melatih-motorik-halus-anak-dengan-kegiatan-mewarnai

Melatih Motorik Halus Anak Dengan Kegiatan Mewarnai

Selasa, 6 Februari 2018, 15:56 WIB | dibaca 907 kali | dibagikan kali

Kegiatan mewarnai adalah kegiatan yang sangat digemari anak-anak. Anak-anak tidak hanya akan mendapatkan hiburan dengan melakukan aktivitas ini. Anak-anak bisa mendapatkan aneka manfaat, salah satunya adalah melatih motorik halus anak.

Agar anak-anak tidak merasa bosan dengan kegiatan ini, anak-anak bisa melakukannya dengan banyak media pewarna, misalnya krayon atau cat air. Bahkan media yang diwarnai pun tidak hanya dengan media kertas, namun bisa juga media patung dan kreasi dua atau tiga dimensi lainnya.

Sebagai guru di zaman sekarang, kita perlu lebih kreatif pula dalam menciptakan aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan ini, misalnya dengan memadukan aktivitas:
– menggambar dan mewarnai
– menempel dan mewarnai
– menggunting, menempel, dan mewarnai
– melipat kertas dan mewarnai


Baca juga: 15 Aktivitas Menyenangkan Untuk Melatih Motorik Halus Anak


Masih banyak aktivitas lain yang menarik dan bisa dipadukan dengan kegiatan ini. Motorik halus anak pun akan semakin terlatih dengan paduan kegiatan menarik lainnya, mengingat kegiatan menggunting, menempel, dan melipat juga bermanfaat untuk melatih motorik halus anak.

Ketrampilan motorik halus sebagai awal ketrampilan menulis

Ketrampilan motorik halus anak adalah salah satu latihan ketrampilan menulis bagi anak-anak usia dini. Dengan melakukan kegiatan mewarnai jemari anak semakin terampil. Anak-anak juga belajar tentang kerapian dan ketelitian. Untuk menghasilkan karya berwarna yang indah, anak-anak harus mewarnai dengan hati-hati dan tidak boleh keluar dari garis batas gambar grafis.

Kegiatan mewarnai dan konsentrasi anak

Kegiatan mewarnai dipercaya mampu melatih konsentrasi anak. Dengan aktivitas ini anak akan berusaha untuk menghasilkan suatu karya yang rapi. Agar menghasilkan karya yang indah mereka harus fokus dan konsentrasi saat mewarnai. Itulah mengapa ketrampilan anak dalam mewarnai akan berbanding lurus dengan konsentrasi anak dan ketrampilan motorik halus anak.

Perlunya pendampingan orang tua

Mengingat akan banyaknya manfaat dari aktivitas ini, orang tua juga perlu memotivasi anak agar tidak bosan dengan aktivitas ini. Pendampingan dari orang tua akan membuat anak lebih bersemangat saat melakukan aktivitas ini. Saat anak melakukan kesalahan dalam mewarnai, orang tua bisa memberikan nasihat. Saat anak menghasilkan karya yang baik atau bisa mewarnai dengan baik, orang tua bisa memberikan pujian yang menyemangati anak.

Tidak perlu memaksa anak

Jangan ada unsur pemaksaan juga bila anak mulai bosan dengan aktivitas ini. Orang tua perlu memberikan contoh bagi anak dengan ikut melakukan aktivitas ini saat berada di rumah. Lakukan aktivitas ini dengan senang hati. Anak-anak yang melihat betapa nikmatnya orang tua saat melakukan aktivitas ini akan memotivasi anak untuk melakukan kegiatan mewarnai dengan senang hati pula.

Educa Studio, sebagai pengembang game edukasi terbesar di Indonesia, telah merilis sebuah aplikasi menarik seputar kegiatan mewarnai. Aplikasi ini berjudul “Marbel Buku Mewarnai Anak-anak”. Dengan permainan ini anak-anak tidak hanya akan berlatih mewarnai dengan rapi. Anak-anak juga bisa belajar aneka benda di sekitar. Silakan download aplikasi ini dengan klik gambar di bawah ini!


banner-marbel-mewarnai-hewan-udara

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...