Jangan Paksa Anak Bisa Membaca, Tapi Cinta Membaca itu Harus… Ini Tipsnya – 1

Rabu, 24 Agustus 2016 21:13 WIB | dibaca : 2022 | dibagikan :

Anak-anak adalah pribadi yang masih perlu banyak belajar. Dalam hal belajar, tentu saja semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Bila orang dewasa melakukan kesalahan, tentu saja perlu dievaluasi atau dikritik supaya tidak melakukan kesalahan yang sama. Berbeda dengan anak-anak, mereka adalah pribadi yang masih sangat sensitif. Mereka akan sangat merasa “down” bila mendapatkan kritikan, namun mereka akan sangat “melayang” saat mereka diberikan pujian.

Melalui artikel ini, Kak Zepe akan mengajak anda untuk memahami cara agar anak gemar membaca. Sebelum kita mengajari anak cara membaca, akan lebih baik bagi kita untuk membuat mereka menjadi pribadi yang gemar membaca. Sehingga nantinya mereka akan lebih mudah menerima pelajaran membaca tanpa ada beban, atau merasa dipaksa. Berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu anak menjadi pribadi yang “gemar membaca”.

  • Memajang hasil karya anak

Bagi anak-anak yang belum memiliki kemampuan membaca, pengertian membaca adalah melihat gambar-gambar yang ada di buku. Ada kalanya anak-anak suka menggambar ulang gambar-gambar yang ada di buku. Bila anak suka melakukannya, anda bisa memajang hasil karya mereka di kamar maupun tempat-tempat yang mudah dilihat. Beberapa hasil karya anak yang bisa dipajang, bisa didapatkan di portal ini. 

  • Menyediakan ruangan khusus untuk membaca

Siapkan sebuah ruangan khusus yang berisi koleksi buku, khususnya buku-buku untuk anak-anak. Dekorasi ruangan semenarik mungkin, sehingga anak akan merasa senang berada di sana. Di waktu senggang, anak bisa memanfaatkannya dengan membaca buku di ruangan tersebut.

  • Mengajarkan cara menyayangi buku

Aktivitas membaca sangat identik dengan buku. Agar anak gemar membaca, ajarkan kepada anak tentang cara merawat buku. Misalnya dengan cara menyampulinya, membersihkannya bila terkena debu, dan menyimpannya dengan rapi setelah membaca. Selain itu, orang tua juga perlu menjadi teladan yang baik dalam hal merawat buku. Rawatlah buku koleksi anda dengan baik, agar bisa mengajarkan kepada anak cara merawat buku.

  • Ajak ke toko dan pameran buku
Baca Juga:   Anda Masih Menilai Prestasi Anak Dengan Sistem “Ranking”? Anda Salah!

Ajak anak ke toko-toko buku di kota anda. Dan bila ada acara pameran buku, ajak anak untuk mengunjungi pameran tersebut. Dengan semakin sering melihat-lihat dan mengenal berbagai judul dan bentuk buku yang menarik, maka hal ini akan memupuk rasa cinta anak kepada buku. Biarkan anak-anak memilih buku yang mereka suka.

  • Belajar dengan media teknologi modren

Anak-anak zaman sekarang menggemari game. Tidak ada salahnya bila kita menggunakan media hiburan canggih ini untuk menarik mereka supaya lebih semangat belajar. Sebuah aplikasi menarik untuk belajar membaca bagi anak usia dini telah dirilis guna membantu anak dalam belajar membaca, aplikasi ini berjudul: MARBEL BELAJAR MEMBACA dan MARBEL BELAJAR HURUF ALFABET. Berikut ini link downloadya (GRATIS LHOOOOO…. )
> Download MARBEL BELAJAR MEMBACAbanner-marbel-membaca-v3
> Download MARBEL BELAJAR HURUF ALFABETbanner-marbel-huruf-v3

Artikel selengkapnya, silakan klik “Lakukan Ini Agar Anak Gemar Membaca Bagian-2”

sumber gambar: lemina.org

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...