Mading Foto Anak Berjudul “Rumah Bintangku”

Sabtu, 7 Oktober 2017 11:10 WIB | dibaca : 5764 | dibagikan :

Setiap awal tahun ajaran, semua sekolah akan sibuk mempersiapkan materi pembelajaran PAUD dengan tema “diriku” atau “diri sendiri”. Dalam pembelajaran tema ini, anak-anak akan diajak untuk semakin mengenal diri sendiri. Mengenal diri sendiri tidak berarti hanya belajar tentang anggota badan, membedakan wanita dan laki-laki, panca indra, dan lainnya. Tema diri sendiri juga belajar tentang orang-orang di sekitarnya. Kreasi ini membantu anak-anak didik untuk semakin mengenal teman-teman mereka satu sekolah. Anak-anak yang berada di dalam satu kelas akan semakin mudah menghafal nama teman lainnya dalam satu kelas.


Baca juga:
1. Aneka Hasta Karya Tema Diriku / Diri Sendiri

2. Aneka Hasta Karya Tema Alam Semesta

3. Lagu Anak Tema “Diriku” dan “Alam” Ada Dalam Album Ini


Kak Yulika, telah membuat sebuah kreasi yang sangat unik. Kreasi tema diri sendiri ini memiliki judul “Rumah Bintangku”. Kreasi ini menggambarkan pemandangan angkasa yang berhiaskan bintang-bintang, pelangi, awan, dan benda langit lainnya. Di dalam kreasi ini terdapat banyak rumah-rumah yang beterbangan. Rumah-rumah ini seakan-akan sedang melayang melintasi indahnya angkasa di malam hari. Lebih terlihat indah lagi, bila di dalam kreasi ini terpampang foto wajah anak-anak.

Berikut ini adalah alat dan bahan pembuatan kreasi berjudul “Rumah Bintangku” ini:
1. Kertas manila berwarna hitam
2. Kertas origami
3. Pastel atau pensil warna
4. Kertas HVS
5. Gunting
6. Lem

Berikut ini adalah cara membuat kreasi ini:

1. Membuat latar belakang gelapnya malam
Latar belakang gelapnya malam dibuat dengan kertas manila berwarna hitam. Di atas kertas manila ini nantinya akan ditempelkan aneka bentuk benda langit.

2. Membuat bentuk bintang dan bulan
Bentuk bintang dan bulan dibuat dengan bahan kertas origami. Kertas origami yang digunakan adalah kertas origami dengan warna pada salah satu sisi saja. Gambarlah bentuk benda angkasa dengan kertas origami, lalu gunting sesuai dengan bentuk yang digambar.

3. Stik es krim
Untuk membuat sebuah rumah, dibutuhkan 6 buah stik es krim. Pertama buat bentuk kotak dengan 4 buah stik es krim, lalu buat atap dengan 2 buah stik es krim.

4. Membuat awan dan pelangi
Awan dan pelangi dibuat dengan kertas HVS. Untuk membuat bentuk pelangi, kita perlu menggambar sebuah pelangi terlebih dahulu dan mewarnainya. Setelah diwarnai, kita bisa mengguntingnya. Lalu untuk bentuk awan kita tidak perlu mewarnainya, karena awan berwarna putih.


rumah-bi


Setelah aneka bentuk benda langit dan rumah kita buat, kita bisa menempelkannya pada kertas manila berwarna hitam. Kita juga bisa menghiasinya dengan pernik-pernik yang lain. Bentuk awan juga bisa kita buat dengan bahan kapas. Lalu kita juga bisa menghiasinya dengan gliter agar terlihat ada kerlip-kerlip yang indah.

Selain sebagai pembelajaran bertema diri sendiri, kreasi ini juga bisa digunakan sebagai media alat peraga dengan tema “Benda Angkasa”. Karena di dalam kreasi ini terdapat aneka benda angkasa.

Agar anak-anak semakin mengenal aneka benda angkasa yang terdapat di alam semesta ini, kita bisa mengajak anak memainkan game yang telah diproduksi oleh Educa Studio berikut ini, MARBEL TATA SURYA

banner-marbel-magic-space

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...