anak ceriqa lagu anak kak zepe

Lagu Anak Untuk Permainan Interaktif Di PAUD Karya Kak Zepe (Plus Tutorial Pemanfaatannya)

Jumat, 20 Oktober 2017, 20:10 WIB | dibaca 750 kali | dibagikan kali

Bermain sambil belajar, belajar dengan bermain. Itulah prinsip pembelajaran yang perlu kita pahami, baik sebagai pendidik mau pun sebagai orang tua. Akan lebih menyenangkan lagi, bila saat anak-anak bermain, mereka juga sembari melakukan suatu aktivitas yang pasti digemari oleh anak-anak, yaitu bernyanyi. Berikut ini adalah lagu-lagu anak yang bisa dipakai sebagai media belajar dengan bermain dan bernyanyi.

1.  Jumlah Buah (Lagu Untuk belajar Penjumlahan)
Selain sebagai lagu untuk belajar penjumlahan, lagu ini juga bisa dipakai sebagai media permainan anak. Di dalam kelompok atau individu, anak-anak bisa saling bertanya dan menjawab, misalnya seperti ini:
A: Dua buah apel ku petik di kulkan, tiga buah apel ku petik di kebun.
B (menjawab): Kini aku punya, kini aku punya, “lima” buah apel kusimpan di kulkas.

2.  Buaya (Lagu untuk belajar nama-nama binatang, tempat hidup, dan makanannya)
     Lagu bertema alam dan pengenalan binatang ini, bisa dipakai sebagai media permainan anak. Dengan memvariasi liriknya, dua kelompok anak bisa saling bertanya demikian.
A: Buaya… Buaya… Apa makananmu?
B: Daging….Daging… Itulah jawabku.

3. Buat Lingkaran (Lagu Permaianan dan Coffee Break)
       Lagu ini biasa dinyanyikan sebelum mengajar topik / tema pengenalan angka. Lagu ini dinyanyikan dengan gerakan berjalan, lalu anak-anak diminta membuat lingkaran saat guru menyanyikan,”Buatlah lingkaran dengan lima teman.” Kata lima  di dalam lirik bisa diubah menjadi angka yang lain.

4.  A I U E O – Lagu Mengajar Anak Membaca Dengan Cepat dan Mudah dan Santai  
Lagu ini bisa dipakai sebagai media menyenangkan saat mengajar anak membaca. lagu ini juga bisa dibuat sebagai media permainan dengan memvariasi liriknya:
A    :   A I U E O ditambah P (huruf P, bisa diganti dengan huruf konsonan yang lain)
B    :   jadi PA PI PU PE PO

5. Papa Saya  Lapar – Lagu Belajar Membaca Anak-Anak (Lagu kocak yang mendidik) 
          Lagu media belajar baca ini, bisa dipakai sebagai media permainan anak. Variasinya hampir sama dengan lagu “A I U E O”, hanya saja yang diganti adalah huruf vokalnya.
A: Papa saya lapar… Papa saya lapar…. 
B: Dan “A”, diganti “U”
A: Pupu Suyu lupur.

6. Tepuk Cermat  – Lagu  Anak Aktivitas  dan tepuk tangan, Tema Pengenalan nama buah dan sayur.  
             Lagu ini bisa dipakai sebagai media belajar anak berbagai tema. Anak akan diajak untuk mengenal dua macam benda (misalnya buah dan sayur, hewan dan bunga, dll). Tergantung kita mau memodifikasi menjadi nama apa yang akan kita pakai.

Lagu-lagu anak di atas ada di dalam aplikasi lagu anak di bawah ini. Anda bisa mendownloadnya secara GRATIS. Yuk ajak anak bermain, belajar, dan bernyanyi dengan album lagu anak di bawah ini:

Beberapa lagu di atas bisa didapatkan dalam album lagu anak karya Kak Zepe di bawah ini. Anda bisa mendapatkannya secara GRATIS. Untuk mendownloadnya silakan klik gambarnya:
Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – Karya Kak Zepebanner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paudKolak Kak Zepe Vol 2banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2Kolak Kak Zepe Vol 1banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol1
Sumber gamabr: http://teachtolearn-cbpancasila-le51.blogspot.co.id/2016/05/tk-santa-aurelia-pertemuan-3-nama-ketua.html

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...