drma TK

Manfaat Menceritakan Dongeng Nusantara Pada Anak PAUD

Sabtu, 25 November 2017, 08:47 WIB | dibaca 126 kali | dibagikan kali

Indonesia terdiri atas beraneka macam suku atau daerah.Hal ini menyebabkan Indonesia kaya akan kesenian dan kebudayaan. Karena setiap daerah memiliki keunikan tersendiri, misalnya dalam hal makanan, pakaian, rumah adat, senjata, dan lainnya. Agar aneka kebudayaan yang ada di Indonesia tidak lekas punah, sebagai pendidik dan orang tua kita perlu berusaha memperkenalkan aneka hasil budaya tersebut kepada anak-anak. Salah satu hasil budaya yang banyak dimiliki oleh aneka budaya yang ada di Indonesia adalah dongeng nusantara atau yang juga dikenal dengan cerita rakyat.

Meskipun teknologi berkembang cepat, kegiatan mendongeng masih perlu diberikan kepada anak-anak. Bila dongeng nusantara tidak pernah diperdengarkan kepada anak-anak, maka bukanlah hal yang tidak mungkin bila dongeng-dongeng nusantara tersebut akan punah, mengingat saat ini makin banyak cerita-cerita untuk anak yang dikemas dengan menarik melalui film-film kartun dan animasi. Mengapa kita perlu menceritakan dongeng nusantara kepada anak-anak usia dini?

1.    Memiliki nilai hiburan

Bagi anak-anak, hiburan adalah kebutuhan yang penting. Tanpa mendapatkan hiburan yang cukup, anak-anak akan lebih mudah stres atau mudah dalam keadaan tertekan. Dongeng nusantara bisa menjadi pilihan yang baik untuk memberikan hiburan kepada anak-anak usia dini, mengingat banyak cerita nusantara memiliki nilai  hiburan yang tinggi.

2.    Sarana belajar tentang sejarah bangsa

Beberapa dongeng nusantara adalah suatu kisah nyata atau benar-benar terjadi. Dan lokasi terjadinya adalah di sekitar wilayah nusantara. Beberapa dongeng nusantara mungkin hanyalah sebuah cerita fiksi. Namun sebagian besar dongeng nusantara mengambil seting tempat-tempat yang ada di wilayah Indonesia. Anak-anak akan menjadi semakin mengenal aneka tempat bersejarah dan cerita-cerita yang berhubungan dengan tempat-tempat bersejarah itu.

3.    Sarana belajar tentang pendidikan karakter

Beberapa dongeng nusantara banyak mengajarkan nilai-nilai moral. Hal ini sangat baik bagi perkembangan karakter anak. Biasanya nilai-nilai moral yang terkandung di dalam suatu dongeng diungkapkan pada bagian penutup. Terkadang guru tidak banyak menjelaskan tentang nilai moral yang terdapat di dalam suatu dongeng nusantara. Guru biasanya malah bertanya pesan moral atau pesan kebaikan apa yang terdapat di dalam dongeng yang baru saja guru ceritakan. Dengan memberikan dongeng yang memiliki nilai moral, seorang guru bisa mendidik anak tanpa harus menggurui. Anak-anak akan lebih memahami hubungan sebab akibat dari suatu perbuatan melalui media dongeng. Anak-anak akan semakin paham bila segala perbuatan baik akan membuahkan hal yang baik pula, dan segala perbuatan yang tidak baik akan membuahkan sesuatu yang tidak baik pula.

4.    Meningkatkan kecintaan anak pada tanah airnya

Beberapa dongeng nusantara menceritakan tentang jiwa kepahlawanan dalam diri seseorang. Misalnya adalah suatu dongeng nusantara tentang “Si Pitung”, yang dengan semangat kepahlawanannnya berjuang membela negara dari ancaman penjajah. Anak-anak tidak hanya akan memiliki idola super hero yang berasal dari luar negeri, namun anak-anak juga memiliki kesempatan akan pentingnya mengenal semangat juang seorang tokoh pahlawan asal Indonesia yang berjuang membela negara dengan mempertaruhkan nyawa demi melawan penjajahan.

Baca juga: Tingkatkan Kecintaan Anak Pada Tanah Air Dengan Kreasi Ini

5.    Belajar mengenal dan menerima budaya bangsa yang berbeda

Aneka suku dan budaya di Indonesia memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Melalui sebuah cerita, anak-anak akan belajar mengenal aneka budaya yang unik dan berada di Indonesia. Dengan semakin banyak mengenal budaya yang ada di Indonesia, maka anak-anak akan semakin mudah menerima perbedaan, terutama perbedaan suku dan budaya yang ada di Indonesia. Sehingga saat anak menjumpai teman yang memiliki budaya berbeda, mereka akan lebih mudah menerimanya.

Indonesia adalah negara yang kaya. Dengan memiliki aneka budaya dan suku maka Indonesia juga memiliki warisan kebudayaan dongeng yang sangat banyak. Sejak zaman nenek moyang, media dongeng sudah banyak diminati, selain untuk kepentingan hiburan juga bisa dipakai sebagai media mengajarkan pendidikan karakter atau  moral. Educa Studio telah banyak merilis aneka dongeng anak yang bisa dipakai sebagai media hiburan bagi anak dan media menyenangkan untuk “menasihati” anak. Dengan dongeng, anak tidak hanya akan merasa senang, namun juga akan semakin tumbuh menjadi anak yang berhati mulia. Berikut ini adalah beberapa dongeng anak nusantara yang sangat menarik untuk dipakai sebagai media pembelajaran karakter anak.

banner-riri-danau-toba
banner-riri-legenda-keong-mas
banner-riri-roro-jonggrang
sumber gambar: jawapos.com

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...