Macam Karakter Positif Anak dan Cara Menumbuhkannya – Bagian 2

Selasa, 20 September 2016 22:07 WIB | dibaca : 374 | dibagikan :

Pada artikel berjudul “Macam Karakter Positif Anak dan Cara Menumbuhkannya bagian 1, telah dijelaskan 5  macam karakter positif anak dan cara menumbuhkannya, yaitu dengan menumbuhkan motivasi kepada anak agar memiliki cita-cita yang luhur, memiliki sifat mandiri, berjiwa penolong, selalu terbuka dalam bersahabat, dan rajin menabung. Kali ini saya akan memberikan 5 macam karakter positif dan cara menumbuhkannya yang lain. Karakter positif yang perlu ditumbuhkan menurut Kak Zepe adalah:

  • Berwawasan luas (Kaya ilmu)

Berikan motivasi kepada anak bahwa bila kita kaya ilmu, kita akan semakin memiliki banyak teman. Dengan memiliki banyak ilmu, orang yang membutuhkan diri kita pun semakin banyak. Ilmu bisa kita dapatkan di mana saja, terutama dari semua pelajaran di sekolah. Berikan saran kepada anak-anak didik untuk tidak memilih-memilih mata pelajaran tertentu saja, namun mereka harus bisa cinta pada semua mata pelajaran. Karena semua mata pelajaran akan berguna bagi masa depan mereka.

  • Sikap jujur

Tanpa ada kejujuran dalam berbicara dan bersikap seseorang tidak akan mendapatkan kepercayaan. Kepercayaan ini sangat penting dalam suatu hubungan pertemanan. Bila anak-anak usia dini paham akan nilai-nilai ini tentu akan sangat berguna bagi kehidupan sosial anak.  Sikap ini bisa kita tumbuhkan dengan cara membacakan dongeng tentang manfaat sikap jujur dan akibat gemar berkata dusta. Sebagai pendidik, kita tentu juga perlu menjaga sikap ini dengan selalu berkata jujur kepada anak-anak. Misalnya kita salah mengenakan seragam tidak sesuai dengan aturan atau jadwal yang ditetapkan atau terlambat datang ke sekolah, kita tidak perlu berbohong dengan tidak mengatakan penyebab sebenarnya kita datang terlambat. (Baca juga: Cara Mengatasi Anak Yang Gemar Berbohong )

  • Terbuka dalam menerima masukan

Saat ada anak yang menerima masukan, ada juga pihak yang memberi masukan. Kita perlu mengajarkan kepada anak-anak didik tentang cara memberi masukan yang baik. Misalnya diawali dengan kata “maaf”. Semua masukan bila diawali dengan kata “maaf” akan terdengar lebih halus dan sopan. Siswa juga perlu kita ajari akan pentingnya sifat terbuka dalam menerima masukan dari orang lain. Ajarkan kepada anak bahwa setiap manusia punya kelemahan dan kekurangan. Agar menjadi manusia yang lebih baik kita perlu saling mengingatkan dan menasihati agar kita tahu letak kelemahan atau kekurangan kita, sehingga cepat melakukan perbaikan.

  • Setiap anak adalah spesial

Ajarkan kepada anak bahwa setiap manusia adalah istimewa. Semua orang punya kelebihan dan talenta masing-masing. Setiap guru tentu akan memahami kelebihan dan talenta setiap anak. Ada kalanya kita memberitahu anak tentang kelebihan setiap anak, sehingga mereka semua memahami kelebihan masing-masing. Dengan semakin memahami kelebihan diri mereka, anak-anak akan semakin percaya diri, terutama dalam menampilkan kelebihan mereka. Guru juga perlu mendukungnya dengan memberikan “wadah” atau sarana bagi anak-anak dalam mengembangkan diri mereka. Misalnya dengan mengikutkan mereka dalam suatu lomba atau Kursus yang sesuai dengan kelebihan mereka.

  • Selalu berpikiran positif

Setelah anak-anak memahami kelebihan mereka, anak-anak perlu kita ajarkan tentang pentingnya berpikiran positif. Biasanya anak-anak sulit untuk berpikiran positif saat mereka mengalami kegagalan. Hal inilah yang perlu tanamkan dalam diri anak. Saat mereka gagal melakukan sesuatu kita perlu memberikan mereka semangat dengan berbagai cara, misalnya dengan mengajarkan mereka kata “aku akan selalu berani mencoba” atau “aku akan selalu belajar agar menjadi bisa melakukan… “. Dalam setiap kegiatan, kita perlu memberikan “reward” kepada anak. “Reward” yang baik dibagi menjadi 2 macam, yaitu yang diberikan saat anak mau atau berani melakukan sesuatu, dan yang diberikan saat anak berhasil melakukan sesuatu. Sehingga akan tertanam dalam hati anak-anak, bahwa keberanian dalam melakukan sesuatu adalah suatu hal yang penting dalam belajar.

Sebagai pendidik, kita harus cerdik dalam mengajarkan pendidikan karakter kepada anak-anak didik. Karena pendidikan karakter tidak diajarkan secara khusus dalam sebuah materi pelajaran. Namun inilah kesempatan bagi para pendidik, untuk bisa mengajarkan pendidikan karakter dalam setiap mata pelajaran. Tidak hanya di setiap mata pelajaran, pendidikan karakter bisa diajarkan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, misalnya 10 menit sebelum pelajaran dimulai, kita bisa mengajarkan pendidikan karakter dengan cara mendongengkan anak didik tentang cerita yang mengandung moral dan karakter.

Karakter positif anak bisa ditumbuhkan dengan media dongeng dan lagu anak lho…  Silakan download gratis lagu dan dongeng anak karya Educa Studio di bawah ini:

– Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – LENGKAP
banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud
–  Cerita Anak, Mila Si Pelupabanner-riri-mila-si-pelupa– Cerita Anak, Monyet dan Ayambanner-riri-monyet-dan-ayam– Cerita Anak, Persahabatan Angsabanner-riri-persahabatan-angsa


Artikel se-lengkapnya, silakan klik Macam Karakter Positif Anak dan Cara Menumbuhkannya – Bagian 1

sumber gambar: kidsandcompany.org

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...