“Manfaat Edukatif Aneka Lomba Hari Peringatan Kemerdekaan RI – Bagian 2

Rabu, 10 Agustus 2016 10:32 WIB | dibaca : 1615 | dibagikan :

Pada artikel berjudul “Manfaat Edukatif Aneka Lomba Hari Peringatan Kemerdekaan RI – Bagian 1” telah dibahas tentang deskripsi dan manfaat edukatif dari lomba-lomba yang sering dilakukan dalam memeriahkan hari kemerdekaan RI, misalnya lomba makan kerupuk, lomba balap karung, lomba memindahkan belut, lomba memindahkan kelereng, dan lomba memasukkan pensil ke dalam botol. Kali ini, Kak Zepe akan membahas deskripsi dan manfaat 5 lomba yang lain, yaitu:

  • Lomba Tarik Tambang

Lomba ini termasuk lomba berkelompok. Dua kelompok tarik menarik untuk bisa saling mengalahkan. Kelompok peserta yang menjadi pemenang adalah kelompok yang mampu menarik kelompok yang lain memasuki garis batas yang telah ditentukan panitia. Lomba ini melatih kekuatan otot tangan dan kaki. Selain itu, lomba ini bisa melatih kekompakan dan kerjasama antar peserta.

  • Lomba Balap Bakiak

Alat yang digunakan dalam lomba ini adalah sebuah bakiak. Sebuah bakiak bisa dipakai oleh 3 peserta. Peserta lomba secara berkelompok bersaing dengan kelompok lainnya bersaing untuk bisa mejadi yang tercepat. Lomba ini juga melatih kerja sama dan kekompakan antar peserta. Agar kelompok peserta bisa berjalan dengan cepat, biasanya akan dipilih seorang peserta yang menjadi pemimpin. Pemimpin inilah yang akan memberikan aba-aba dan menjadi yang terdepan dalam melangkah. Jiwa kepemimpinan dan kepatuhan pada pemimpin juga akan terlatih saat mengikuti lomba ini.

  • Lomba Sepak bola Sarung

Lomba sepak bola ini sebenarnya hampir sama dengan lomba sepak bola pada umumnya. Hanya saja, para peserta wajib mengenakan sarung saat memainkan lomba ini.  Para peserta berlatih sportivitas dan kerja sama. Ada banyak aturan yang perlu dipatuhi oleh peserta agar lomba ini bisa berjalan dengan lancar dan aman.  Kerjasama yang baik akan memungkinkan peserta untuk bisa cepat memasukkan bola ke gawang lawang.

  • Lomba Memasukkan Bendera Ke Dalam Botol
Baca Juga:   Manfaat Edukatif Aneka Lomba Hari Peringatan Kemerdekaan RI – Bagian 1

Lomba ini sebenarnya hampir sama dengan lomba lari. Hanya saja, dalam lomba ini peserta memindahkan bendera dari satu botol ke botol yang lain. Lomba ini melatih kemampuan berlari dan koordinasi tubuh, khususnya tangan dan kaki. Jiwa kompetisi anak juga akan terlatih bila mengikuti lomba ini.


Ayo bermain lomba lompat karung secara online. Download gratis gamenya dengan klik gambar di bawah ini:
banner-lomba-lompat-karung


Demikianlah aneka lomba yang cocok dimainkan oleh anak-anak. Semoga lomba-lomba di atas juga bisa dipraktekkan oleh anak-anak di lingkungan tempat anda tinggal atau atau pun di sekolah-sekolah. Semoga dengan mengikuti lomba-lomba di atas, anak-anak Indonesia semakin menjadi pribadi yang berkarakter, kreatif,  dan sportif.

Temukan aneka game yang bisa dipakai untuk mengajarkan budaya Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta tanah air anak. Silakan Download GRATIS aplikasi “MARBEL BELAJAR BUDAYA NUSANTARA”.


marbel-budaya-nusantara

Lanjutkan membaca dengan klik Manfaat Edukatif Aneka Lomba Hari Peringatan Kemerdekaan RI – Bagian 1

Sumber gambar: batumedia com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...