Keuntungan anak bermain musik

Keuntungan Anak Bermain Musik Sejak Dini

Rabu, 4 Maret 2020 08:00 WIB | dibaca : 41 | dibagikan :

Siapa yang tidak suka dengan musik. Tentunya semua orang suka dengan musik, tak terkecuali anak-anak. Musik bisa menjadi sumber belajar anak sejak usia dini. Anda juga perlu tahu apa saja keuntungan anak bermain musik sejak dini.

Dari banyaknya jenis musik tentu ada yang suka dengan alunan musik metal, menandakan bahwa mereka termasuk orang yang tidak suka dengan sesuatu yang sama atau anti mainstream. Sedangkan orang menyukai musik klasik, mereka adalah tipe orang yang selalu kreatif dan suka menyendiri.

Melalui musik, mereka dapat mengekspresikan diri. Sheppard (2007) Menyatakan bahwa dalam menciptakan musik adalah kombinasi ekspresi diri, disiplin, dan kegembiraan, juga kemampuan bekerja dengan orang lain secara positif. Dia juga menambahkan bahwa musik juga dapat mengembangkan beberapa aspek perkembangan, seperti kognitif, bahasa, psikomotorik, sosial-emosional, dan seni.

Apa hubungan Anak Usia Dini dengan Musik.

Pada anak umur dibawah 1 tahun, memang terkadang belum paham akan lirik dari lagu yang sedang didengarnya. Tapi ketika mendengarkan musik yang menurut mereka akan memberikan respon dengan bergoyang, menganggukkan kepala, bernyanyi mengikuti nada musik dengan nada yang belum jelas. Jika umurnya sudah bertambah sedikit, bisa dikenalkan dengan musik dengan nada yang mudah, seperti lagu anak-anak.

Ketika anak diajarkan lagu, pasti dia akan menghafalkan kata-kata yang terdapat pada lagu tersebut. Ketika sudah bertambah umur, anak akan mempunyai rasa ingin tahu akan musik, salah satunya dengan belajar salah satu alat musik yang mereka inginkan. Dengan mempelajari musik, anak akan belajar tentang irama dan ketukan, yang tak jauh dari matematika. Jika anak tak paham akan ketukan. Mereka akan belajar mengenali pola, memecah dan membuat pecahan dalam pembagian nada.

Dengan musik, anak akan mengembangkan keterampilan motoriknya ketika menari, mereka akan menari sesuai dengan ketukan nada pada musik tersebut. Dengan begitu, koordinasi otak dan anggota gerak seperti tangan dan kaki harus seimbang.

Keuntungan anak bermain musik
Music photo created by freepik – www.freepik.com

Pengaruh Musik bagi Anak Usia Dini :

    • Mengurasi Stress. Dengan mendengarkan musik, seperti musik klasik yang tenang dan santai, dapat menyegarkan otak.
    • Menambah semangat.Dengan mendengarkan musik, anak akan tambah bersemangat dalam mengerjakan sesuatu yang membutuhkan fokus.
    • Belajar kata. Anak usia dini akan belajar kata dan menambah perbendaharaan kata, dengan cara menghafalkan lagu kesukaan mereka, dan setiap hari mereka akan memutarnya.
    • Melatih kekompakan. Ketika anak-anak bermain alat musik secara bersama-sama, maka mereka belajar untuk melatih ego mereka, supaya musik itu dapat di dengar dengan enak dan harmonis.
Baca Juga:   Literasi Digital : Pentingkah Mengajarkannya Untuk Anak

Kenalkan musik untuk anak :

      • Berikan alat musik pada anak, yang kira-kira dia masih dapat melihat tangannya ketika memainkan alat musik tersebut, seperti piano atau keyboard. Drum juga dapat anda kenalkan pada anak, daripada perabotan dirumah rusak, karena di pukul-pukul oleh si buah hati. Atau, jika anda ingin mengenalkan gitar pada mereka, ada baiknya gunakan ukulele, mengingat jari-jari mereka masih kecil.
      • Anak belum paham bagaimana cara memainkan alat musik. Ada baiknya anda masukkan pada tempat les, alangkah baiknya jika anda dapat memainkan alat musik, maka ajarkan anak secara sederhana, cara bermain alat musik. Beri contoh, pada bagian apa saja yang harus di tekan, di petik, dan di pukul, supaya menghasilkan nada yang harmonis.
      • Berikan fasilitas padanya, jika dia memang ingin belajar suatu alat musik yang diinginkan,tapi tetap disesuaikan dengan kemampuan si anak. Belikan gitar yang kecil atau gitar lele jika si anak ingin mempelajarinya. Belikan CD atau download lagu-lagu yang sederhana, yang dapat dia pelajari kosakatanya. Pilihkan lagu yang sesuai dengan umur dan kebutuhan mereka.

 

Keuntungan anak bermain musik tentunya bukan hal yang remeh bukan? Ajarkan musik pada anak sejak kecil, supaya tumbuh kembang si buah hati dapat berkembang secara optimal. Berikan dia referensi musik yang bagus, supaya cara berfikirnya lebih fokus lagi. Jangan pernah memaksakan anak pada suatu musik tertentu,karena belum tentu dia akan nyaman dengan musik tersebut.

 

Sumber referensi :


Marbel Music and Piano for Kids
Marbel Music and Piano for Kids

Tagged:

Penulis: Hanifah Prandita

Pegiat pendidikan, concern pada dunia PAUD, hobby membaca dan menulis. Content Manager di Educa Group sekaligus penulis di Dunia Belajar Anak.