Manfaat Konsumsi Kurma Selama Ramadhan

Jumat, 1 Mei 2020 06:00 WIB | dibaca : 41 | dibagikan :

Di Indonesia, kurma bisanya identik dengan dimulainya  Ramadhan. Banyak toko-toko buah bahkan pasar swalayan, yang menyediakan buah asal pesisir Arab yaitu kurma. Selain itu, segudang manfaat konsumsi kurma selama Ramadhan dapat membantu kesehatan tubuh kita. Lalu, apa sajakah manfaat tersebut ? Berikut adalah manfaat konsumsi kurma selama Ramadhan.

Manfaat Konsumsi Kurma di Bulan Ramadhan Bagi Kesehatan

Kurma adalah jenis nutrisi yang baik, terutama bagi orang yang makanan sehari-harinya mengandung kurma seperti penduduk Madinah. Kurma memiliki beberapa jenis salah satunya adalah Kurma Ajwah, yang bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasulullah Saw terhadap kurma Madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri. Sebagaimana yang terdapat pada hadist,

Diriwayatkan hadits dari Shahabat Saad bin Abi Waqqash, dari Rasulullah Saw, bahwa beliau pernah bersabda :

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

Artinya : “Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” [ Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim ]

Adapun manfaat lainnya dari Kurma, yaitu :

 1. Kurma Kaya Akan Nutrisi

Kurma memiliki riwayat nutrisi yang sangat baik. Sebab, buah ini dikeringkan, sehingga kandungan kalori kurma lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah-buahan kering lainnya, seperti kismis dan buah ara. Kendati mengandung kalori yang tinggi serat, kurma ternyata juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting.

2. Kurma Tinggi Antioksidan

Kurma mengandung serat dan antioksidan sehingga dapat melindungi sel-sel dari radikal bebas. Flavonoid yang terkandung dalam buah kurma ini dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi risiko diabetes dan penyakit alzheimer. Dan karotenoid dapat meningkatkan kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata. Asam fenolik dalam buah kurma dapat menurunkan risiko kanker. Karotenoid dalam kurma juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.

Baca Juga:   Pola Hidup Sehat Bersama Keluarga
Manfaat konsumsi kurma
Gambar oleh Darko Djurin dari Pixabay

3. Kurma Kaya Serat dan Dapat Menjaga Pencernaan

Kurma mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Satu kurma diketahui mengandung tujuh gram serat. Kandungan serat dalam kurma sangat bermanfaat untuk menjaga pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit, serta melancarkan buang air besar (BAB).

4. Kurma Dapat Mencegah Resiko Alzheimer

Sebuah studi menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin (IL-6) di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

5. Kurma Sebagai Sumber Energi Cadangan Saat Berpuasa

Mengkonsumsi kurma dapat menjadi solusi sebagai cadangan energi bagi tubuh. Karena jika rutin mengkonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa. Kandungan glukosa yang ada pada buah kurma dapat memberi kalori yang cukup sebagai sumber bahan bakar energi tambahan bagi tubuh. Energi ini akan sangat berguna untuk tubuh menjalani aktivitas seharian.

6. Konsumsi Kurma Dapat Membantu Persalinan Untuk Wanita

Mengkonsumsi kurma pada masa kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks ( pelebaran servik guna pembukaan jalan kelahiran ) dan membantu persalinan pada wanita. Kurma mengandung tanin, senyawa yang terbukti membantu memfasilitasi wanita saat mulai kontraksi dan membantu persalinan.

7. Kurma Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi kurma juga dapat dapat meningkatkan kesehatan tulang. Karena kurma mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium dan semua kandungan ini sangat diperlukan untuk tulang agar tetap sehat dan mencegah kondisi seperti osteoporosis.

8. Kurma Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan D pada kurma, akan bekerja pada elastisitas kulit dan menjaga kulit tetap halus. Jika anda mengalami masalah pada kulit,  anda dapat masukkan kurma ke dalam menu diet dan gunakan dalam jangka panjang. Minuman yang dibuat dengan campuran kurma bermanfaat sebagai anti penuaan dan mencegah penumpukan melanin di tubuh.


Sumber referensi :

Marbel Fun Vegetable and Fruits
Marbel Fun Vegetable and Fruits
Developer: Educa Studio
Price: To be announced

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.