harian-analisa

Lagu Anak Harus Memiliki Nilai Inspiratif, Edukatif, dan Motivatif

Kamis, 21 September 2017, 13:36 WIB | dibaca 388 kali | dibagikan kali

Setiap saya menciptakan lagu-lagu anak, tiga hal yang ada di benak saya adalah manfaatnya. Dan tiga kata yang diserap dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia yang pantas untuk mewakili lagu-lagu anak ciptaan saya adalah kata Eduaktif, Inspiratif, dan Motivatif. Tiga kata itulah yang sungguh akan selalu ada di dalam lagu-lagu anak yang saya ciptakan. Mengapa?

  1. Edukatif

Edukatif memiliki makna pendidikan. Dengan adanya manfaat pendidikan, saya yakin lagu-lagu anak ciptaan saya akan bermanfaat bagi dunia pendidikan, khususnya pendidikan anak-anak. Lagu pendidikan di sini bisa mencakup berbagai bidang studi dan tema, misalnya alam, matematika (berhitung), membaca, dan masih banyak lagi.

  1. Inspiratif

Inspiratif memiliki makna mengandung inspirasi atau bisa memberikan inspirasi. Inspirasi, khususnya bagi anak-anak bisa mengandung nilai-nilai keagamaan, moral, budi pekerti, nasihat, dan nilai-nilai yang baik yang bisa diberikan kepada anak, baik dari orang tua kepada anak, maupun dari guru kepada anak didik.

  1. Motivatif

Motivatif memiliki makna bisa memberikan motivasi. Suatu motivasi biasanya adalah sesuatu yang bisa memberikan semangat kepada anak-anak. Unsur motivatif di dalam sebuah  lagu anak biasanya berada di dalam lagu-lagu yang ceria dan akan lebih baik bisa dinyanyikan dengan gerakan. Kata-kata atau lirik yang terdapat di dalam lagu-lagu anak yang motivatif biasanya adalah kata-kata yang positif dan mengandung nilai kebahagiaan, rasa syukur, persahabatan, dan masih banyak lagi.

Ketiga unsur di atas memiliki keterkaitan yang sangat erat, karena lagu-lagu anak yang inspiratif  dan motivatif adalah lagu-lagu anak yang mendidik (edukatif). Sedangkan lagu-lagu anak yang motivatif adalah lagu-lagu anak yang biasanya bisa memberikan inspirasi, dan tentu saja suatu inspirasi biasanya mengandung unsur pendidikan. Dan bila sebuah lagu anak mengandung ketiga unsur di atas, maka lagu anak tersebut bisa dijamin kualitasnya.


baca juga:
1. “Belajar Berhitung Menjadi Lebih Menyenangkan Dengan Lagu Anak”

2. “Misi Pendidikan dan #SaveLaguAnak Dalam Album Lagu Anak Tematik TK dan PAUD”

3. 9 Tehnik Seni Rupa Favorit Anak-anak PAUD (Guru PAUD Wajib Baca)


Itulah sedikit gambaran mengenai lagu-lagu anak yang telah banyak saya ciptakan selama ini. Tiga unsur itulah yang selalu saya pikirkan sebelum menciptakan sebuah lagu anak. Semoga lagu-lagu saya pun bisa mendidik, menginspirasi, dan memotivasi tidak saja buah hati dan anak didik anda, namun juga kita semua. Mengapa kita? Karena saya pun membutuhkan lagu-lagu anak yang telah saya ciptakan untuk saya nyanyikan sendiri, saya hafalkan, dan saya ajarkan kepada anak-anak didik saya, dan hidup saya pun serasa lebih berarti dan bersemangat.

Puluhan koleksi lagu anak karya saya telah dirilis dalam bentuk aplikasi album lagu anak. Dengan bekerjasama dengan Kak Andi Taru, CEO Educa Studio, sudah 3 album lagu anak yang telah dirilis dan bisa diunduh secara GRATIS. Berikut ini adalah album lagu anak tersebut.

Silakan download dengan klik “LAGU ANAK TK DAN PAUD – LENGKAP” atau klik gambar di bawah ini:banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
Album Kak Zepe lainnya bisa di download dengan klik gambar di bawah ini:
KOLAK – Album Kumpulan Lagu Anak Kak Zepe Vol 1

banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol1
KOLAK – Album Kumpulan Lagu Anak Kak Zepe Vol 2

banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2sumber gambar: analisadaily.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...