gerak-dan-lagu-paud

Kekuatan Lirik Lagu Anak Sebagai Media Hiburan Edukatif

Sabtu, 23 September 2017, 14:37 WIB | dibaca 1158 kali | dibagikan kali

Siapa bilang lagu-lagu dewasa lebih menarik dibandingkan lagu anak? Meski pun akhir-akhir ini lagu dewasa lebih berjaya bila dibandingkan dengan lagu anak-anak, ini tidak berarti secara kualitas lagu-lagu anak kurang. Tidak dapat dipungkiri keterpurukan lagu-lagu anak sangat dipengaruhi juga oleh para “petinggi musik” kita (produser, pencipta lagu, musisi, arranger, dan lainnya) yang lebih mementingkan selera pasar dibandingkan dengan pengaruh dan manfaatnya.
Masyarakat kita yang lebih tertarik pada sesuatu yang berbau 3S (Saru, Serem, Sadis), juga menyeret anak-anak untuk masuk di dalamnya. Dan anak-anak seakan-akan sudah menjadi bagian dari konsumen “3S” para produser dunia hiburan di negara kita. Lalu bagaimana dengan nasib anak-anak.

Sebagai seorang pencipta lagu anak, saya, Kak Zepe, mencoba untuk menemukan sisi positif atau kualitas yang terdapat pada lagu anak.

1. Sebagai media belajar mengenal alam

Lagu anak bisa digunakan sebagai media belajar di sekolah. Ada banyak lagu anak tempo dulu yang bisa digunakan sebagai media belajar. Salah satu contohnya adalah lagu “Pelangi”. Selain biasa digunakan sebagai media untuk mengajarkan warna pelangi kepada anak-anak, anak-anak juga bisa belajar aneka warna dengan lagu ini. Lagu anak pengenalan alam juga terdapat di dalam album “Lagu Anak Tematik TK dan PAUD”. Di dalam album ini, lagu anak pengenalan alam dikelompokkan secara khusus di dalam kategori lagu anak tema alam.

2. Sebagai media belajar calistung

Masih ingat lagu anak zaman dahulu dengan lirik di bawah ini:
“I-N I NI INI… I B-U BU IBU… G-U GU R-U RU GURU, Dibaca ini INI IBU GURU.”  Ada aneka lagu anak yang secara khusus diciptakan sebagai media mengajar membaca. Di dalam Album “Lagu Anak Tematik TK dan PAUD”, Anda bisa menemukan aneka lagu anak yang secara khusus diciptakan untuk digunakan sebagai media belajar membaca.

3. Sebagai media belajar pendidikan karakter

Ada banyak karakter yang perlu diajarkan kepada anak-anak usia dini. Kira-kira ada 18 karakter penting yang perlu dikembangkan dalam diri anak usia dini, misalnya disiplin, cinta tanah air, kepatuhan, kejujuran, dan lainnya. Di dalam album “Lagu Anak Tematik TK dan PAUD” ada aneka lagu anak yang secara khusus diciptakan untuk membangun karakter anak. Anak-anak bisa mendengarkan maupun menyanyikan lagu-lagu anak ini agar memahami aneka karakter yang perlu mereka pelajari.


baca juga:
1. “Belajar Berhitung Menjadi Lebih Menyenangkan Dengan Lagu Anak”

2. “Misi Pendidikan dan #SaveLaguAnak Dalam Album Lagu Anak Tematik TK dan PAUD”

3. Tips Memperagakan Gerak dan Lagu PAUD


4. Sebagai media gerak dan lagu

Sebuah lagu anak yang diciptakan oleh Kak Zepe yang berjudul “Main Musik” sangat cocok untuk digunakan sebagai media belajar gerak dan lagu. Artikel selengkapnya silakan baca di “Memanfaatkan Lagu MAIN MUSIK Sebagai Media Gerak dan Lagu”. Lagu anak “Main Musik” juga bisa didownload GRATIS dengan klik “KOLAK KAK ZEPE Vol 2”.

5. Sebagai media belajar membaca

Aktivitas belajar membaca akan menjadi lebih menyenangkan bila diajarkan dengan media lagu anak. Lagu anak karya Kak Zepe yang paling asyik digunakan sebagai media belajar membaca adalah “Huruf Awal Kata”. Melalui lagu ini, anak akan belajar aneka bentuk huruf, cara membacanya, dan dengan lagu ini anak-anak akan semakin kaya akan kosakata baru, terutama yang ada di dalam lirik lagu ini. Download GRATIS lagu ini di dalam album “LAGU ANAK TEMATIK TK DAN PAUD”.

6. Menumbuhkan keceriaan dan semangat anak dalam pembelajaran di sekolah

Anak-anak akan menjadi semakin ceria bila suatu kegiatan pembelajaran dibuka dengan lagu anak. Ada banyak lagu anak karya Kak Zepe yang secara khusus diciptakan untuk memotivasi anak agar lebih semangat dan lebih berbahagia. Salah satu yang terbaik berjudul “Asyiknya Bersekolah”. Silakan download GRATIS lagu ini dalam album “KOLAK KAK ZEPE Vol 1”.

Lagu anak memang kaya akan manfaat, namun banyak orang tidak mengetahuinya. Hal ini dikarenakan selera penduduk Indonesia pada lagu anak sangat rendah. Kebanyakan orang dewasa lebih menyukai lagu dewasa, sedangkan anak-anak banyak mengikuti selera orang dewasa. Educa Studio, yang dimotori oleh Kak Andi Taru, bekerjasama dengan Kak Zepe, telah menciptakan sebuah aplikasi lagu anak yang secara khusus diluncurkan untuk mengatasi keterpurukan lagu anak di Indonesia. Dengan adanya aplikasi ini, Kak Andi Taru berharap anak-anak Indonesia tidak akan kekurangan lagu anak lagi. Karena nantinya lagu anak di dalam aplikasi ini akan terus ditambahkan. Lagu anak ini juga telah dikelompokkan sesuai tema, sehingga memudahkan anak-anak, pendidik, dan orang tua untuk mencari lagu anak yang sesuai dengan Keinginan. Anda mau download GRATIS?

Silakan download GRATIS aplikasi lagu anak karya Kak Zepe di bawah ini. Dijamin, semua tema pendidikan ada di dalam album lagu anak di bawah ini!

Silakan download dengan klik “LAGU ANAK TK DAN PAUD – LENGKAP” atau klik gambar di bawah ini:banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
Album Kak Zepe lainnya bisa di download dengan klik gambar di bawah ini:
KOLAK – Album Kumpulan Lagu Anak Kak Zepe Vol 1

banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol1
KOLAK – Album Kumpulan Lagu Anak Kak Zepe Vol 2

banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2


Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...