manfaat menggambar

Manfaat Menggambar Untuk Perkembangan Anak

Senin, 4 Mei 2020 18:00 WIB | dibaca : 60 | dibagikan :

Menggambar bukan hanya salah satu kegiatan yang paling disukai oleh anak-anak. Menggambar untuk anak memiliki beragam manfaatnya, dan juga berperan penting dalam masa tumbuh kembang anak di masa mendatang. Manfaat menggambar untuk perkembangan anak sangatlah banyak, salah satunya adalah mengasah kemampuan seni serta meningkatkan sisi kreativitasnya.

Manfaat Menggambar Pada Perkembangan Anak

Apa sajakah manfaatnya? Berikut adalah beberapa manfaat menggambar untuk perkembangan anak.

 1. Melatih Kecerdasan Motorik Pada Anak

Menggambar adalah kegiatan yang membutuhkan koordinasi antara mata dengan tangan. Selain itu, anak juga dituntut untuk menggunakan alat tulis dengan cara tepat untuk membuat goresan yang dapat menghasilkan gambar. Hal ini akan menjadi dasar untuk membantu anak dalam melatih kecerdasan motoriknya. Motorik halus pada usia awal atau usia anak-anak contohnya yang bisa dikembangkan yaitu menggambar, memegang, atau menggenggam sesuatu.

 2. Membangun Konsentrasi dan Fokus Pada Anak

Jika anak sangat suka menggambar saat di rumah, jangan dilarang ya moms. Karena aktivitas corat-coret dapat bermanfaat untuk melatih konsentrasi anak, lho moms. Anak juga akan fokus pada rincian kecil pada setiap gambar saat anak sedang mewarnai, anak akan berimajinasi dalam gambarnya, dan anak juga bisa fokus menyelesaikan sesuatu dengan gambarnya.

3. Meningkatkan Memori Pada Anak

Manfaat menggambar untuk anak lainnya yaitu dapat menghindarkan anak dari penyakit Alzheimer, bahkan sejak dini. Meskipun penyakit tersebut berhubungan dengan memori pada otak saat usia lanjut bahkan bisa saat usia belum terlalu tua, tetapi dengan menggambar otak dituntut untuk berpikir saat berimajinasi dan mempertajam ingatan secara terus menerus. Dengan demikian maka kelak akan meminimalisir resiko terkenanya Alzheimer.

4. Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Saat anak berkesempatan untuk menggambar dari imajinasi, pikiran, dan pengalamannya. Maka akan membantu anak untuk terus menggali sesuatu yang baru. Secara tidak langsung kepercayaan diri anak dapat terbangun dengan apa kemampuan yang ia miliki.  Dengan orangtua juga memberikan pujian atas apa yang anak gambar juga membantu untuk anak lebih percaya diri atas hasil karyanya.

Baca Juga:   Melatih Anak Mandiri Dan Penuh Percaya Diri
manfaat menggambar
People photo created by prostooleh – www.freepik.com

5. Meningkatkan Kekompakan Fungsi Mata Dan Tangan

Selain meningkatnya motorik halus pada anak. Dengan menggambar anak juga akan terlatih kekompakan antara fungsi mata dan juga tangnannya. Karena dalam menggambar dibutuhkan kekompakan atas kedua fungsi indra tersebut. Ketika anak dapat mengkompakan fungsi mata dan tangan, maka juga akan membantu anak saat mulai sekolah dan anak akan mudah juga untuk belajar menulis.

6. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Pada Anak

Menggambar juga dapat menjadi sebuah media bagi anak untuk menyampaikan pesan, emosi atau bahkan hal-hal yang tidak bisa disampaikan secara verbal. Aktivitas menggambar dapat membantu seseorang yang mungkin memiliki hambatan dalam berkomunikasi seperti memiliki rasa malu atau kurangnya rasa percaya diri.

7. Dapat Mengatasi Gangguan Mental dan Trauma Pada Anak

Anak-anak yang memiliki gangguan kesehatan mental misalnya perilaku yang kerap cemas atau memiliki rasa takut berlebihan yang sering disalurkan dengan cara menggigit, membenturkan kepala, cepat marah atau lainnya. Orangtua dapat menerapkan terapi seni kepada anak dengan sering mengajak anak untuk menggambar.

Selain itu, seperti yang telah di kutip oleh www.halodoc.com peneliti dan psikolog dari Institute for Psychology University of Lepizig, Jerman, Prof. Dr. Evelin Witruk melakukan terapi seni terhadap anak-anak korban tsunami aceh dengan menggunakan terapi seni menggambar untuk memulihkan kondisi psikisnya pasca bencana.

8. Melatih Anak Dalam Memecahkan Masalah Dengan Kreatif

Menggambar untuk anak tidak hanya bermanfaat untuk melatih kreativitas atau imajinasinya saja. Menggambar juga dapat sebagai cara anak berlatih menyelesaikan masalah secara kreatif. Contohnya, saat anak menggambar, ia harus menentukan cara terbaik untuk menghubungkan bagian-bagian atau titik tertentu, menggambarkan emosi,  dan menggambarkan tekstur gambar tertentu, serta memilih warna untuk mewarnai gambarnnya.


Sumber referensi :

Marbel Kids Coloring Books
Marbel Kids Coloring Books
Developer: Educa Studio
Price: Free+

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.