Keistimewaan Yang Terdapat Dibulan Ramadhan

Keistimewaan Yang Terdapat Dibulan Ramadhan

Selasa, 28 April 2020 12:00 WIB | dibaca : 24 | dibagikan :

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti-nantikan bagi seluaruh umat islam di seluruh penjuru dunia. Karena keistimewaan yang terdapat di bulan ramadhan, sehingga umat muslim selalu merindukan moment tersebut. Belum lagi di Indonesia sendiri yang memiliki banyak tradisi yang selalu ada dibulan Ramdhan. Walaupun untuk Ramadhan kali ini bereda dengan Ramadhan sebelum-sebelumnya, karena di tahun ini adanya pandemi covid-19. Meskipun demikian, keistimewaan yang terdapat dibulan Ramadhan tetap adanya dan tidak akan melunturakan pahala bagi umat muslim yang menjalankannya.

Keistimewaan Yang Terdapat Dibulan Ramadhan

Seperti yang diketahui bulan suci Ramadhan menjadi salah satu ibadah utama yang di jalankan oleh umat muslim juga segala amal ibadah di bulan ramadhan. Termasuk membaca alquran, bersedekah, shalat sunnah tarawih, shalat tahajjud, dan amal ibadah lainnya yang mendatangkan pahala berlipat di banding bulan-bulan lainnya.

Lalu, apa saja keistimewaan yang terdapat dibulan Ramadhan ? Berikut adalah keistimewaan yang terdapat dibulan Ramadhan.

Keistimewaan Yang Terdapat Dibulan Ramadhan
Gambar oleh Tayeb MEZAHDIA dari Pixabay

 1. Diturunkannya Al Quran

Al Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan sehingga di bulan itu terdapat firman Allah yang diungkap kepada Rasulullah melalui malaikat Jibril untuk disampaikan kepada segenap umat muslim agar umat muslim terhindar dari jalan yang sesat. Allah SWT berfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ  فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ  وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ  يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al- baqarah ayat 185)

Baca Juga:   Bacaan Shalat Tahajud Dan Niatnya

 2. Ramadhan Adalah Bulan Penuh Berkah

Rasulullah Saw pernah bersabda :

أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ , تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ , وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ , وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ , لِلَّهِ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ, مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Artinya : “Ketika datang bulan Ramadhan: sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkat, diwajibkan ke atas kamu untuk berpuasa, dalam bulan ini pintu Jannah dibuka, pintu Neraka ditutup, syaitan-syaitan dibelenggu. Dalam bulan ini ada suatu malam yang nilainya sama dengan seribu bulan, maka diharamkan kebaikannya bagi siapa yang tidak beramal baik di dalamnya, sesungguhnya tidak mendapat kebaikan di bulan lain seperti di bulan ini.” (HR. Ahmad, Nasa’i, dan Baihaqi)

 3. Ramadhan Sebagai Bulan Pengampunan Dosa

Sebagimana Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah Saw bersabda :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Pelindung Dari Api Neraka

Seperti yang disabdakan Rasulullah Saw :

إِنَّمَا الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ

Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’).

5. Dibukakannya Pintu Syurga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Keistimewaan dibulan Ramadan lainnya adalah  pintu-pintu syurga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta setan-setan diikat. Dengan demikian, Allah SWT telah memberi kesempatan kepada hambaNya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang telah diperbuat pada bulan Ramadan.

Rosulullah Saw bersabda :

إذا جاء رمضان فتحت أبواب الجنة , وغلقت أبواب النار , وصُفِّدت الشياطين

Artinya “Ketika datang (bulan) Ramadan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Sumber referensi :

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.