Kreasi “Sedia Payung Sebelum Hujan” Karya Kak Ridho Kayla

Senin, 19 Juni 2017 14:07 WIB | dibaca : 17729 | dibagikan :

Di dunia ini ada aneka macam musim. Ada musim hujan, musim panas, musim salju, musik gugur, dan musim lainnya. Di Indonesia sendiri hanya ada dua macam musim, yaitu musim panas dan hujan. Anak-anak bisa mengenal aneka musim dengan sebuah permainan yang menarik. Permainan yang bisa dimainkan dan diunduh secara GRATIS dengan perangkat komunikasi ini berjudul MARBEL 6 MUSIM DI DUNIA”.  banner-marbel-calender-seasons

Masih ingat kreasi “Anak Berpayung” karya Kak Ani? Bila Anda lupa, berikut ini adalah kreasi yang pernah dibuat oleh Kak Ani.

kreasi-bertema-hujan-air-udara-api-dari-kapas-tema-cuaca-musim-3


Kreasi ini pernah diajarkan oleh Kak Ani sebagai bahan pembelajaran tema gejala alam, sub tema cuaca. Di dalam kreasi ini tampak seorang anak berpayung untuk melindungi dari hujan. Kreasi ini mendapatkan ratusan likes dari anggota FORUM TK DAN PAUD yang saat ini sudah beranggotakan lebih dari 100.000 anggota.

Kali ini Kak Ridho membuat kreasi yang hampir serupa. Kreasi ini diberi nama kreasi “Sedia Payung Sebelum Hujan”. Mengapa? Karena di dalam kreasi ini tampak sebuah manfaat dari payung, yaitu melindungi dari hujan. Tampak hujan turun dari awan-awan, dan tampak juga sebuah payung.


baca juga: “Aneka Kreasi Bertema Pengenalan Alam Semesta”


Hujan adalah peristiwa turunnya titik air dari atas langit atau awan menuju ke bumi (ke bawah). Dalam peristiwa ini anak-anak bisa belajar juga tentang sifat air. Salah satu sifat air adalah mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Setelah turun ke bumi air akan mengalir ke segala arah. Untuk lebih mengenal sifat air, anak-anak bisa belajar juga dari sebuah lagu. Lagu ini berjudul “Sifat Air”. Dalam lagu ini dipaparkan secara lengkap tentang sifat-sifat air. Berikut ini adalah lirik lagunya:

Baca Juga:   Main Puzzle Adalah Cara Membuat Anak Usia Dini Cerdas. Dapatkan Puzzle Super Lengkap di Sini!

Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
Juga mengalir menuju ke segala arah
Itulah air bentuknya selalu menyesuaikan ruangannya
Itulah air menguap bila kita memanasinya
Itulah air mampu meresap ke dalam celah yang kecil
Itulah air dapat menjadi penghantar listrik yang baik

Lagu di atas bisa didownload GRATIS dan didengarkan secara lengkap dengan klik KOLEKSI LAGU ANAK (KOLAK) KAK ZEPE Vol 1banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol1Atau Anda bisa mendengarkan demonya dengan mengklik video di bawah ini:


Setelah menyanyikan lagu ini, kita bisa menjelaskan kepada anak-anak tentang terjadinya hujan dan sifat air, setelah itu kita bisa mengajarkan kepada anak-anak cara membuat kreasi “Sedia Payung Sebelum Hujan”.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kreasi ini adalah:
1.    Mangkuk kue yang terbuat dari kertas (dibagi menjadi 2)
2.    Sedotan
3.    Kapas
4.    Pensil warna (warna biru)
5.    Lem

Bagaimana cara membuatnya?

  1. Tempelkan kapas berbentuk bulat pada bagian atas kertas HVS yang telah dibagi 2 Kapas jumlahnya 10 bulatan.
  2. Tempelkan mangkuk kue (yang telah dibagi 2) kira-kira 2 cm di bawah kapas.
  3. Sisipkan sedotan di bagian tengah mangkuk.
  4. Gambarlah titik-titik air dengan pensil warna atau spidol berwarna biru muda.

Kreasi ini sangat indah dipajang di dinding kelas. Sehingga anak-anak akan selalu ingat akan sifat air dan gejala alam yang sering anak-anak lihat ini. Sebagai lagu penutup kita bisa mengajak anak-anak menyanyikan lagu “Sifat Air” atau lagu anak jaman dahulu yang berjudul “Hujan”.

kreasi-bertema-hujan-air-udara-api-dari-kapas-tema-cuaca-musim-2

Belajar mengenai musim dan kejadian alam melalui aplikasi bisa juga menggunakan media game dan aplikasi interaktif yaitu Marbel Mengenal Musim yang bisa didownload dengan melakukan klik gambar di bawah ini:
banner-marbel-calender-seasonsSUMBER: FORUM TK DAN PAUD

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...