Membangun Kebiasaan Baik pada Anak-anak

Rabu, 22 Januari 2020 11:27 WIB | dibaca : 124 | dibagikan :

Membangun kebiasaan baik sangat tepat dilakukan sejak dini. Anak-anak akan memiliki fundamental kuat dan baik, untuk kemudian menjadi bekal yang positif untuknya kelak.

Andi Taru

Membangun kebiasaan yang baik pada anak-anak menjadi tanggung jawab orang tua pada khususnya dan para pendidik pada umumnya. Kebiasaan yang baik dapat diajarkan melalui proses yang sederhana dan bersatu dengan kegiatan sehari-hari.

Pepatah mengatakan BISA KARENA BIASA yang tentu sudah sering kita dengar bukan? Sama halnya, apabila kita membiasakan hal yang baik dan positif kepada anak-anak, maka kebiasaan tersebut akan secara otomatis dijalani oleh mereka ketika dewasa kelak.

Jangan pasrah dengan keadaan apalagi kalau anak kita berada pada masa Golden Age. Dan tentu mereka akan menjadi pribadi yang baik tergantung oleh kita sebagai orang tua yang memiliki tanggung jawab untuk mengajari dan menjadi tauladan mereka.

Penerapan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, berikut adalah tips penerapan yang cukup sederhana dan mudah dilakukan tetapi akan berimpact sangat baik baik kepada anak-anak:

  • Bangun tidur : ajari anak untuk merapikan tempat tidur, sikat gigi (sekaligus mandi) dan berpakaian yang rapi setelah mandi.
  • Makan : ajari dan beri pemahaman kepada anak untuk menghargai makanan dengan cara menghabiskan makanan yang tersedia, merapikan tempat atau wadah makan.
  • Belajar : ajari dan beri pemahaman kepada anak untuk mencoba terlebih dahulu, jika sudah mentok tidak bisa baru bertanya. Mengapa ini penting? Karena kebiasaan untuk selalu bertanya atau meminta bantuan ketika mendapatkan kesulitan bisa menjadi kebiasaan yang kurang baik.
  • Tidur : ajari anak-anak untuk cuci kaki dan gosok gigi sebelum tidur. Ganti baju tidur juga baik diajarkan kepada mereka. Ajari anak untuk mematikan lampu atau mengganti lampu menjadi watt rendah untuk mengajari mereka hemat listrik.

Kebiasaan Masyarakat Jepang

Jepang adalah negara yang masyarakatnya memiliki budaya yang sangat baik dalam hal membangun kedisplinan dan kebiasaan. Banyak filosofi yang dianut dan bisa dicontoh karena memiliki fundamental yang kuat bahkan bisa diterapkan di berbagai bidang.

Sebagai contoh untuk pendidikan dasar, mereka memiliki 4 aspek yang diajarkan dengan baik yaitu:

  • Kebiasaan untuk menghargai diri sendiri
  • Kebiasaan untuk menghargai orang lain
  • Kebiasaan untuk menghargai lingkungan dan keindahan
  • Kebiasaan untuk menghargai kelompok dan komunitas

Untuk lebih lengkapnya tentang budaya masyarakat Jepang akan saya ulas lebih lanjut di artikel lainnya.

Membangun Kebiasaan Membaca

Tentu kita semua sudah mengetahui, kebiasaan membaca ini menjadi masalah di berbagai elemen masyarakat Indonesia. Tetapi, mari bersama kita mencoba untuk meningkatkan kebiasaan membaca pada anak-anak kita. Dimulai dari keluarga kita sendiri.

Kebiasaan membaca tidak akan hadir pada anak-anak secara instan

Andi Taru

Anggaran Belanja Buku. Tetapkan setiap bulan untuk pergi ke toko buku bersama anak-anak dan keluarga. Anggarkan uang secara khusus untuk membeli buku dan anggarkan waktu secara khusus untuk metime dengan membaca bersama.

Berkunjung ke Perpustakaan. Agenda yang bisa dibuat rutin juga adalah mengajak anak untuk berkunjung ke perpustakaan. Suasana yang positif di perpustakaan akan memberikan contoh yang baik untuk anak-anak kita, bahwa membaca itu menarik.

Bersabar dan telaten. Sebagai orang tua, mungkin kita menemui anak-anak yang sulit sekali untuk duduk diam membaca bahkan dalam waktu 30 menit. Bersabarlah dan berikan contoh. Semakin kita membuat mereka tidak kerasan dan membuat mereka harus dengan terpaksa membaca, maka anak-anak akan kehilangan nikmatnya membaca.

Apa selanjutnya?

Berikutnya, banyak sekali kebiasaan-kebiasaan yang bisa kita ajarkan seperti:

  • Manajemen waktu
  • Manajemen keuangan
  • Menghormati orang yang lebih tua
  • Disiplin dan antri
  • Bersosialisasi dengan komunitas
  • Menggunakan tata bahasa yang sopan
  • Dan banyak lagi lainnya

Game Kebiasaan Baik untuk Anak

Beberapa waktu yang lalu, Educa Studio merilis sebuah game mobile yang sangat bagus. Ditujukan untuk mengajarkan anak-anak membangun kebiasaan yang positif dan baik.

Orang tua bisa menggunakan aplikasi ini sebagai media interaktif dan menarik. Tips: tetap dampingi anak-anak selama bermain game ini ya. Bisa diunduh di link di bawah ini gamenya: Game Kebiasaan Baik

Mohon isi rating berikut - itu akan membantu kami memperbaiki

Klik pada bintang untuk memberikan rating

Average rating / 5. Vote count:

Tagged:

Penulis: Andi Taru

Edupreneur, Pegiat Teknologi Pendidikan, Founder dan CEO Educa Studio, Pembicara Publik, Penulis Buku-buku Teknologi, Lebih lengkap bisa mengunjungi websitenya di http://www.anditaru.com