Tips Memperagakan Gerak dan Lagu di PAUD

Kamis, 15 Desember 2016 17:46 WIB | dibaca : 14322 | dibagikan :

Gerak dan lagu adalah sarana yang menyenangkan bagi anak-anak untuk olahraga atau bersenam. Karena dengan gerak dan lagu, anak-anak bisa bergerak sambil mendengarkan musik. Ini berarti bahwa anak-anak bisa merasakan keceriaan, sambil menggerakkan tubuh mereka atau berolahraga atau bersenam. Agar gerak dan lagu bisa diikuti oleh anak-anak dengan mudah, tentu saja pendidik perlu mempertimbangkan beberapa hal. Berikut ini adalah tips dari Kak Zepe:


Baca juga:
1. “Belajar Berhitung Menjadi Lebih Menyenangkan Dengan Lagu Anak”

2. “Misi Pendidikan dan #SaveLaguAnak Dalam Album Lagu Anak Tematik TK dan PAUD”


  1. Kuasai lagu sebelum mengajarkannya

Penguasaan lagu oleh pendidik sangatlah penting. Sebelum mengajarkan suatu gerak dan lagu, akan lebih baik bila pendidik menguasai lagu yang akan diajarkan. Hal ini akan memudahkan siswa dalam menguasai lagu. Karean pendidik yang sudah menguasai lagu dan gerakannya akan lebih mampu mengajar dengan fasih. Pastikan pendidik sudah hafal gerakan-gerakan di dalam setiap penggalan lagu, sehingga gerakan yang diajarkan bukanlah asal-asalan, melainkan sudah tetap dan siap diajarkan kepada anak didik.

  1. Pilih lagu yang tidak asing bagi anak (familiar)

Lagu yang sudah akrab dan tidak asing bagi anak-anak akan memudahkan anak-anak untuk menghafalkan lagunya. Lagu yang familiar juga membantu anak dalam menyukai aktivitas ini. Biasanya lagu-lagu yang sudah familiar adalah lagu-lagu yang sudah sering diputar di radio maupun televisi. Bila lagu yang kita ajarkan adalah lagu baru, alangkah lebih baik bila kita memperdengarkan kepada anak-anak didik setiap hari di waktu-waktu senggang mereka, misalnya sebelum pelajaran dimulai atau di jam istirahat.

  1. Pilih gerakan yang sederhana

Beberapa gerak dan lagu memang khusus diciptakan sebagai media pertunjukkan. Namun pendidik perlu memberikan gerakan yang sederhana saja, dan sesuai dengan usia anak. Jangan memberikan gerakan yang terlalu rumit dan membingungkan. Karena gerakan-gerakan yang terlalu sulit bukan memberikan efek hiburan bagi anak, namun justru bisa membuat anak menjadi stres, apalagi bagi mereka yang tidak menyukai hal-hal yang berhubungan dengan tarian.

  1. Hindari gerakan yang kurang pantas

Pilih gerakan yang aman bagi anak. Jangan memberikan gerakan yang terlalu erotis. Misalnya gerakan menggoyangkan pinggul, menjulurkan lidah, dan lainnya. Karena

  1. Lirik dan nada yang tidak sesuai

Ada beberapa kriteria lagu-lagu yang tidak sesuai untuk diajarkan pada anak-anak usia dini. Kriteria lagu tersebut adalah:

  • Nada atau irama terlalu keras: lagu-lagu ini biasanya diaransemen dengan gaya musik rock yang cadas. Lagu ini perlu dihindari agar anak-anak bisa lebih mudah terkontrol. Karena dengan memperdengarkan apalagi memperagakan lagu-lagu rock, anak-anak akan terpengaruh sisi “liar” dari lagu-lagu ini
  • Liriknya kurang pas: bila berbicara tentang lirik lagu, tentu saja berhubungan dengan kata-kata yang terdapat dalam lagu. Kita perlu menghindari lagu-lagu yang berlirik saru dan berisi kata-kata yang kasar.
  1. Rekam hasil latihan mereka
Baca Juga:   Agar Anak Selalu Ceria dan Tidak Mudah "Stres"

Dengan merekam hasil latihan anak-anak didik saat melakukan gerak dan lagu, maka pendidik bisa mengamati hasil latihan anak-anak didik. Sehingga pendidik bisa memberikan masukan yang membangun kepada anak-anak didiknya. Dan bila hasil latihan sudah bagus, pendidik bisa menampilkannya melalui proyektor.

  1. Tidak memperhatikan formasi

Formasi sangat erat hubungannya dengan posisi. Hal ini sangat penting bila kita hendak memakai gerak dan lagu di suatu pentas seni. Formasi yang biasa dipakai adalah formasi tinggi-pendek-tinggi. Maksudnya adalah menempatkan posisi siswa yang tinggi pada bagi paling samping kanan dan kiri, dilanjutkan dengan siswa yang lebih pendek dan lebih pendek lagi. Siswa yang paling pendek berada di posisi yang paling tengah. Selain itu perlu diperhatikan pula jarak antara siswa. Biasanya jaraknya diambil dengan cara merentangkan tangan. Setiap anggota tidak boleh saling menyentuh tangan satu sama lain.

Bagaimana pun, aktivitas gerak dan lagu adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak didik. Karena dengan aktivitas ini mereka bisa bergerak sambil mendengarkan lagu. Akan lebih baik lagi bila lagu yang diajarkan mengandung nilai-nilai edukatif, sehingga bisa memperkaya pengetahuan anak. Semoga dengan tips dari Kak Zepe, para pendidik di seluruh Indonesia bisa semakin memberikan keceriaan kepada anak-anak Indonesia dan memberikan ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan.

Keberadaan lagu anak bagi seorang pendidik memang sangat penting. Oleh karena itu, seorang pendidik harus memiliki banyak perbendaharaan lagu anak, terutama lagu anak yang memiliki nilai edukatif. Selain sebagai media memperagakan gerak dan lagu, tentu saja lagu anak juga bisa dipakai sebagai media pengajaran suatu materi pembelajaran. Kak Andi Taru, bersama Kak Zepe, telah merilis sebuah aplikasi menarik yang berjudul “LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD”. Di dalam aplikasi ini, kita bisa memilih bermacam-macam lagu anak yang sudah dikelompokkan berdasarkan tema, sehingga para pendidik tidak lagi kesulitan menemukan lagu anak sesuai dengan tema pembelajaran. Silakan DOWNLOAD GRATIS aplikasi ini, dengan klik gambar di bawah ini:

Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – Karya Kak Zepe

banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paudSebelumnya, Educa Studio telah merilis aplikasi lagu anak karya Kak Zepe juga, dengan judul di bawah ini (silakan DOWNLOAD GRATIS dengan mengklik judulnya):
Kolak Kak Zepe Vol 2

banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2

Kolak Kak Zepe Vol 1

banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol1
Sumber gambar: ictdindikkabupatenmadiun.files.wordpress.com

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...