Tips Agar Anak Cerdas Inteligensi dan Cerdas Mengelola Emosi

Jumat, 23 Desember 2016 18:12 WIB | dibaca : 1192 | dibagikan :

Memiliki anak cerdas tentu menjadi dambaan orang tua. Banyak anak memiliki kecerdasan yang baik, sehingga secara kognitif mereka terlihat sangat unggul, namun secara emosi mereka kurang bisa mengontrol diri. Sehingga saat anak sedang berada di dalam masalah, anak menjadi mudah down dan sulit untuk bangkit. Ada juga anak yang terlihat pandai di kelas, namun mudah marah dan sulit mengontrol emosinya. Berikut ini adalah beberapa tips dari Kak Zepe:

  1. Atur pola makan dan rutin berolahraga

Anak-anak yang cerdas biasanya memiliki tubuh yang sehat. Hal ini disebabkan oleh karena pola makan yang baik sejak dini. Menu makanan yang sehat dan menghindari terlambat makan, bisa menjadikan anak terlihat lebih sehat dan segar, sehingga kecerdasan mereka pun mudah mengalami peningkatan.

  1. Pentingnya keharmonisan dalam keluarga

Agar anak bisa merasakan kedamaian dan kehangatan di rumah, orang tua perlu menjaga keharmonisan di dalam keluarga. Bila terjadi perselisihan antara suami dan istri, sangat disarankan tidak dilakukan di depan anak, apalagi bila anda dan pasangan belum mampu mengontrol emosi dengan baik, sehingga keluar kata-kata kasar dan nada suara yang tinggi. Hal ini bisa memberikan efek traumatis pada diri anak, sehingga anak akan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi terutama saat belajar, baik di sekolah maupun di rumah. (Baca juga: Tenangkah Hati Anda Saat Menasihati Anak)

Keharmonisan di sebuah keluarga bisa tercipta bila komunikasi antar anggota keluarga terjalin dengan baik. Jalinan komunikasi yang baik sangat dipengaruhi oleh rutinitas dalam melakukan aktivitas secara bersama. Aktivitas bersama yang paling digemari oleh anak-anak zaman sekarang adalah aktivitas dengan menggunakan sarana gadget. Ada sebuah aplikasi game yang menyenangkan, gratis, dan sangat populer, aplikasi ini berjudul “FAMILY GAME – ULAR TANGGA INDONESIA
banner-ular-tangga

  1. Jauhi makanan yang tidak sehat

Di sekitar kita, banyak dijual makanan yang tidak sehat. Hindarilah makanan yang banyak mengandung penyedap rasa, pewarna makanan, dan pengawet yang banyak mengandung bahan kimia. Makanan-makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan keterlambatan perkembangan otak dan gangguan konsentrasi anak saat belajar.

  1. Jaga kedekatan orang tua dan anak

Agar terjalin hubungan yang erat antara orang tua dan anak, maka orang tua perlu menjaga kedekatan dengan anak. Berikanlah waktu khusus untuk anak agar bisa berkomunikasi, bermain, belajar, dan aktivitas lainnya, sehingga hubungan kasih sayang antara Anda dan sang buah hati tetap terjaga. Jalinan kasih sayang antara orang tua dan anak sangat perlu dijaga agar terjadi keterbukaan di tengah keluarga dan kemudahan dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan antara orang tua dan anak, terutama saat mereka beranjak dewasa.

  1. Bermainlah bersama anak

Dengan bermain bersama anak, Anda akan bisa mengamati tingkah laku, cara berkomunikasi, dan segala talenta anak. Dengan demikian, Anda pun akan semakin mampu memahami dan mengembangkan talenta yang dimiliki anak. Semakin dini orang tua memahami dan mengembangkan talenta anak, maka talenta anak pun akan semakin cepat bertumbuh seiring dengan pertumbuhan usianya. (Baca juga: Pentingnya Aktivitas Bersama Anak dan Mama)

  1. Sabar dalam menanggapi pertanyaan dan pernyataan anak
Baca Juga:   Tips Menciptakan Pembelajaran yang Interaktif dan Komunikatif - Bagian 1

Anak-anak terkadang menanyakan hal-hal yang tidak penting. Namun bila kita menjawab pertanyaan itu dengan penuh kesabaran, maka anak akan semakin terpacu untuk belajar. Karena dengan pertanyaan-pertanyaan yang anak ajukan, anak akan memahami banyak hal yang baru dan belum mereka pahami sebelumnya. Berikan pula tanggapan saat anak bercerita atau mengungkapkan sesuatu, sehingga anak akan semakin percaya diri dalam mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran mereka, sehingga pengetahuan anak pun akan semakin luas.

  1. Jauhkan dari hiburan yang tidak sehat

Di zaman teknologi yang semakin canggih, anak-anak pun mendapatkan banyak pilihan hiburan. Namun tidak semua hiburan anak mengandung nilai-nilai yang baik dan layak dikonsumsi oleh anak. Alangkah bijaksananya bila orangtua selalu mendampingi dan membimbing anak dalam memilih hiburan yang sehat dalam bentuk tontonan televisi, video game, dan berbagai macam hiburan berteknologi canggih lainnya. Karena bila sejak dini anak-anak sudah terbiasa dengan konten-konten yang berbau kekerasan, pornografi, dan konten tidak pantas lainnya, maka anak bisa mengalami gangguan dalam hal kepribadian maupun pola pikir mereka.

  1. Manfaat musik bagi kecerdasan

Ajaklah anak untuk mendengarkan musik yang lembut, misalnya musik klasik. Musik klasik dipercaya dapat memacu perkembangan otak anak. Selain mendengarkan musik, ajaklah anak untuk bisa memainkan alat musik, misalnya piano atau gitar. Dengan memainkan alat musik, otak kanan dan otak kiri anak bisa berkembang secara seimbang, sehingga kecerdasan anak pun akan berkembang secara inteligensi maupun emosi.

Keberadaan musik di dalam dunia anak memang sangat penting. Oleh karenanya orang tua atau pun pendidik perlu memperkaya perbendaharaan lagu anak. Educa Studio telah merilis sebuah aplikais menarik buat anak. Aplikasi ini berjudul “LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD”. Aplikasi ini memuat lagu anak yang disusun secara tematik dan memuat konten yang edukatif.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua, agar Anda memiliki anak yang cerdas secara emosi maupun intelegensi. Bagaimana pun perhatian dan kasih sayang orang tua adalah hal yang utama. Karena dengan adanya perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya, maka anak pun akan semakin bersemangat dalam mengembangkan diri tanpa ada rasa takut, khawatir, dan kegelisahan. Karena perhatian dan kasih sayang akan memberikan efek kebahagiaan, dan kebahagiaan akan membuat otak anak mudah menerima pengetahuan yang baru.

Ada banyak cara untuk belajar, terutama agar anak memiliki kecerdasan inteligensi dan karakter yang seimbang. Tentunya media pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan sangat dibutuhkan. Diantaranya adalah dengan media lagu dan dongeng anak. Silakan download aplikasi dongeng  dan lagu anak ini dengan meng-klik judul-judul dongeng di bawah ini:

– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
– Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam– Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsasumber gambar: paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id

 

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...