Kegiatan seru saat social distance

Kegiatan Seru Saat Social Distance Bersama Anak

Jumat, 20 Maret 2020 16:00 WIB | dibaca : 415 | dibagikan :

Terkait dengan pandemi virus corona covid-19 yang juga melanda Indonesia. Maka Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo telaah menghimbau warganya untuk menerapkan social distance, guna mengurangi menyebarnya virus corona covid-19. Salah satu cara beliau untuk menekan penyebaran virus corona ini dengan meniadakan kegiatan belajar mengajar anak di sekolah. Untuk itu moms, kita ada baiknya melakukan kegiatan seru saat social distance di rumah bersama dengan anak agar tidak bosan.

Dengan adanya libur sekolah yang sudah mulai diterapkan ini dan anak mulai belajar mandiri di rumah. Tak sedikit anak akan merasa bosan dengan kegiatan tersebut dalam beberapa hari kedepan. Nah, maka dari itu kini moms sangat berperan dalam mendampingi anak disaat-saat seperti ini. Moms disini harus lebih kreatif lagi ya, agar semakin aktif dirumah dan tidak merasa jenuh saat berada didalam rumah dalam jangka waktu panjang.

Tips Kegiatan Seru Saat Social Distance Bersama Anak

 1. Dampingi Anak Belajar

Dengan ditetapkannya siswa sekolah untuk belajar dirumah saat diterapkannya social distance. Moms perlu pastikan anak tetap belajar di rumah ya. Pasti pihak sekolah juga sudah menyiapkan tugas untuk dikerjakan siswanya semasa libur. Moms bisa tanyakan juga langsung kepada guru maupun wali kelas sang anak tugas apa saja yang sudah diberikan dan moms pastikan anak sudah mengerjakannya.

Moms bisa dampingi anak belajar dengan cara yang menyenangkan. Moms bisa mencari cara mudah seperti mencari video, maupun animasi pembelajaran agar anak tidak merasa bosan. Atau moms bisa mengunduh aplikasi belajar online sebagai sumber referensi.

 2. Olahraga Bersama

Dengan liburnya sekolah, aktifitas olahraga juga akan berkurang, kan moms. Nah, moms bisa ajak anak untuk lakukan olahraga bersama meski sedang berada di rumah. Moms bisa ajak anak untuk yoga, senam dengan diiringi musik, jumping, dan olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan dirumah.

Dengan olahraga secara rutin, dapat juga menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terserang penyakit.

Baca Juga:   Pilihlah PAUD Yang Sesuai Dengan Kriteria Ini
Kegiatan seru saat social distance
Children photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

 3. Buat Kreasi Kerajinan Tangan

Agar anak tak merasa bosan berada di dalam rumah. Moms bisa menyediakan peralatan dan perlengkapan untuk membuat kreasi kerajinan tangan. Minta anak untuk membuat kreasi bersama moms, selain bisa digunakan sebagai hiasan membuat kerajinan tangan juga meningkatkan motorik halus pada anak. Dan juga semakin meningkatnya kreativitas dan imajinasi yang meluas pada anak.

4. Memasak Bersama

Dengan memasak makanan sendiri dirumah memiliki beragam manfaat loh moms. Mulai dari terjaganya kebersihannya, lebih higienis bahkan jauh lebih ekonomis. Dengan moms memasak sendiri untuk santapan keluarga, moms juga pasti mempertimbangkan kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Dengan begitu moms juga bisa membantu menjaga daya tubuh keluarga agar tidak mudah sakit.

Mengajak anak memasak bersama juga salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Karena dengan memasak bersama anak akan cenderung tidak memilih-milih makanan dan anak juga akan lebih antusias untuk memakannya sehingga tidak meninggalkan sisa. Moms juga bisa membentuk makanan dengan karakter kesukaan anak.

5. Membaca Buku Bersama

Membaca buku bukan hanya menambah pengetahuan setiap orang yang membacanya saja. Namun, membaca buku juga banyak manfaatnya untuk anak. Terutama untuk moms yang mempunyai anak usia dini atau masih dalam tahap sekolah dini baik TK maupun Playgroup. Maka akan menambah kosakata pada anak. Moms bisa membacakan buku cerita lalu meminta anak untuk menceritakan ulang apa yang sudah dibacakan. Atau moms dan anak masing – masing membaca buku dan menceritakan tentang isi dari bacaan tersebut.

Kegiatan seru saat social distance
Photo by Freepik.com

 6. Jadikan Rutinitas Mencuci Tangan Lebih Menyenangkan

Mencuci tangan secara rutin juga salah satu cara yang paling mudah untuk menekan penyebaran virus corona covid-19. Nah, moms bisa ajak dan ingatkan anak untuk rutin mencuci tangan dengan cara yang menyenangkan. Agar anak selalu ingat mencuci tangannya sebelum dan sesudah beraktifitas.

 

Sumber referensi :


Marbel My Little Farm
Marbel My Little Farm
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.