Maket Kehidupan Laut Yang Lucu, Unik, Edukatif

Kamis, 12 Oktober 2017 07:52 WIB | dibaca : 8460 | dibagikan :

Pengenalan kehidupan di laut adalah salah satu pembelajaran PAUD dengan tema Alam, sub-tema kehidupan di laut. Ada banyak mahluk hidup yang tinggal di laut, misalnya cumi-cumi, kuda laut, ubur-ubur, bintang laut, aneka ikan, dan lainnya. Untuk mengajarkan Untuk mengajarkan kehidupan di dasar lautan, kita bisa mengajarkannya dengan sebuah aplikasi “Marbel Mewarnai”. Di dalam aplikasi ini terdapat aneka gambar hewan laut yang perlu dikenal oleh anak-anak usia dini. Kita juga bisa mengajak anak-anak untuk mewarnai secara online dengan aplikasi ini. Gambar, audio, dan konten-konten di dalam aplikasi ini sangat edukatif, menarik, dan ramah anak. Download aplikasi ini dengan klik gambar di bawah ini. GRATIS lho….


banner-marbel-mewarnai-hewan-laut

Seorang pendidik PAUD asal Padeglang, Bunda Bunda Vino dan Bilal (panggil saja Bunda Vino) memiliki cara kreatif untuk mengajarkan aneka penghuni laut yang ada di bumi kita. Beliau mengajak anak-anak didiknya membuat sebuah kreasi maket dengan tema “Penghuni Laut”.  Bagaimana cara membuat kreasi ini?


Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kreasi ini antara lain:
1. Kardus susu bekas
2. Gambar-gambar aneka hewan (bisa ditemukan di Google)
gurita
kuda laut
– hiu
bintang laut

lumba-lumba
3. Tali jahit
4. Plastik lembaran
5. Benang wool
6. Lem
7. Gunting
8. Gambar panorama di dalam laut. Bisa ditemukan di Google.
– contoh gambar panorama laut 1
– contoh gambar panorama laut 2
– contoh gambar panorama laut 3
– contoh gambar panorama laut 4
– contoh gambar panorama laut 5


Tutorial membuat kreasi ini adalah sebagai berikut:
1. Membuat bingkai
Cara membuat bingkainya adalah dengan memotong salah satu sisi pembungkus susu dengan gunting. Akan tampak lubang pada kotak yang nantinya akan ditutupi dengan plastik sebagai layar.

2. Latar belakang maket
Latar belakang maket bisa dibuat dengan meminta anak mewarnai sebuah gambar panorama laut. Setelah selesai, kita bantu anak-anak menempelkan gambar yang telah selesai diwarnai pada bagian dalam belakang kotak susu.

Baca Juga:   KAMUS MARBEL, APLIKASI GRATIS YANG MEMBANTU ANAK MEMAHAMI MAKNA KATA DAN MEMBANGUN KARAKTER

3. Menggantungkan penghuni laut.
Aneka penghuni laut bisa kita gantungkan dengan cara menempelkan tali pada bagian atas gambar. Setelah itu, bagian tali lainnya kita tempelkan di atas kotak susu melalui lubang depan yang telah kita buat (sebelum ditempel dengan cover plastik.

4. Variasi dekorasi maket
Agar tampak lebih indah, kita bisa menghiasi kotak susu dengan stik es krim, kertas origami, gliter, pasir warna, dan lainnya.


3


1


Di portal ini kita pernah belajar aneka kreasi yang bisa dipakai sebagai media pembelajaran penghuni lautan. Kreasi ini adalah:

1. Mengenal Kehidupan Laut Dengan Karya Berbentuk Lingkaran

2. Kreasi Aquarium Bahan Limbah, Media Pengenalan Hewan Laut

Oh iya, Educa Studio telah merilis sebuah game menarik yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran aneka penghuni laut, khususnya ikan. Game ini berjudul “MARBEL MEMANCING” . Untuk mendownload aplikasi “MARBEL MEMANCING” silakan klik gambar di bawah ini:


banner-marbel-fishing-adventure
Beberapa permainan yang ada di dalam aplikasi ini adalah:

6 PERMAINAN EDUKATIF
– Mencari Umpan Sebelum Memancing
– Memancing di Danau
– Memancing di Laut
– Berburu Ikan (petualangan seru)
Match-3 (game seperti candy dan saga gitu)
– Aquarium (kamu bisa punya virtual pet sendiri)

Dengan permainan ini, anak-anak tidak hanya akan mengenal aneka jenis ikan di laut, namun juga di danau. Anak-anak juga bisa berlatih memelihara ikan dengan baik dengan game berjudul “Aquarium”.

Pastikan buah hati Anda belajar dengan cara yang menyenangkan. Sehingga di dalam hati mereka tidak akan ada beban. Bila Anda memperhatikan hal ini maka sang buah hati akan menjadi anak yang berguna di masa depan. Semangat belajar!

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...