pendidik-paud

Karakter Yang Harus Dimiliki Pendidik PAUD

Jumat, 2 Desember 2016 23:48 WIB | dibaca : 6000 | dibagikan :

Pendidik PADU sejati harus mampu menyatu dengan dunia anak. Ia tidak menciptakan jarak antara pendidik dan murid. Sehingga ia bisa berbagi ilmu kapan saja dan di mana saja. Karakter apa saja yang harus dimiliki oleh seorang pendidik PAUD yang sejati?

  1. Pintar membawa diri

Pendidik anak usia dini harus pintar membawa diri. Ia memiliki karakter yang baik, sopan, dan ramah. Dengan karakternya yang baik, ia akan menjadi orang yang patut menjadi teladan, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Ia selalu siap menularkan segala kualitas diri yang ia miliki kepada anak didiknya dengan hati yang tulus.

  1. Persiapan mengajar adalah hal yang penting

Ia selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi anak-anak didiknya. Sehingga saat dia mendapatkan kesempatan mengajar, ia akan melakukan persiapan dengan baik. Ia tidak ingin kesempatan mengajarnya menjadi sia-sia, karena ia selalu ingin anak-anak didiknya mendapatkan ilmu yang sebanyak-banyaknya. Tidak hanya persiapan materi pelajaran, persiapan fisik dan batin juga sangat penting baginya. Ia akan hadir ke sekolah lebih awal daripada anak-anak didiknya, agar ia bisa lebih mempersiapkan segala sesuatunya saat mengajar dengan baik. Ia juga bijak dalam menjaga kondisi tubuh, menghindari tidur terlalu larut malam dan mengatur pola istirahat dengan baik.

  1. Panjang Sabar

Ia berpikir bahwa anak-anak akan belajar dari kesalahannya. Sehingga saat anak-anak berbuat kesalahan, di situlah ia harus bisa mengarahkannya agar anak-anak didiknya tidak melakukan kesalahan yang sama. Ia tidak menyimpan dendam atau marah pada anak-anak didiknya, karena ia tahu bahwa anak-anak usia dini adalah usia pembentukan karakter yang paling efektif. Dengan kesabaran itulah pendidik akan menunjukkan karisma nya, terutama saat memberikan nasihat dan menjadi contoh bagi anak-anak didiknya.

Ingin tau lebih jauh agar kita bisa menjadi pribadi yang panjang sabar? Baca Artikel “Kesabaran Dalam Mendidik Anak Akan Menjadi Baik Bila Melakukan Hal ini.”

  1. Gemar berkreasi

Ia tidak ingin anak-anak didiknya merasa bosan di sekolah. Ia ingin anak-anak didiknya bisa belajar dengan suasana kelas yang menyenangkan. Dengan segala talentanya, ia akan menciptakan sesuatu yang baru dalam hal metode pembelajaran. Bakat seni sang guru biasanya akan meningkat seiring dengan banyaknya jam terbang ia mengajar. Sehingga mengajar bukan lagi sesuatu kewajiban, namun sebagai sarana belajar untuk menjadi manusia yang semakin kreatif.

  1. Memiliki sifat mengayomi

Ia harus memiliki sifat yang menjaga dan melindungi. Dia cerdas dalam mengarahkan anak-anak didiknya, sehingga suasana kelas bisa terkelola dengan baik. Ia pandai dalam menciptakan suasana kelas yang nyaman sebagai tempat belajar dan aman sebagai tempat bermain anak. Ia bahkan mampu tampil sebagai orang tua saat anak-anak didiknya berada di sekolah.

  1. Gemar belajar

Ia ingin selalu menjadi manusia yang lebih baik. Pendidik akan selalu memiliki cita-cita dan harapan yang baru. Hal ini akan memacunya menjadi manusia yang semakin berkualitas. Sehingga dengan semakin meningkatnya kualitas yang ia miliki, ia akan semakin memiliki banyak kesempatan untuk berbagi ilmu kepada anak-anak didiknya. Ia gemar meluangkan waktu untuk membaca buku, mengikuti seminar-seminar, mengikuti pelatihan-pelatihan, dan mau belajar dari pendidik yang lebih berpengalaman.

  1. Tulus dalam berkarya

Ketulusan berkarya adalah modal utamanya. Karena dengan ketulusan ini, ia juga akan memiliki hati yang bersuka cita, terutama saat bertemu dengan anak-anak didiknya, terutama saat ia mengajar. Sehingga mengajar bukan lagi sebagai hanya sebagai sarana transfer ilmu, melainkan sebagai lahan untuk menabur kebaikan. Ia bahagia melihat anak-anak didiknya semakin hebat dalam segala hal, baik pengetahuan maupun karakternya.

Bagaimana pun menjadi pendidik tidak hanya urusan mencari rezeki. Namun segala karyanya juga akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan. Karena ia memiliki banyak kesempatan membentuk pribadi anak-anak didiknya. Semoga kita semua bisa menjadi pendidik yang baik, agar kita dikaruniai kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak.

Ada beberapa hal yang perlu kita hindari sebagai pendidik. Hal ini sangat penting agar kita semakin menjadi pendidik teladan, berkualitas, dan disayang. Hal-hal inilah yang perlu kita hindari dibahas di portal ini.

Mau menjadi pendidik yang hebat? Tentu harus memiliki aneka media mengajar yang menarik, misalnya dengan media dongeng atau lagu anak. Silakan download gratis lagu dan dongeng anak karya Educa Studio di bawah ini:
– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
–  
Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam– Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsa

 

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...