa menerbangkan dirimya. Jadi bukan hal yang perlu dikhawatirkan juga bila saat ini buah hati Anda memiliki hobi berimajinasi.

Anak-anak yang gemar berimajinasi gemar mengekspresikan hasil imajinasi mereka dalam berbagai bentuk. Bisa dalam bentuk gambar, cerita, atau hanya sekedar berbicara sendiri. Anak-anak yang sudah piawai dalam menulis, biasanya akan menuliskan apa yang menjadi imajinasi mereka. Hal ini akan sangat membantu merilekskan tubuh mereka karena segala pikiran dan emosi mereka tersalurkan atau terungkap dalam bentuk tulisan.  (Download Gratis Aplikasi Belajar Menulis)

Ada banyak cara agar anak-anak gemar menulis, Misalnya:

– Membiarkan anak mencoret-coret buku mereka, baik buku tulis, maupun buku cerita. Anda juga bisa memberikan sang buah hati hadiah sebuah buku diary.

– Meminta anak untuk menuliskan keseharian mereka, dan apa pun perasaan mereka. Agar anak semakin tumbuh menjadi pribadi yang kritis,

– Memberikan anak buku bacaan yang mereka gemari, lalu ajak anak untuk mendiskusikan isi bacaan yang dia baca. Setelah itu Anda bisa meminta anak menulis ulang isi cerita pada selembar kertas.

– Mengajak anak kuti acara lomba menulis, sehingga anak terpacu untuk memiliki jiwa yang kompetitif.

– Membiarkan anak membaca dongeng fiktif, dan saat anak mulai berimajinasi tentang tokoh-tokoh dongeng yang mereka baca, Anda tidak boleh melarangnya.

Sebagai orang tua, yang terpenting Anda lakukan adalah agar tidak membatasi imajianasi anak. Biarkan imajinasi anak berkembang secara alami, dan tentu saja dengan dukungan orang tua. Dukungan dari dari orang tua akan memacu anak untuk terus maju dan memperoleh keberhasilannya. Beberapa contoh dukungannya adalah dengan memberikan kesempatan kepada anak mengikuti lomba yang sesuai dengan bakat dan minatnya atau memberikan kesempatan kepada anak untuk bergabung dalam kursus atau sekolah tambahan yang sesuai dengan bakat dan minat anak. Jangan lupa pula untuk memberikan pendampingn pada anak, agar anak semakin termotivasi untuk meraih cita-cita sesuai dengan keinginan hati mereka.

Agar anak-anak memiliki banyak inspirasi dalam menulis cerita, anak-anak juga perlu membaca banyak cerita atau dongeng anak. Di era digital ini banyak dongeng yang bisa didapatkan secara GRATIS dalam bentuk Aplikasi.

Agar anak-anak pandai menulis cerita, anak-anak membutuhkan imajinasi yang tinggi. Agar anak memiliki daya imajinasi yang semakin hebat, anak-anak perlu belajar berimajinasi lewat lagu atau pun dongeng anak. Educa Studio telah merilis aneka cerita atau dongeng anak serta lagu anak yang menarik dan dibuat khusus sebagai sarana mengajarkan pendidikan karakter pada anak. Silakan download gratis lagu dan dongeng anak karya Educa Studio di bawah ini:

– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
–  Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam– Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsaSumber gambar: http://nspt4kids.com

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...