Tumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak Dengan Cara ini

Kamis, 15 Desember 2016 14:53 WIB | dibaca : 4549 | dibagikan :

Anak usia dini sudah layak diajarkan mengenai sikap bertanggung jawab. Sikap ini sangat penting mengingat bahwa sikap ini akan dibawa hingga kelak anak menjadi orang dewasa. Sikap bertanggung jawab memungkinkan seseorang untuk bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik dan berusaha tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain, terutama karena alasan tidak nyaman, tidak suka karena seseorang, dan kondisi yang tidak mengenakkan lainnya. Di bawah ini adalah beberapa contoh latihan kecil, agar anak bisa berlatih menjadi pribadi yang bertanggung jawab dari Kak Zepe.

  1. Memberikan pengertian tanggung jawab

Agar anak-anak semakin paham arti tanggung jawab, maka tugas pertama kita adalah memberikan pengertian tanggung jawab kepada anak. Tanggung jawab juga merupakan sikap di mana kita harus konsekuen dengan apa yang telah dipercayakan pada kita. Kita dapat menyampaikan pengertian-pengertian tersebut dengan bahasa yang sekiranya dimengerti oleh anak-anak kita.Selain itu, pengertian-pengertian tersebut akan lebih mudah dipahami oleh anak-anak kita jika disertai dengan contoh atau praktik langsung.

  1. Mengajarkan anak di saat yang tepat

Ada kalanya anak mengalami situasi yang tidak mudah, misalnya mendapatkan tugas yang sulit dari guru. Sebagai orang tua, anda tidak boleh langsung mengajarinya, apalagi mengambil alih tugas anak untuk dikerjakan orang tua. Biarkan mereka merasakan berada di situasi yang sulit, dan tugas orang tua adalah membimbing, mengarahkan, serta menyemangati.

  1. Belajar mengelola keuangan

Berikan ia uang saku selama 1 minggu. Biarkan ia mengelola uangnya sendiri, mengatur uang jajan nya sendiri, dan berapa jumlah uang yang harus ditabung. Bila uang habis sebelum 1 minggu, orang tua tidak perlu memberikan tambahan uang jajan, sehingga untuk ke depannya anak bisa menjadi pribadi yang makin bertanggung jawab lagi. (baca juga: Menanamkan Jiwa Penguasaha Pada Anak, Sangat Penting di Era Saat ini)

  1. Belajar mengambil keputusan

Agar anak bisa belajar mengambil keputusan, orang tua perlu melibatkan anak dalam melibatkannya dalam mengambil keputusan. Yang pertama dilakukan adalah memberikan pilihan, sedangkan yang kedua adalah menceritakan sebab dan akibat dari setiap pilihan. Biarkan anak menimbang-nimbang mana yang terbaik bagi mereka, dan risiko apa saja yang harus dihadapi pada setiap pilihan.

  1. Menjadi teladan

Selalu menepati janji, tidak sering bangun kesiangan, rajin merapikan ruangan, dan berbagai aktivitas harian yang baik lainnya, bisa mendorong anak untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Sehingga anak-anak tidak hanya belajar dari cara bicara orang tua saja, namun juga bisa belajar dari contoh-contoh aktivitas yang baik dari orang tuanya.

  1. Mandiri dalam mengerjakan tugas

“Learning by doing” adalah suatu metode pembelajaran yang mengajak anak-anak belajar dengan cara melakukan. Kelebihan metode ini adalah anak-anak diajarkan banyak hal dengan lebih melibatkan anak-anak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan materi apa yang dipelajari. Sehingga tugas pendidik hanyalah mengamati dan membimbing. Ada kalanya pendidik membiarkan anak-anak didiknya melakukan kesalahan, supaya anak-anak bisa belajar dari kesalahan mereka sendiri. Akan lebih baik lagi bila hal ini diberikan kepada sang buah hati, agar mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang mandiri serta bertanggung jawab. Biarkan mereka menenteng tas sendiri, membuka pintu sendiri, dan mengerjakan tugas-tugas mereka sendiri.

  1. Membantu orang lain

Bertanggung jawab bagi diri sendiri tidaklah terlalu sulit. Namun bertanggung jawab dengan melibatkan orang lain adalah hal yang tidak mudah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan tugas kepada anak untuk membantu anggota keluarga lainnya, misalnya membantu ayah mengelap mobil, membantu ibu merapikan meja makan, atau membantu adik mengerjakan PR-nya, dan masih banyak bantuan lainnya. Dengan melibatkan diri dalam tanggung jawab orang lain, anak akan belajar untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Kegemaran anak dalam membantu orang lain, sangat dipengaruhi oleh karakter anak dalam berempati. Karakter ini bisa dipupuk dengan berbagai cara ini.

Bagaimana dengan buah hati anda? Sudahkah mengajari mereka sifat ini? Bagaimana kiat-kiat anda dalam mengajarkan tanggung jawab.

Sifat bertanggung jawab adalah suatu nilai pendidikan karakter yang perlu dimiliki anak. Ajarkan pendidikan karakter pada anak dengan media lagu dan dongeng.

Silakan klik judul-judul dongeng dan lagu anak di bawah ini untuk mengunduhnya secara GRATIS:
– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
–  Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam– Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsasumber gambar: sd-gs.tarakanita.or.id

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...