kunjungi pemadam kebakaran TK PAUD

Manfaat Edukatif Kunjungan Ke Kantor Pemadam Kebakaran

Minggu, 12 November 2017, 07:36 WIB | dibaca 396 kali | dibagikan kali

Kunjungan ke Kantor Dinas Pemadam Kebakaran adalah salah satu aktivitas yang digemari anak-anak. Saat anak-anak berada di kantor pemadam kebakaran, anak-anak akan belajar dengan cara mengalami.  Apa saja manfaat mengajak anak-anak didik pergi ke kantor pemadam kebakaran?

  1. Mengenal profesi secara mendalam

Saat anak-anak berada di dalam kelas, anak-anak biasanya belajar tentang macam-macam profesi dan apa saja tugas setiap profesi. Namun saat kita mengajak anak berkunjung ke kantor pemadam kebakaran, anak-anak akan belajar mengenal profesi pemadam kebakaran secara mendalam dan melihat seperti apa pemadam kebakaran secara langsung dan nyata, tidak hanya melalui gambar.

  1. Memanfaatkan lebih banyak panca indera saat belajar

Anak-anak akan semakin memiliki tingkat pemahaman yang baik bila mereka semakin banyak menggunakan panca indera saat belajar. Saat mengunjungi kantor pemadam kebakaran, anak-anak akan belajar dengan memanfaatkan panca indera mereka. Mereka melihat, membau, meraba, dan mendengar segala sesuatu tentang pemadam kebakaran.

  1. Melihat obyek nyata

Saat mengunjungi pemadam  kebakaran, anak-anak tidak hanya belajar dari penjelasan guru atau dengan memanfaatkan media-media yang bisa dilihat anak, misalnya media gambar atau film. Saat mengunjungi kantor pemadam kebakaran, anak-anak akan melihat secara nyata siapa itu pemadam kebakaran, alat apa saja yang digunakan, bagaimana bentuk kendaraannya, dan aneka benda atau obyek lainnya secara nyata.

  1. Belajar dengan cara mengalami

Saat mengunjungi kantor pemadam kebakaran, anak-anak biasanya akan diajak untuk belajar cara memadamkan api. Anak-anak akan secara langsung diajari cara-cara memadamkan api dengan cara sederhana, misalnya cara menyiramkan air ke api dengan selang, cara memadamkan api dengan kain basah, dan lainnya. Pembelajaran seperti ini tentu sangat penting dipahami oleh anak, mengingat bahaya bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

  1. Anak-anak belajar menghargai semua profesi

Banyak anak-anak bercita-cita sebagai dokter, pilot, astronot, dan profesi keren lainnya. Namun jarang diantara anak-anak yang memiliki cita-cita sebagai pemadam kebakaran. Dengan mengajak anak berkunjung ke kantor dinas pemadam kebakaran, anak-anak menjadi semakin paham akan keberadaan profesi pemadam kebakaran bagi masyarakat serta apa saja jasa mereka.

  1. Memahami cara menyelamatkan diri

Musibah bisa terjadi kapan saja. Korban dari segala musibah tidak hanya orang dewasa saja, namun musibah bisa menimpa siapa saja, mulai dari anak-anak hingga para manula. Tidak ada salahnya bagi anak usia dini memahami cara menyelamatkan diri. Di kantor pemadam kebakaran, anak-anak akan belajar tentang cara menyelamatkan diri dari bahaya api atau kebakaran. Ada banyak cara penyelamatan diri yang perlu diajarkan kepada anak-anak, misalnya dengan mengajari anak berenang, mengajari anak menjauhi colokan listrik, mengajari anak cara memanfaatkan pisau, dan lainnya.

  1. Melatih anak ketenangan (Mengatasi kecemasan)

Saat bahaya datang, biasanya reaksi perasaan anak adalah ketakutan atau kecemasan. Saat anak-anak belajar tentang cara memadamkan api, satu karakter yang pasti diajarkan kepada anak-anak adalah ketenangan dalam mengatasi bahaya. Bagaimana pun ketakutan dan kecemasan bukanlah reaksi yang baik saat bahaya datang. Dengan belajar cara mengatasi musibah  dengan ketenangan, anak-anak pun telah belajar pentingnya ketenangan saat suatu permasalahan datang.

  1. Meningkatkan kecerdasan sosial anak

Saat berada di kantor dinas pemadam kebakaran, anak-anak akan mengenal beberapa orang baru, misalnya petugas satpam, petugas pemadam kebakaran, atau mungkin juga tukang kebun. Mereka akan mengenal beberapa orang baru dan orang-orang di luar lingkungan sekolah. Hal ini membantu mengembangkan kecerdasan sosial anak, karena bisa membuat anak-anak semakin terbiasa dan cerdas dalam bercengkrama dengan orang baru.


Baca juga:
Membangun Kecerdasan Sosial Anak Dari Lingkungan Keluarga

Peran Kecerdasan Sosial dan Spiritual Dalam Membangun Karakter Anak


Kegiatan ini juga memiliki tujuan  memotivasi siswa-siswi agar lebih giat belajar, disamping sebagai sarana penyuluhan tentang penanggulangan bahaya kebakaran bagi  guru dan orang tua siswa. Ini juga termasuk  kurikulum yang bertemakan profesi, dimana anak-anak mengerti dan mengenal tentang profesi yang mereka kunjungi, mereka sangat antusias dan bersemangat  dari yang tadi tidak mengenal apa itu pemadam akhirnya menjadi lebih mengerti dan paham sekaligus mempraktekkan cara penggunaannya.

Agar anak-anak memahami apa saja aktivitas yang dilakukan tim pemadam kebakaran, mereka bisa belajar melalui media game. Educa Studio telah merilis sebuah game yang menarik, karena dikemas dengan animasi dan kualitas audio yang sangat keren. Kak Andi Taru, sebagai founder Educa Studio berharap, semoga game ini akan berguna bagi anak-anak usia dini agar semakin mengenal apa saja aktivitas yang dilakukan oleh pemadam kebakaran. Dengan semakin mengenal aktivitas dan jasa yang dikerjakan oleh seorang pemadam kebakaran, anak-anak diajak untuk semakin menghargai apa pun profesi setiap orang. Silakan download GRATIS game ini dengan klik gambar di bawah ini:
banner-marbel-firetruck-v2
sumber gambar: tamanbermainkita.blogspot.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...