Kreasi Bedug Mini Berbahan Kaleng Susu Bekas Karya Kak Nur Achea Iskandar

Selasa, 27 Juni 2017 21:04 WIB | dibaca : 16566 | dibagikan :

Hai sahabat Marbel…
Jumpa lagi bersama saya, Kak Zepe. Kali ini Kak Zepe akan membahas sebuah kreasi yang sangat cocok diajarkan semasa hari Lebaran. Kreasi ini bernama “Bedug Dengan Bahan Kaleng Susu Bekas”. Kreasi ini dibagikan oleh seorang pendidik PAUD yang bernama Kak Nur Achea Iskandar. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang kreasi ini, mari kita pahami dahulu, apa itu “bedug”? Supaya bila ada anak didik kita yang bertanya, kita bisa memberikan jawaban yang tepat.

Menurut wikipedia, Bedug adalah alat musik tabuh seperti gendang. Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional, baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik. Di Indonesia, sebuah bedug biasa dibunyikan untuk pemberitahuan mengenai waktu salat atau sembahyang. Bedug terbuat dari sepotong batang kayu besar atau pohon enau sepanjang kira-kira satu meter atau lebih. Bagian tengah batang dilubangi sehingga berbentuk tabung besar. Ujung batang yang berukuran lebih besar ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai membran atau selaput gendang. Bila ditabuh, bedug menimbulkan suara berat, bernada khas, rendah, tetapi dapat terdengar sampai jarak yang cukup jauh.

Melalui artikel ini, Kak Zepe akan memberikan tutorial tentang cara membuat kreasi yang telah diajarkan oleh Kak Nur A I ini. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi ini adalah:
1.    Kaleng bekas
2.    Kertas karton
3.    Kertas warna (bisa kertas origami atau pun kertas asturo).
4.    Stik Ice Cream
5.    Pentol korek ( bahan tambahan yang bisa dipakai sebagai “pemukul bdhug”)
6.    Lem

Dan berikut ini adalah cara membuat kreasi ini:

Baca Juga:   Asyiknya Belajar di Sekolah Alam

1.    Membuat kaki bedug
Kaki bedug dibuat dengan cara membuat bentuk X dengan  2 buah stik es krim. 2 stik es krim direkatkan dengan menggunakan lem.

2.    Membuat dan menghias bedug
Hiaslah kaleng susu bekas dengan kertas origami dan kertas asturo sehingga tampak cantik. Dan tentu saja agar merek susu tidak terlihat. Tutup bagian atas dan bawah susu dengan kertas HVS (warna putih).

3.    Membuat Alas
Bahan untuk membuat alas yang terbaik adalah dengan kertas karton bekas. Kertas karton digunting dalam bentuk persegi dan dilapisi kertas HVS.

Akhirnya, jadi juga bedug mini kita. Cantik dan menarik bukan? Anak-anak pasti akan menyukainya. Kreasi ini bisa menjadi hiasan kelas bertema hari raya Idul Fitri. Semoga dengan hadirnya kreasi ini di sekolah Anda, sekolah Anda akan semakin semarak. Semangat belajar sahabat Marbel.

Kreasi berbentuk bedhug merupakan salah satu kreasi pilihan yang bisa dilakukan pada saat hari raya Idul Fitri. Sebagai pelengkapnya, kita bisa memberikan kepada anak tentang aplikasi menarik yang biasa dimainkan anak-anak Muslim. Ada 7 aplikasi terbaik yang dirilis Educa Studio dan bisa didownload secara GRATIS. 

Baca juga: “Aneka Tepuk, Lirik, dan Lagu Anak Muslim Pilihan”

Sumber: FORUM TK DAN PAUD

Belajar Mengaji Bersama Marbel
Belajar Mengaji Bersama Marbel
Developer:
Price: Free

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...