Keutamaan puasa Sya'ban

Keutamaan Puasa Sya’ban, Niat Beserta Amalannya

Sabtu, 28 Maret 2020 09:00 WIB | dibaca : 72 | dibagikan :

Sya’ban adalah satu bulan sebelum menjelang bulan Ramadhan. Puasa Sya’ban juga  termasuk dari puasa sunah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Bahkan Baginda Nabi Muhammad SAW sendiri sangat senang mengerjakan puasa sunah di bulan Sya’ban ini. Untuk bulan Sya’ban di tahun 2020 ini dimulai pada  rabu 25 maret setelah maghrib. Dan juga kebetulan dibarengi dengan hari kamis, dimana biasanya puasa sunah dijalankan ( puasa Senin – Kamis ). Lalu apa keutamaan puasa Sya’ban, niat beserta amalannya?

Sya’ban juga termasuk bulan asyhurul hurum yaitu bulan-bulan Haram  yang diwajibkan Allah Swt bagi setiap Mukmin untuk memuliakan, menyucikan dan menghormatinya. Sehingga berpuasa di bulan Sya’ban banyak sekali keutamaannya. Bagi yang hendak menjalankan ibadah sunah puasa di bulan Sya’ban, berikut adalah niat puasa Sya’ban :

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghodin ‘an adaai sunnati sya’baana lillahi ta’alaa.”

Artinya : “Saya berniat puasa sunah sya’ban esok hari karena Allah ta’aala.”

Bagi yang hendak menjalankan puasa sunnah Sya’ban dibarengi dengan puasa sunah di hari Senin / Kamis, berikut niatnya :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ(يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ) وَشَهْرِ شَعبَان سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 

Nawaitu Shouma Yaumal khamis (yaumil isnain) wa syahri Sya’bana Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.

Artinya : “Saya niat puasa pada hari Kamis (hari Senin: jika kebetulan hari Senin) dan puasa bulan Sya’ban, sunah karena Allah Ta’aala.”

Untuk menjalankan puasa sunah Sya’ban bisa dilaksanakan kapan saja selagi masih didalam bulan Sya’ban. Jumlahnya juga disesuaikan dengan kemampuan masing – masing yang ingin menjalankannya. Namun, biasanya kebanyakan orang muslim melakukan puasa Sya’ban pada saat Nisfu Sya’ban. Puasa Nisfu Sya’ban yaitu puasa yang dilakukan pada hari ke-15 di bulan Sya’ban. Untuk Nisfu Sya’ban di tahun 2020 ini, akan jatuh pada tanggal 9 April mendatang.

Didalam hadits dikatakan, Nabi Muhammad SAW tidak pernah terlihat melakukan puasa selama satu bulan selain di bulan suci Ramadhan. Namun Rasulullah tak melakukan puasa sunah sebanyak di bulan Sya’ban.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ . فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

Baca Juga:   Belajar Eksperimen Sederhana Bagi Anak Usia Dini
Keutamaan puasa Sya'ban
Book photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Keutamaan Dari Puasa Sya’ban

Adapun keutamaan dari puasa Sya’ban, yaitu :

  •  Diangkat Segala Amal Baiknya

Sebagaimana penjelasan dari Al-Hafidz Ibnu Hajar beliau berkata,

وَالْأَوْلَى فِي ذَلِكَ مَا جَاءَ فِي حَدِيثٍ أَصَحَّ مِمَّا مضى أخرجه النسائي وأبو داود وصححه بن خُزَيْمَةَ عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ مِنْ شَهْرٍ مِنَ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ قَالَ ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إلى رب العالمين فأحب أن يرفع عملي وَأَنَا صَائِمٌ

diriwayatkan oleh An-Nasai dan Abu Daud dan dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah dari Usamah bin Zaid, beliau berkata: “Engkau pernah berkata: “Wahai Rasulullah, aku belum pernah melihatmu berpuasa (lebih banyak) dalam satu bulan dari bulan-bulan yang ada sebagaimana engkau berpuasa di bulan Sya’ban, kemudian beliau menjawab: “Bulan itu adalah bulan yang dilalaikan manusia yaitu bulan antara Rajab dan Ramadhan, dan ia adalah bulan yang diangkat di dalamnya seluruh amalan kepada Rabb semesta alam, maka aku menginginkan amalanku diangkat dalam keadaan aku berpuasa”

  • Berharap akan dapatnya Ridho Allah SWT
  • Pemanasan sebelum menjalankannya puasa wajib di bulan Ramadhan
  • Menjalankan syariat dari Rasulullah Saw
  • Mengingatkan seorang hamba Allah agar tidak lalai

Amalan Yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Sya’ban

  • Menjalankan puasa daud ( sehari berpuasa sehari tidak )
  • Menjalankan puasa senin kamis
  • Menjalankan puasa selama tiga hari di setiap bulan hijrah
  • Menjalankan puasa Nisfu Sya’ban di pertengahan bulan Sya’ban atau hari ke-15
  • Perbanyak bacaan sholawat
  • Perbanyak Istighfar
  • Perbanyak bacaan syahadat
  • Perbanyak bacaan Al-Qur’an

 

Sumber referensi :


Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.