manfaat buah

Manfaat Buah Sayur Bagi Tubuh Selama Puasa

Sabtu, 2 Mei 2020 14:00 WIB | dibaca : 17 | dibagikan :

Agar puasa lebih lancar dan tubuh tetap sehat bugar, dibutuhkan pola makan yang sehat. Salah satunya dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur selama puasa. Konsumsi buah dan sayur selama puasa memiliki ragam manfaat demi menunjang kesehatan tubuh selama sedang berpuasa. Karena kandungan serat dan juga vitamin yang terkandung sangatlah baik bagi tubuh. Lalu apa saja manfaatnya ? Berikut adalah ragam manfaat konsumsi buah dan sayur selama puasa.

Ragam Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Selama Puasa

Saat berpuasa, mengkonsumsi buah dan sayur sangat disarankan, karena akan memberikan manfaat yang dapat menunjang berbagai aktivitas selama berpuasa. Adapun ragam manfaatnya, yaitu :

1. Dapat Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh Secara Alami

Buah dan sayur dapat membantu menjaga sistem imun dan kebugaran tubuh. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur, maka kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, dan serat akan terpenuhi. Badan pun akan terasa sehat bugar pada siang hari. Anda dapat konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, lemon, pepaya, lobak, wortel da lainnya.

Belum lagi, pandemi covid-19 yang masih melanda, sehingga konsumsi buah dan sayur sangatlah di anjurkan demi menjaga sistem imun pada tubuh agar tidak mudah terserang penyakit maupun virus.

2. Membuat Kenyang Lebih Lama

Buah dan Sayur sendiri memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu tubuh menahan lapar hingga 24 jam. Sehingga membuat kenyang lebih lama saat berpuasa. Hal ini karena sifat fruktosa ( gula alami pada buah ) yang dimiliki buah sehingga tidak meningkatkan glukosa lebih cepat. Ditambah, indeks glikemiknya cukup rendah sehingga membuat gula darah tetap stabil. Untuk pemilihan buah anda bisa konsumsi pisang agar membantu kenyang lebih lama selama puasa.

3. Membantu Menyehatkan Pencernaan

Manfaat makan buah bagi kesehatan adalah  dapat membantu kerja pencernaan, sehingga usus dan segala organ cerna akan menjadi lebih sehat. Jangan biarkan diri kita mengalami sembelit selama mengikuti puasa di bulan Ramadan ini.Serat yang terdapat pada buah dan sayur merupakan zat alami yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan. Anda dapat menemukan kandungan serat itu pada buah apel, tomat, pepaya, dan kiwi.

manfaat buah
Food photo created by freepik – www.freepik.com

4. Dapat Mengontrol Gula Darah

Menjaga konsumsi buah dan sayur selama berpuasa mampu membantu mengontrol gula darah. Sehingga terhindar dari hipoglikemi, terutama pada penderita diabetes melitus. Untuk itu anda dapat memilih sayuran berwarna hijau seperti bayam dan brokoli , kacang polong, lemon dan beri-berian agar gula darah anda tetap terjaga.

Baca Juga:   Pentingnya Peran Ayah Pada Pertumbuhan Anak

5. Mencegah Alami Dehidrasi Saat Berpuasa

Konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air, dapat membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Berpuasa dapat membuat tubuh dehidrasi. Maka dengan mengkonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, karena buah dan sayur memiliki banyak kandungan air. Untuk pilihan buah dan sayur anda dapat mengkonsumsi semangka, jeruk, belewah, stroberi, timun, tomat, dan kelapa muda.

6. Dapat Menjaga dan Menurunkan Berat Badan

Konsumsi buah dan sayur saat puasa juga dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika anda tidak ingin konsumsi nasi atau makanan yang mengandung tepung dengan berlebihan. Anda bisa menggantinya dengan buah maupun sayur yang mengandung karbrohidat sebagai pengganti nasi. Anda dapat memilih Alpukat, pisang, umbi-umbian, kentang, dan juga kacang polong.

7. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Ternyata buah dan sayur bukan hanya berguna mendukung pertumbuhan tubuh dan kesehatan terutama untuk anak-anak. Tapi juga berperan penting dalam meningkatkan kemampuan daya ingatnya yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.

Konsumsi buah dan sayur selama puasa bahkan setiap harinya, mampu meningkatkan daya ingat anak. Buah yang berwarna ungu seperti blueberry mengandung senyawa pelindung yang disebut anthocyanin, dan berperan efektif dalam memperbaiki kehilangan memori jangka pendek.

8. Memenuhi Kebutuhan Gizi Selama Puasa

Buah dan sayur mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Baik itu vitamin, serat, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Anda tidak dapat menjamin kebutuhan nutrisinya terpenuhi dari konsumsi sehari-hari. Buah dan sayur perlu ditambahkan sebagai menu selama berpuasa agar menjadi pelengkap gizi untuk tubuh kita.

Saat kebutuhan gizi terpenuhi,maka tubuh akan lebih rentan terkena penyakit. Gizi baik pada tubuhnya juga akan membantu menjaga metabolisme tubuh agar menjadi lebih baik.


Sumber referensi :

Marbel Belajar Buah
Marbel Belajar Buah
Developer: Educa Studio
Price: Free

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.