Kreasi Tema Diri Sendiri, “Makanan Sehat” dan “Makanan Tradisional”

Jumat, 2 Desember 2016 15:50 WIB | dibaca : 23128 | dibagikan :

Kreasi ini disumbangkan oleh Kak Siti Zulaikah. Kreasi ini sangat menarik, karena kemiripan bentuk-bentuk makanan yang menyerupai aslinya. Bila kita melihatnya secara sekilas, pasti kita akan mengira bahwa gambar yang kita lihat di atas adalah makanan sungguhan.


kreasi-makanan-sehat-empat-sehat-lima-sempurna-1

.Sebelum mengajarkan kreasi kepada anak-anak, alangkah lebih baiknya bila kita mengajarkan sedikit ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan kreasi ini. Kreasi ini cocok diajarkan kepada anak-anak saat anak-anak belajar materi bertema diri sendiri, dengan sub-tema kebutuhanku. Salah satu kebutuhan manusia tentu saja adalah makanan. Kita sudah mengenal akan aneka makanan sehat, yaitu makanan yang terdiri atas lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan nasi, ditambah segelas susu. Nah, makanan yang tampak di atas terdiri atas lauk pauk, sayur, dan nasi, karena buah dan susu biasanya ada pada bagian yang terpisah dari menu makanan berat yang kita makanan. Buah tergolong makanan pencuci mulut, sedangkan susu tergolong minuman.

.
Kali ini Kak Zepe juga akan berbagi informasi tentang tips menyediakan menu makanan agar disukai oleh anak-anak PAUD. Beberapa hal yang diperhatikan dalam penyusunan makanan sehat untuk anak PAUD
.
1.    Aneka warna
Kita bisa memvariasi warna pada makanan, agar makanan terlihat menarik. Anak-anak pasti akan lebih tergoda untuk menyantapnya.

2.    Aneka rasa
Kombinasikan rasa-rasa yang variatif, sehingga anak-anak tidak mudah bosan. Rasa-rasa yang disukai oleh anak-anak adalah asin, manis, dan sedikit pedas. Terkadang kita juga perlu mengenalkan rasa pahit kepada anak-anak, namun jangan terlampau pahit juga agar anak-anak tetap menyukainya.

3.    Variasi Bentuk
Bentuk-bentuk yang menarik juga bisa meningkatkan selera makanan anak. Kita bisa membentuk makanan menjadi bulat, segitiga, maupun berbentuk tokoh-tokoh kartun. Anak-anak pasti menjadi gemas, dan membuat mereka tertarik untuk memakannya hingga suapan terakhir.

4.    Variasi pengolahan makanan
Ada banyak variasi pengolahan makanan. Bila kita menyediakan makanan yang diolah dengan cara digoreng secara terus-menerus tentu anak-anak lama-lama akan menjadi bosan. Ada berbagai macam cara mengolah makanan, misalnya dipanggang, direbus, dan lainnya. Hal ini juga akan mempengaruhi bentuk dan rasa. Bentuk dan rasa yang variatif akan meningkatkan selera makan anak.

Baca Juga:   Apa Itu Edugames Mobile? Mengapa Dipercaya Sangat Efektif Sebagai Media Belajar Anak?

5.    Variasi makanan kering dan berkuah
Anak-anak biasanya tidak terlalu suka makanan yang terkesan kering. Kita perlu memberikan kuah pada setiap menu makanan. Makanan yang berkuah biasanya mengandung sayur mayur yang juga penting bagi kesehatan anak.

.
Itulah sedikit tips yang bisa menjadi pedoman bagi kita untuk menyediakan makanan bagi anak. Nah, agar anak-anak semakin mengenal makanan sehat dan bergizi, kita bisa meminta anak untuk membuat kreasi “Makanan Sehat”. Mari kita perhatikan dengan seksama kreasi “Makanan Sehat” yang sudah selesai dibuat di bawah ini:
.
Sekarang, Kak Zepe akan menjelaskan nama bahan makanan (tiruan) dan bahan pembuatnya. Berikut ini adalah penjelasannya:

.
1.    Telur
Telur terbuat dari potongan kertas HVS berwarna putih yang diberikan bulatan berwarna oranye, terbuat dari kertas origami.

2.    Nasi
Nasi terbuat dari kapas yang diusap dan remas.

3.    Mie (warna kuning)
Terbuat dari kertas klobot yang dipotong-potong tipis dan panjang.

4.    Sayur (warna hijau)
Terbuat dari kertas klobot yang disobek-sobek dan diremas.

5.    Ikan
Terbuat dari kertas origami berwarna oranye atau kuning.

.
Bila melihat gambarnya, tentu Anda akan cepat memahami cara membuat kreasi di atas. Namun bila Anda masih penasaran dan ingin bertanya seputar cara membuat kreasi di atas, silakan klik FORUM TK DAN PAUD.

.
kreasi-makanan-sehat-empat-sehat-lima-sempurna-2

Anak-anak usia dini perlu diajarkan tentang aneka makanan. Ada makanan sehat dan makanan tidak sehat. Sangat penting juga untuk mengajarkan anak-anak tentang makanan daerah atau makanan tradisional, karena sebagian besar makanan tradisional adalah makanan sehat. Ada sebuah aplikasi menarik yang telah dirilis oleh Educa Studio. Aplikasi ini berjudul “MARBEL – MAKANAN DAERAH. 

Berikut ini keunggulan dari aplikas  ini. Dalam aplikasi ini tersedia kumpulan berbagai macam makanan, masakan, minuman, jajanan asli daerah Indonesia beserta dengan:
* resep makanan, masakan tradisional daerah indonesia
* resep minuman tradisional daerah indonesia
* resep jajanan tradisional daerah indonesia


Luar biasa bukan? Silakan DOWNLOAD GRATIS APLIKASI  ini dengan klik DOWNLOAD “MARBEL MAKANAN DAERAH”


marbel-makanna-daerah-kak-zepe-lagu-anak-2


marbel-makanna-daerah-kak-zepe-lagu-anak-1
Sumber: FORUM TK DAN PAUD

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...