Memanfaatkan Lagu Anak Sebagai Sarana Belajar Yang Interaktif dan Komunikatif

Sabtu, 7 Oktober 2017 05:40 WIB | dibaca : 1747 | dibagikan :

Saat mengajar di kelas, ada kalanya kita menemui siswa yang aktif dan pasif. Apa yang bisa kita perbuat dengan siswa yang pasif, supaya mereka bisa lebih aktif dan semangat dalam belajar? Salah satu cara agar siswa yang pasif menjadi lebih aktif adalah dengan media lagu. Saya menyebut lagu tersebut sebagai lagu interaktif.


Baca juga:
1.  Ayo Belajar Mengenal Aneka Flora Dengan Lagu Anak

2. “Belajar Berhitung Menjadi Lebih Menyenangkan Dengan Lagu Anak”

3. “Misi Pendidikan dan #SaveLaguAnak Dalam Album Lagu Anak Tematik TK dan PAUD”


Mungkin kita pernah mendengar atau memainkan sebuah lagu yang termasuk lagu yang interaktif. Lagu tersebut biasa disebut dengan judul lagu “Sedang Apa”. Liriknya sebagai berikut:

Sedang apa Sedang apa
Sedang apa sekarang?
Sekarang sedang apa?
Sedang apa sekarang?

(lalu kelompok / anak yang lain akan menjawab)
Sedang makan
Sedang makan
Sedang makan sekarang
Sekarang makan apa?
Makan apa?
Makan apa sekarang?

Lagu di atas sering diajarkan oleh guru saya, saat saya duduk di bangku
TK, dan pada saat saya duduk di bangku SD, lagu tersebut biasa dimainkan dan dinyanyikan pada saat kegiatan pramuka.

Di dalam bahasa Inggris, sudah banyak lagu-lagu interaktif yang diciptakan. Namun di dalam bahasa Indonesia, lagu-lagu tersebut masih sangat jarang. Padahal lagu-lagu yang interaktif seperti sangat penting di dalam dunia pendidikan, khususnya proses belajar mengajar anak. Lagu tersebut bisa memberikan semangat baru bagi siswa yang sedang bosan dan lesu, dan bisa menumbuhkan keberanian bagi siswa yang pasif (pemalu, tidak banyak bicara dan bergerak). Dan dengan lagu tersebut, anak-anak bisa terangsang otaknya untuk terus bekerja, sehingga mereka bisa lebih semangat.

Lagu ciptaan saya yang bisa dikategorikan sebagai lagu anak interaktif adalah lagu “Buaya”. Yang merupakan lagu tentang pengenalan hewan.Lagu tersebut liriknya seperti ini (Agar menjadi lagu yang inteaktif sebelum menyanyikan lagu ini, akan lebih baik kalau kita membaginya menjadi 2 kelompok, atau bisa dengan tanya jawab antara kita dengan siswa yang lain, atau bisa juga meminta siswa untuk melakukan tanya jawab satu sama lain / tidak berkelompok):

Kelompok 1:
Buaya… Buaya apa makananmu?

Kelompok 2:
Daging,,.. daging itulah jawabku

Kelompok 1:
Buaya… Buaya gimana jalanmu?

Kelompok 2:
Merangkak… merangkak itulah jawabku

Kelompok 1:
Buaya.. buaya dimana hidupmu

Kelompok 2:
Di darat di air itulah jawabku…

Di dalam lirik dan lagu di atas, kelompok 1 bisa disebut sebagai kelompok penanya. Dan kelompok 2 bisa disebut kelompok penjawab. Saya juga menyarankan agar kita menggunakan gerakan atau ekspresi wajah saat menyanyikan lagu tersebut. Misalnya saat bernyanyi:

“Buaya… Buaya… Gimana jalanmu”. Siswa bisa kita minta mengekspresikan seekor buaya. Kita bisa memperagakan sepasang mulut buaya dengan gaya jari mencakar, lalu dua tangan ke depan, tangan satu di atas, tangan lain di bawah, sambil kedua tangan kita katup-katupkan (Seperti buaya dengan mulut menganga, lalu mulut terkatup). Bila anda bingung dan tidak mengerti cara memperagakan buaya seperti apa yang sudah saya jelaskan, anda bisa mengarang sendiri.

Lagu “Buaya” liriknya bisa diganti. Yaitu dengan mengganti “nama binatang”, dan “apa yang ditanyakan” dari binatang yang disebut (Variasi ini akan saya ulas secara terpisah). Untuk mendengarkan lagu buaya, anda bisa klik di KOLAK KAK ZEPE VOL 1

lagu-anak-buaya-kak-zepe


Download Lagu Anak Kak Zepe Lainnya dengan klik gambar di bawah ini

banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud


banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2


Ayo bermain game interaktif, ULAR TANGGA INDONESIA
ULAR TANGGA INDONESIA
banner-ular-tangga

sumber gambar: shintadewi.blogspot.com

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Tagged:

Penulis: Kak Zepe

Saya adalah salah satu penulis di portal ini, seorang praktisi pendidikan dan pencipta lagu anak. Salam cinta pendidikan... Salam cinta lagu anak...