Lakukan Ini Agar Anak Gemar Membaca – Bagian 2

Kamis, 25 Agustus 2016 05:32 WIB | dibaca : 474 | dibagikan :

Anak-anak adalah pribadi yang masih perlu banyak belajar. Dalam hal belajar, tentu saja semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Bila orang dewasa melakukan kesalahan, tentu saja perlu dievaluasi atau dikritik supaya tidak melakukan kesalahan yang sama. Berbeda dengan anak-anak, mereka adalah pribadi yang masih sangat sensitif. Mereka akan sangat merasa “down” bila mendapatkan kritikan, namun mereka akan sangat “melayang” saat mereka diberikan pujian.

Melalui artikel ini, Kak Zepe akan mengajak anda untuk memahami cara agar anak gemar membaca. Sebelum kita mengajari anak cara membaca, akan lebih baik bagi kita untuk membuat mereka menjadi pribadi yang gemar membaca. Sehingga nantinya mereka akan lebih mudah menerima pelajaran membaca tanpa ada beban, atau merasa dipaksa. Berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu anak menjadi pribadi yang “gemar membaca”.


Baca juga: Belajar Berhitung Dengan Lagu Itu Menyenangkan! Ini Buktinya!


  • Jelaskan manfaat buku

Jelaskan kepada anak tentang manfaat buku. Ceritakan pula kepada anak bahwa tanpa buku, manusia tidak akan menjadi anak yang pintar, sedangkan dengan membaca buku manusia akan menjadi orang yang pintar dan kaya ilmu.

  • Membacakan isi buku

Bila anak belum terlalu piawai dalam hal membaca buku, anda bisa membacakan anak berbagai macam buku. Misalnya menceritakan buku dongeng, buku ensiklopedia, dan buku-buku lain yang sekiranya bermanfaat untuk menambah pengetahuan anak dan membangun moral anak. Selain membacakan isi buku, kita bisa mendiskusikan tentang isi buku yang dibaca.

  • Memberikan kado berisi buku

Di acara-acara spesial, berikan buku sebagai kado yang spesial. Misalnya, pada saat acara ulang tahun, acara hari besar agama, dan acara lainnya. Usahakan membelikan buku sesuai dengan tema acara tersebut.

  • Membawa buku ke mana-mana
Baca Juga:   Ajari Anak Cara Bergaul Sejak Dini, Ini Tipsnya

Untuk mengisi waktu luang, baik di rumah mau pun di luar rumah, sediakan buku sebagai sarana mengisi waktu luang tersebut. Saat anak menunggu jemputan, anak-anak pasti akan senang bila menunggunya sambil membaca buku. Atau saat dalam perjalanan berangkat atau pulang sekolah, kita bisa memberikan buku kepada anak agar mereka bisa membaca buku di waktu luang.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda punya cara kreatif yang bisa anda bagikan agar anak makin gemar membaca buku? Silakan coba aplikasi permainan membaca yang telah digunakan oleh ratusan ribu anak Indonesia. Silakan download GRATIS aplikasi “MARBEL BELAJAR MEMBACA”.banner-marbel-membaca-v3
Artikel selengkapnya, silakan klik Lakukan Ini Agar Anak Gemar Membaca – Bagian 1

Sumber gambar: lemina.org

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...