Manfaat anak cora-coret

Manfaat Anak Corat-Coret Untuk Melatih Motorik

Selasa, 17 Maret 2020 08:00 WIB | dibaca : 48 | dibagikan :

Pasti moms yang memiliki anak usia dini kerap merasa sedikit kesal dengan tingkah anak yang sedang gemar mencoret-coret. Padahal moms sudah merasa memberikan fasilitas yang tepat berupa buku gambar dan juga crayon maupun pensil warna untuk anak. Tapi kerap saja anak lebih suka memilih untuk coret-coret di tembok rumah. Tidak sedikit orang tua yang menanggapi tingkah anak ini adalah sebagai tingkah kenakalan pada anak. Namun manfaat anak corat-coret ternyata banyak, salah satunya untuk perkembangan motoriknya.

Padahal anak yang sedang dalam fase suka coret-coret itu adalah bagian dari masa pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Jadi mulai sekarang hilangkan rasa kesal moms ya, jika anak sedang dalam fase ini. Karena dengan moms membiarkan anak untuk coret-coret (tapi tetap awasi anak ya moms) anak akan mendapatkan manfaat yang berguna bagi masa tumbuh kembangnya.

Manfaat Untuk Anak Corat-Coret yang perlu Diketahui

 1. Kreativitas Anak Akan Semakin Berkembang

Salah satu manfaat anak corat-coret adalah proses dari pengembangan kreativitas yang dimiliki oleh anak terutama pengembangan kemampuan motorik. Perkembangan motorik pada anak nantinya akan berpengaruh pada kemampuan anak dalam menggambar dan juga menulis.

 2. Anak Akan Menjadi Lebih Ekspresif

Setiap anak tidak selalu bisa mengekspresikan dirinya melalui kata-kata. Dengan anak mencoret-coret adalah salah satu cara untuk anak berkomunikasi. Jadi disini orang tua harusnya lebih bisa memahami anaknya dengan memberi kebebasan anak dalam hal mencoret-coret. Karena dalam kebebasan yang diberikan kepada anak, akan membantunya untuk lebih berekspresi dan meningkatkan kemampuan emosional serta inteligensi pada anak. Moms hanya perlu memberikan fasilitas yang dibutuhkan anak dan tetap awasi anak, ya moms.

Manfaat anak cora-coret
Photo by Freepik.com

 3. Mengembangkan Kemampuan Motorik Pada Anak

Saat sedang mencoret-coret anak juga sedang mengendalikan gerakan tubuhnya. Yaitu mulai dari tungkai lengan, gerakan bahu dan juga jari-jarinya  yang digunakan untuk menggenggam alat tulisnya. Gerakan yang dilakukannya itu termasuk dalam pertumbuhan keterampilan motorik yang halus bagi anak yang gemar coret-coret.

Baca Juga:   Anak Yang Aktif dan Suka Usil, Bagaimana Mendidiknya?

 4. Meningkatkan Fokus Pada Anak

Anak cenderung akan lebih fokus dalam melakukan suatu kegiatan, termasuk juga dengan mencoret-coret. Kemampuan fokus yang dimiliki anak sejak usia dini dapat membangun kemampuan anak dalam berinovasi yang menampilkan ide-ide terhadap gambar atau coretan yang dibuatnya. Dengan anak yang terbiasa untuk fokus juga akan sangat bermanfaat ketika anak sudah memasuki bangku sekolah.

 5. Anak Akan Memiliki Kemampuan Dalam Mengambil Keputusan

Anak yang sedang gemar coret-coret akan memiliki kemampuan dalam secara langsung untuk mengambil keputusan. Dengan cara anak akan selalu mengambil keputusan dari mulai memilih warna, menggambar bentuk, dan juga alur cerita yang dibuatnya.

 6. Pengenalan Awal Anak Untuk Belajar Menulis

Dalam anak yang gemar coret-coret terdapat tahapan awal dalam anak untuk mengenal cara belajar menulis. Mulai dari gambar titik, garis, lengkungan dan lain sebagainya yang digambarnya. Jadi dengan kegiatan ini moms bisa memanfaatknya untuk menyiapkan anak untuk belajar menulis.

 7. Menambah Kosakata Anak

Anak dalam tahap yang gemar coret-coret, secara tidak langsung akan menambah kosakata untuk anak. Dimasa ini moms bisa ajarkan anak untuk mengenal berbagai ragam kata-kata, mulai dari warna, bentuk, tindakan dan minta anak untuk menjelaskan apa yang sedang digambarnya. Agar moms tahu sampai mana perkembangan kosakata anak dan juga imajinasinya.

 

Sumber referensi :


Marbel Mewarnai Hewan Udara
Marbel Mewarnai Hewan Udara
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.