Pentingkah Mengajarkan Literasi Digital Untuk Anak-Anak?

Rabu, 16 Januari 2019 11:55 WIB | dibaca : 280 | dibagikan :

Literasi Digital? Apakah itu sejenis smartphone model baru? atau jenis sosial media baru? Bukan! Literasi Digital merupakan kemampuan seseorang untuk memahami dan menggunakan informasi yang di dapat terutama dari media digital. Jika mengingat saat ini untuk mendapatkan suatu informasi sangatlah mudah. Cukup menggunakan smartphone dan koneksi internet semua orang dapat dengan mudah mengakses dan mengetahui informasi yang dicari. Kemudahan itulah yang menyebabkan beberapa pihak untuk menyebarkan berita-berita tidak benar atau berita hoax. Berita yang sumbernya masih meragukan patut kita waspadai.

Banyak dari kita yang berangggapan semua berita atau informasi yang kita dapat di internet atau di media digital adalah baik. Untuk itu kita perlu membentengi diri dan leboh memilah informasi yang kita serap. Literasi digital tidak hanya menghindarkan kita dari berita bohong atau berita hoax namun juga dapat mencegah kita terhindar dari cyber crime yang sekarang banyak terjadi.

Stop hoax pada anak
Stop hoax pada anak

Era internet ini memunculkan sejumlah persoalan khusus yang berdampak terutama pada anak-anak karena pola pikir mereka yang masih banyak ingin tahu. Dihawatirkan bahwa anak sekarang mungkin bisa tahu lebih banyak tentang teknologi daripada orang tuanya. Ditambah lagi internet sering memberi informasi user-generated content, yakni informasi yang didapat tanpa melalui edit dan saringan. Saat isu-isu berita bohong dan hoax semakin marak, anak-anak perlu dididik untuk semakin waspada dalam menerima dan menggunakan informasi yang mereka dapatkan. Literasi digital tidak hanya diperlukan oleh kita orang dewasa, namun anak-anak juga perlu sekali untuk mempelajari literasi digital.

Membentengi diri berita hoax sejak dini lebih baik karena informasi dan pola pikir yang mereka masih bisa dibiasakan lebih maksimal daripada kita. Selain untuk membentengi diri dari berita hoax, mengajarkan literasi digital pada anak sejak dini juga berfungsi untuk mencegah mereka untuk menyebarkan berita hoax, karena kemampuan mereka dalam menerima dan mengelola informasi yang didapat dapat diterapkan dengan baik. Untuk itu, peran orang tua sangat di butuhkan untuk mengajarkan kepada anak betapa pentingnya Literasi digital dan sebagai parental kontrol dan filter bagi anak-anaknya.

Maka dari itu untuk menanggulangi masalah penyalahgunaan informasi dan pemahaman informasi anak yang lebih baik, kita sebagai orang tua wajib untuk mengontrol, menjaga dan mengawasi semua informasi yang anak-anak kita terima. Dengan mengecek secara berkala informasi yang mereka akses.

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Tagged: