kata-ajaib

Kata Ajaib Ini Wajib Diajarkan ke Buah Hati

Senin, 3 Juli 2017, 00:45 WIB | dibaca 718 kali | dibagikan kali

Dari ratusan ribu kata-kata yang mungkin perlu diajarkan kepada anak-anak kita, ada kata-kata yang tidak boleh terlewat dan bisa dibilang yang paling penting. Kata tersebut biasanya disebut dengan kata ajaib (Magic Words). Berikut ulasannya satu per satu:

1. MAAF
Biasakan buah hati mengatakan maaf apabila melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. Ini akan membiasakan anak memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang sudah dia lakukan. Ada juga yang beranggapan kalau kata maaf menunjukkan kita lemah atau kalah, padahal maaf juga mengandung arti sebagai menghargai orang lain dan membawa kedamaian di dalam diri kita sendiri.

2. PERMISI
Biasakan buah hati untuk mengatakan ini, apabila ingin melakukan sesuatu yang menyela atau mengganggu orang lain. Misalnya saja, kita ingin melewati rombongan orang tua, maka kita biasakan untuk mengucapkan permisi. Atau kita ingin bertanya ketika tersesat di jalan, kita bisa juga mengawalinya dengan kata ini.

3. TOLONG
Manusia merupakan makhluk sosial, yang tidak lepas dari bantuan orang lain. Mari biasakan buah hati kita untuk mengucapkan kata “Tolong, … ” sebelum meminta bantuan orang lain. Tanpa diawali kata tolong, kita seolah-olah menyuruh orang lain. Padahal, kata ini mengandung kekuatan yang dasyat untuk mengubah pendirian orang lain.

4. TERIMA KASIH
Kata “Terima Kasih” adalah bentuk penghargaan terhadap apa yang sudah dilakukan oleh orang lain terhadap kita. Kata ini adalah kata yang akan selalu diucapkan setelah kejadian dari 3 kata sebelumnya (Maaf, Permisi dan Tolong). Ajarkan buah hati untuk berterima kasih setelah mendapatkan maaf dari orang lain, mendapatkan ijin setelah mengucapkan permisi dan selesai mendapatkan bantuan setelah meminta tolong kepada orang lain.

Semoga bermanfaat ya sahabat duniabelajaranak.id, semoga buah hati kita semakin memiliki pribadi yang tangguh dan juga berbudi pekerti yang luhur. Baca juga artikel saya sebelumnya tentang “Quality Time” di sini.

Penulis: Andi Taru

Edupreneur, Pegiat Teknologi Pendidikan, Founder dan CEO Educa Studio, Pembicara Publik, Penulis Buku-buku Teknologi, Lebih lengkap bisa mengunjungi websitenya di http://www.anditaru.com

  • Kak Zepelaguanak II

    Selain mempererat tali persaudaraan antar anak, kata ajaib juga akan membentuk anak menjadi pribadi yang santun…keren Kak….