Manfaat membaca bagi anak

Manfaat Membaca Bagi Anak Secara Rutin

Kamis, 12 Maret 2020 08:00 WIB | dibaca : 69 | dibagikan :

Membaca buku bukan sekedar memperluas pengetahuan dan menghubungkan dengan dunia yang begitu luas. Membaca juga memiliki segudang manfaat bagi anak. Bukan hanya pengetahuan saja yang didapatkan, tetapi juga bagi kesehatan tubuh.

Akan tetapi, di Indonesia sendiri minat dalam membaca masih sangat minim. Padahal dengan rutin membaca buku disetiap harinya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Yuk, simak beberapa manfaat bagi kesehatan dari rutin membaca.

Ragam Manfaat Membaca bagi Anak

 1. Bertambahnya IQ

Dengan rutin  membaca maka fungsi konotif pada otak akan semakin tinggi. Sehingga meningkatkan kecerdasan dan menguatkan ingatan. Karena semua yang dibaca akan menempel di kepala dengan informasi yang baru. Semakin banyak informasi yang didapatkan maka semakin cerdas juga dan dapat mengatasi segala permasalahan dengan mudah.

 2. Meningkatkan Kosakata

Semakin banyak membaca, maka semakin banyak pula kosakata yang didapatkan. Dengan meningkatnya kosakata akan sangat membantu seseorang untuk lebih percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain.

Dengan membacakan buku kepada anak usia dini, maka akan membantunya untuk menstimulasi daya ingatnya dalam menambah kosakata yang dapat di terapkan anak di kehidupan mendatang.

 3. Meningkatkan Konsentrasi

Dengan rutin membaca maka seseorang akan tertuju pada cerita yang terdapat pada buku yang dibacanya. Pada dasarnya setiap orang dalam rentang waktu 5 menit, rata-rata akan membagi waktunya untuk mengerjakan tugasnya, berbicara kepada orang yang ada di dekatnya, memeriksa email, dan bahkan berinteraksi melalui sosial media.

Maka, cobalah untuk meluangkan waktu dalam sehari minimal 15 sampai 20 menit untuk membaca buku. Maka anda akan merasakan lebih fokus saat bekerja maupun dalam mengerjakan apapun.

 4. Mengurangi Adanya Stress

Membaca ternyata memiliki efek yang menyenangkan. Efek menyenangkan ini juga sama dengan yoga disetiap pagi sebelum beraktifitas. Jadi dengan seseorang rutin membaca maka dipastikan seseorang itu akan rentan mengalami stress.

 5. Meningkatkan Rasa Empati

Dengan rutin membaca, maka dapat mempengaruhi diri dalam segi bersosialisasi. Disisi lain seseorang yang gemar membaca buku lebih mengetahui dan memahami berbagai macam karakteristik, budaya, maupun kehidupan sosial dalam masyarakat.

Baca Juga:   Aplikasi ZOOM Cloud Meetings, Memudahkan WFH
Manfaat membaca bagi anak
Book photo created by freepik – www.freepik.com

 6. Meningkatkan Stimulasi Mental

Dengan rutin membaca disetiap harinya, memungkinkan untuk mencegah terjadinya resiko terkena penyakit demensia dan alzheimer. Karena dengan membaca otak akan tetap terjaga dan tetap aktif, sehingga seseorang tidak akan mudah kehilangan ingatannya.

 7.Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis

Dengan membaca dapat melatih seseorang untuk memahami sebuah rangkaian peristiwa, runtutan dan juga jalan cerita. Sehingga otak akan lebih mampu untuk menyimpulkan segala informasi yang didapatkannya.

 8. Meningkatkan Keterampilan Dalam Menulis

karena dengan rutin membaca, maka seseorang akan memperluas pengetahuannya. Sehingga akan membantu untuk belajar teknis dalam menulis yang sering dipakai oleh para penulis yang lebih berpengalaman. Dan dengan membaca juga menambah kosakata sehingga memperkaya kalimat yang akan digunakan dalam menyajikan sebuah tulisan.

 9. Merasa Lebih Tenang

Selain relaksasi yang didapatkan dari membaca buku yang bagus. Kemungkinan subjek yang dibaca dapat menghasilkan kedamaian dan ketenangan batin yang luar biasa bagi pembaca.

 10. Membangun Kepercayaan Diri

Dengan membaca akan membuat seseorang semakin bijaksana dan cerdas. Sehingga meningkatkan kemampuan keterampilan dalam berkomunikasi.

 11. Memperpanjang Umur

Berdasarkan penelitian dari Yele University’s of Public Health, mereka yang meluangkan waktu untuk membaca buku dapat memperpanjang kehidupan lebih lama. Dan diperkirakan dalam penelitian tersebut bahwa dengan membaca buku selama 3.5 jam per minggu dapat memperpanjang umur setidaknya selamanya 23 bulan.

 12. Meningkatkan Pola Tidur Yang Sehat

Dengan membiasakan membaca sebelum tidur maka termasuk melakukan alarm dalam tubuh untuk mengantarkan isyarat bahwa sudah tiba waktunya untuk tidur dan tubuh akan menjadi lebih fresh ketika bangun.

Nah, dengan rutin membaca buku juga mendapatkan manfaatnya, bukan moms. Yuk mulai membiasakan diri untuk membaca buku. Bukan hanya untuk para orang tua saja loh manfaat dari membaca hal ini juga berlaku untuk meningkatkan tumbuh kembang anak agar lebih maksimal.

 

Sumber referensi :


Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.