Manfaat puasa

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 29 April 2020 12:00 WIB | dibaca : 19 | dibagikan :

Manfaat puasa tidak hanya sekedar untuk menahan lapar, namun juga tentang belajar ikhlas, sabar, menghindari perbuatan dosa, dan lainnya. Ternyata, manfaat puasa bagi kesehatan tubuh memang benar adanya. Puasa Ramadan pada dasarnya adalah menahan lapar dan hawa nafsu dari sebelum terbit hingga tenggelamnya matahari. Apa sajakah manfaatnya? Berikut adalah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Puasa Ramadhan tak hanya memberikan keberkahan, tapi juga mendatangkan manfaat yang sangat besar. Termasuk bagi kesehatan tubuh, yaitu meliputi :

 1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Ketika berpuasa tingkat limfosit dalam tubuh meningkat hingga 10 kali lipat. Limfosi adalah salah satu jenis sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih ini dapat membantu tubuh untuk melawan bakteri, virus, dan racun lain yang membuat Anda mudah sakit. Sehingga hal ini membuat kekebalan tubuh menjadi meningkat, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

2. Menyehatkan Jantung

Ketika sedang berpuasa tubuh akan meningkatkan high density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik dan menurunkan low density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat yang terbukti bermanfaat untuk kesehatan jantung. Peneliti juga menemukan bahwa puasa intermiten meningkatkan kinerja otot jantung, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, dan meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah di dalam jantung.

Manfaat puasa
Gambar oleh Martin Büdenbender dari Pixabay

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat puasa dapat menurunkan kadar gula darah lebih dari 30%, ini merupakan hasil yang signifikan bagi siapa pun yang menderita hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi. Hiperglikemiasuatu adalah kondisi tingginya rasio gula dalam plasma darah. Yang biasanya mengacu pada rasio plasma gula darah yang lebih tinggi daripada 10 mmol/l atau 180 mg/dl.

Penurunan gula darah biasanya membuat orang merasakan energi yang berkurang, namun kadar gula darah dalam tubuh harus tetap stabil saat menjalankan puasa. Jika kadarnya semakin melebihi maka kemungkinan dapat mengakibatkan kerusakan organ tubuh. Dan penyakit yang dapat menyebabkan gejala hiperglikemia adalah Diabetes Mellitus baik Tipe 1 atau Tipe 2.

Baca Juga:   Ternyata Ini yang Membuat BATIK Menjadi Semakin Cantik dan Indah

4. Mengeluarkan Racun Yang Ada Pada Tubuh

Saat sedang puasa, maka  dapat mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh, seperti zat-zat adiktif dalam makanan. Seperti pengawet dan pewarna yang terdapat pada makanan. Selain itu, puasa juga dapat mengurangi massa lemak tubuh berlebih yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Hal itu dikarenakan lemak yang berlebih dapat menyebabkan peradangan organ tubuh. Peradangan itulah yang dapat memicu munculnya penyakit pembuluh darah dan masalah kesehatan lainnya.

5. Meningkatkan Regenerasi Sel Pada Tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan dapat membuat tubuh mendaur ulang sel, suatu proses pencernaan sendiri pada tingkat sel yang disebut autophagy. Tapi tidak hanya mencerna lemak untuk mengisi energi saat puasa. Tubuh juga menargetkan sel-sel yang rusak dan jaringan tua untuk mengoptimalkan energi untuk bertahan hidup.

6. Memperbaiki dan Meningkatkan Fungsi Otak

Hal ini terjadi karena puasa meningkatkan produksi protein yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF ini akan mengaktifkan sel induk otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu produksi senyawa kimia lain yang bisa meningkatkan kesehatan saraf.

Puasa bermanfaat meningkatkan neurotropik yang berfungsi untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Dan berdampak pada meningkatnya fungsi otak. Dengan begini, kemampuan berpikir seseorang tetap terjaga dan meningkatkan kecerdasan.

7. Menurunkan dan Menjaga Berat Badan

Saat berpuasa, tubuh akan membakar lemak berlebih di sekitar organ seperti ginjal maupun hati. Hal ini dapat membantu mencegah fungsi organ terganggu. Selain itu, pembakaran lemak menjadi energi saat puasa juga dapat menurunkan dan juga menjaga  berat badan.

8. Menyehatkan Kulit

Gula darah yang  tinggi dapat mengubah struktur kolagen, melemahkan kekuatan dan ketahanannya. Berpuasa secara substansial dapat menurunkan gula darah pada tubuh, karenanya anda dapat menganggapnya sebagai bagian normal dari rutinitas perawatan kulit untuk mencegah penuaan.


Sumber referensi :

Tagged:

Penulis: Fauzia Eka

Hobby menulis dan membaca. Anggota tim relasi publik di Educa Grup. Penyuka drama korea dan berpengalaman dalam QA product.